Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tips Penting Untuk Memulai Investasi Properti

Senin, 14 Juni 2021 | Juni 14, 2021 WIB Last Updated 2021-06-14T01:20:32Z

 

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > 10 Bisnis Online Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal

Tips Penting Untuk Memulai Investasi Properti - Seperti diketahui, investasi merupakan bagian dari cara mengelola uang agar tidak terbuang percuma dan menghasilkan keuntungan di masa depan. Salah satu jenis investasi yang paling populer di Indonesia adalah investasi properti.

Rumah merupakan salah satu pilihan terbaik untuk Investasi Properti. Apalagi harga tanah cenderung naik dari waktu ke waktu. Jadi, bangunan di atasnya, dalam hal ini rumah, juga akan memiliki harga yang meroket di masa depan.

Nah, untuk mendapatkan keuntungan berinvestasi rumah, Anda bisa menyewa (atau menyewakan) dan menjualnya. Agar rumah mudah dicari penyewa atau pembeli, faktor lokasi penting untuk diperhatikan saat membeli rumah.

Tips Penting Untuk Memulai Investasi Properti
Sumber: Pixabay

Hal Penting Dalam Investasi Properti

Investasi properti memang menjanjikan banyak keuntungan. Namun, bukan tidak mungkin nilai investasi di dunia properti justru menimbulkan kerugian. Kerugian bisa terjadi jika Anda tidak memperhatikan beberapa masalah yang akan muncul saat mengelola investasi properti.

Sebagai seorang investor, Anda perlu mengetahui masalah yang mungkin muncul, dan kemudian tahu bagaimana menyelesaikannya. Ini untuk menghindari kerugian dan mengubah masalah menjadi keuntungan.

Berikut hal-hal penting yang perlu anda ketahui saat berinvestasi properti.

Berikut ini akan dijelaskan enam cara memilih lokasi rumah untuk investasi. Dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, diharapkan investasi rumah Anda tidak berakhir sia-sia.

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > 10 Bisnis Rumahan Menguntungkan Modal Kecil

Pertimbangkan keuangan anda saat memulai investasi ini

Tujuan utama membeli rumah yang Anda lakukan adalah untuk membuat keuangan Anda lebih baik. Dengan membeli rumah dan menjualnya kembali, Anda akan mendapat untung darinya. Pertimbangkan kembali masalah keuangan Anda saat itu agar Anda bisa menentukan harga rumah yang akan dibeli.

Anda juga harus menghitung uang muka minimum yang harus dibayar dan cicilan bulanan jika Anda membeli secara kredit. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli perencanaan keuangan untuk mendapatkan saran atau nasihat yang akurat mengenai kondisi keuangan Anda sebelum memutuskan untuk melakukan investasi rumah.

Ikuti pergerakan harga properti

Harga properti sangat penting untuk mengikuti pergerakannya. Dengan mengetahui pergerakan harga properti, Anda akan dapat mengetahui berapa nilai investasi yang Anda miliki, serta seberapa besar keuntungan yang akan Anda dapatkan. Tentunya nilai investasi tergantung pada beberapa faktor yang ada seperti lokasi, luas, dan juga bangunan dari properti itu sendiri.

Dengan fasilitas dan kualitas yang baik, tentu saja investasinya lebih mahal. Anda juga perlu mengetahui seberapa progresif harga properti yang naik turun di daerah tersebut.

Karena, jika Anda menilai properti terlalu tinggi, maka tidak ada pembeli yang mau membelinya. Hal ini bisa terjadi karena harga merupakan sesuatu yang sensitif. Jika pembeli merasa harga yang ditawarkan terlalu mahal dibandingkan dengan harga properti di kawasan yang sama, maka pembeli akan memilih properti lain.

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai >10 Bisnis Paling Menguntungkan Tanpa Modal Untung Jutaan

Tips Penting Untuk Memulai Investasi Properti
Sumber: Pixabay


Apa Fungsi Memiliki Akses Yang Baik Ke Pusat Kota?

Mereka pasti mempertimbangkan bahwa semakin dekat dengan pusat kota, mobilitas akan semakin mudah dan hemat biaya. Akses yang baik ke pusat kota tidak harus berarti lokasinya berada tepat di sekitar pusat kota.

Apalagi sekarang di Indonesia, kawasan hunian juga mulai dikembangkan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Properti yang terletak di kawasan ini bisa dipertimbangkan karena terhubung dengan pusat kota melalui transportasi.

Perhatikan akses ke rumah

Langkah pertama adalah memperhatikan akses ke rumah yang ingin Anda beli. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan akses kendaraan pribadi dan umum. Perhatikan apakah lokasi rumah yang ingin Anda beli mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil.

Jika ingin mendapatkan hasil investasi yang maksimal, sebaiknya jangan memilih rumah di gang atau jalan sempit yang tidak bisa dijangkau dengan mobil. Selanjutnya, perhatikan apakah lokasi rumah yang ingin Anda beli mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Kemudahan akses transportasi umum dapat menunjang aktivitas penyewa atau pembeli rumah yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai >10 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Sampingan Skala Rumahan

Temukan rumah dekat fasilitas umum dan wisata

Lokasi rumah yang strategis dekat dengan fasilitas umum. Fasilitas umum yang dimaksud di sini antara lain pasar, mall, sekolah, kampus, rumah sakit, taman bermain, dan lain-lain. Fasilitas umum tersebut dapat menunjang aktivitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Maka tak heran jika rumah yang dekat dengan fasilitas umum cepat laku terjual meski dibanderol dengan harga fantastis.

Dengan demikian, ada banyak kegiatan ekonomi yang terjadi di kedua kota tersebut. Anda bisa menyewakan rumah kepada wisatawan yang datang dari luar kota sebagai tempat menginap. Atau, istilahnya biasa disebut homestay.

Pilih rumah yang dekat dengan pusat bisnis

Selain lokasi rumah yang dekat dengan pusat bisnis juga dinilai strategis dan sangat cocok sebagai alat untuk mencari untung, tidak hanya itu keuntunggan yang didapat yaitu dekat dengan fasilitas umum dan tempat wisata. Sebab, di pusat bisnis akan banyak lapangan pekerjaan yang mengakibatkan mobilitas masyarakat tinggi.

Dengan demikian, kegiatan ekonomi di kawasan pusat bisnis juga cukup kompleks. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menyewakan rumah kepada pekerja di daerah yang berasal dari luar kota atau provinsi.

Pilih lokasi rumah yang jauh dari bencana

Lokasi rumah yang jauh dari bencana menjadi salah satu perhatian khusus saat investasi properti. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya periksa dulu apakah rumah tersebut rawan banjir, longsor, atau bencana lainnya.

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai >10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan Skala Rumahan

membeli rumah dikawasan banjir
Sumber: Pixabay

Siapa Yang Mau Membeli Atau Menyewa Rumah Di Kawasan Banjir?

Tentunya setiap orang akan malas berkali-kali untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman saat banjir melanda. Mungkin ada orang yang ingin membeli atau menyewakannya namun dengan harga yang murah dan Anda tidak mendapatkan keuntungan yang maksimal dari hasil investasi rumah yang Anda lakukan. Bukankah itu merugikan?

Keamanan terjamin

Tentu tidak ada orang yang mau tinggal di daerah yang rawan kejahatan, seperti maling, perampok, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda harus memastikan rumah yang ingin Anda beli berada di lokasi yang keamanannya benar-benar terjamin. Meminta pengembang atau pemilik rumah tidak cukup untuk memastikan keamanan situs.

Anda juga perlu menanyakan tentang keamanan ini kepada masyarakat sekitar. Namun, jika Anda tidak ingin direpotkan dengan hal tersebut, Anda bisa berinvestasi rumah di cluster housing. Mengingat perumahan cluster biasanya menerapkan one gate system dan menyediakan satpam yang siap menjaga kawasan perumahan selama 24 jam.

Ketersediaan listrik dan air yang cukup

Listrik dan air merupakan kebutuhan pokok yang harus ada dalam kehidupan rumah tangga. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa lokasi rumah yang ingin Anda beli memiliki akses listrik dan air yang memadai.

Dengan kata lain, jangan terburu-buru untuk menyetujui tawaran rumah dengan desain yang bagus dan harga yang murah. Namun, ternyata rumah tersebut tidak memiliki akses listrik dan air yang memadai. Demikian penjelasan tentang tips penting untuk memulai investasi properti semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update