10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan Skala Rumahan - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 02 April 2021

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan Skala Rumahan

is,
Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Rumahkabar.com - Usaha sampingan adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Biasanya usaha sampingan ini dilakukan untuk mengisi kekosongan waktu. Apasih Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan Skala Rumahan yang tidak mengganggu kewajiban sebagai IRT?

Waktu luang itu jika dimanfaat dengan baik dan maksimal maka akan memberikan keuntungan untuk kamu. Apalagi usaha yang kamu pilih memang cocok dengan fashion kamu. Banyak kisah orang sukses di luaran sana yang berawal dari iseng memcoba usaha sampingan. Justru dapat menjadi usaha yang sangat besar dan sukses.

Jika kita perhatikan, pada saat sekarang ini banyak orang mencari income tambahan namun tidak sedikit dari mereka yang bingung untuk memulai dan memilih usaha apa yang cocok dan menguntungkan. Tidak terkecuali dengan Ibu Rumah Tangga.

Untuk ibu rumah tangga tentu mencoba usaha sampingan menjadi salah satu opsi terbaik untuk menambah penghasilan. IRT biasanya disibukkan dengan mengurus rumah, suami, anak dan keperluan rumah tangga lainnya. Disela sela waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencoba usaha sampingan agar menambah penghasilan keluarga.

Berikut ini adalah

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah TanggaPaling Menguntungkan Skala Rumahan :

1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupaka  usaha makanan yang menguntungkan dan banyak disekitar kita. Makanan adalah kebutuhan pokok semua orang untuk memenuhi enegi dalam beraktifitas seharian. Peluang bisnis daru usaha kuliner ini bisa dikatakan salah satu jenis usaha yang tidak pernah ada matinya karena selalu dicari oleh banyak orang.

Jika kita melihat prospek pasarnya, usaha kuliner ini pasti memiliki peminat yang banyak apalagi didukung dengan banyaknya penduduk di indonesia. Untuk menjalankan usaha kuliner pastinya bukan hal yang mudah. Tetapi, kamu dapat memanfaatkan usaha kuliner yang bisa dimulai dengan modal yang kecil.

2. Usaha Kue

Menjadi Ibu Rumah Tangga biasanya sering menyajikan kue untuk keluarga bukan? baik untuk sarapan, cemilan atau bekal. Kamu dapat menjadikan ini sebagai peluang untuk usaha. Kue menjadi makanan yang sangat disukai banyak orang. Terlebih lagi ketika ada acara cara penting, maka banyak orang yang ingin membeli kue sebagai pelengkap acaranya.

Saat ini banyak sekali model kue yang ada di pasaran baik yang dijual secara online maupun offline. Jika digongkan, kue dapat terbagi menjadi 2 jenis yaitu kue kering dan kue basah. Keunggulan dari kue kering adalah lebih tahan lama dan permintaanya meningkat ketika hari raya tiba. Sedangkan kue basah tidak tahan lama dan harus cepat dihabiskan jika tidak mau rugi kerena kue basah ini lebih cepat basi.

Perhatikan jenis kue apa yang akan kamu produksi dan tentukan juga target market kamu agar mudah untuk memasarkan kue yang kamu buat.

3. Usaha Catering

Usaha katering dapat dikatakan sebagai salah satu usaha sampingan rumahan yang paling menguntungkan dan memiliki potensi serta pertumbuhan yang tinggi. Usaha katering sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern seperti saat ini. Karena banyak acara - acara yang memerlukan katering dalam hal memenuhi konsumsi acara tersebut. Mulai dari acara seminar, kantor, pernikahan dan masih banyak yang lainnya.

Membuka usaha katering berarti kamu harus siap terhadap tantangan. Tantangan terhadap ketepatan waktu pesanan, cita rasa yang enak dan konsisten serta menjaga hubungan dengan customer. Tidak lupa pula, dalam usaha katering kamu harus memiliki rekan kerja atau membuat teamwork yang solid dan dapat bekerjasama dengan baik agar pesanan dapat selesai dengan baik.

Agar sukses dalam usaha katering, kamu harus menjaga nama baik dan membangun kerjasama ke berbagai instansi yang sekiranya sering membuat acara agar usaha katering kamu banyak menerima orderan.

4. Usaha Jus Buah

Buah adalah makanan yang memiliki berbagai macam rasa, ada yang manis, asam, sampai yang hambar pun ada. Kandungan gizi pada buah dapat menyehatkan tubuh dan memiliki manfaat yang baik. Buah dapat dimakan secara langsung maupun diolah terlebih dahulu.

Salah satu olahan minuman buah yang populer di masyarakat adalah jus buah. Dengan cuaca yang panas seperti di indonesia, jus buah dapat menghilangkan rasa haus dan sangat menyegarkan. Sensasi memakan buah lebih segar dan enak jika diolah menjadi jus. Maka jus buah dapat dijadikan sebagai bisnis.

Usaha jus buah adalah salah satu ide yang tepat untuk dijadikan sebagai usaha rumahan atau sampingan terlebih lagi untuk seorang ibu rumah tangga. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha jus buah relatif sedikit tetapi untung yang didapat sangat menggiurkan.

Usaha jus buah ini dikatakan sangat menguntungkan adalah harga untuk 1 porsi jus buah dapat mencapai 15-30% dari harga buahnya. Namun kamu harus teliti dalam memilih buah agar tidak cepat membusuk dan menyebabkan kerugian. Usaha jus buah juga kamu harus pintar melihat target pasar yang akan kamu cari hal ini akan membuat bisnis jus buah kamu cepat sukses.

5. Usaha Cemilan

Usaha cemilan dapat dijadikan sebagai usaha sampingan kamu sebai IRT. Setiap daerah di Nusantara ini memiliki makanan yang beragam dan khas tidak terkecuali dengan cemilan. Hal inilah yang membuat usaha cemilan tidak ada matinya.

Makanan pendamping ini banyak digemari orang banyak karena rasanya enak tetapi ketika kita makan cemilan dalam jumlah banyak namun rasa kenyang itu hanya sedikit.Berbeda dengan makanan dengan olahan nasi, apabila kita sudah memakanya maka rasa kenyangpun akan  tiba.

Memilih usaha cemilan memiliki peluang keberhasilan yang tinggi apabila dijadikan bisnsi sampingan. Apalagi bila dikerjakan IRT karena biasanya olahan dari seorang IRT itu sudah pasti enak bukan?

Membuka usaha cemilan tidak perlu untuk sewa toko ataupun peralatan yang sangat rumit. Bisnis cemilan dapat dimulai memlalui dapur biasa dan kamu dapat memasarkannya ke tetangga, teman, kerabat bahkan melalui social media. Jadi untuk pemasaranya tidak perlu biaya yang besar untuk mempromosikannya.

6. Usaha Konter Jasa PPOB

Usaha konter dan jasa ppob banyak dilirik banyak orang karena simpel, tidak repot dan menguntungkan. Semua keperluan seperti pulsa, listrik, bpjs, dll bisa dibayar hanya lewat 1 aplikasi. Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang sebagai IRT, karena tidak mengganggu waktu kamu untuk mengurus keluarga.

Agar semakin ramai orang yang memakai jasa PPOB kamu pasanglah plang atau spanduk di tempat usaha kamu, hal ini akan memberi tahukan kepada orang banyak bahwa kamu membuka jasa PPOB.

Buatlah loket yang semenarik mungkin agar orang ingin berkunjung dan penasaran, berikan pelayanan terbaik agar orang tersebut kembali lagi memakai jasa kamu. Teruslah promosi agar semakin banyak yang menggunakan jasa kamu.

7. Usaha Warung Kopi

Membuka usaha warung kopi walaupun hanyak sederhanan namun tidak bisa dianggap remeh karena sudah banyak bukti bahwa mereka yang berkecimpung di usaha ini bisa berhasil dan sukses dengan hanya warung kopi sederhana.

Modal untuk usaha warung kopi tidak terlalu besar, warung kopi dapat dijadikan sebagai salah satu peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Agar laris usaha warung kopi kamu harus memiliki strategi untuk menggaet pembeli, pikirkan strategi tersebut dan rencanakan dengan matang agar usaha warung kopi kamu berbeda dengan yang lain.

Jagalah kebersihan warung kopimu agar pembeli betah dan nyaman di warung kopi sederhana milik kamu. Jika kita amati hampir setiap daerang baik yang dikota maupun di desa pasti ada warung kopi. Karena orang ingin berkumpul dan mengobrol sambil menikmati secangkir kopi hangat walaupun hanya di warung sederhana.

Penikmat kopi bukan hanya dari kalangan orang dewasa saja, banyak juga anak anak muda yang suka terhadap minuman kopi. Saya rasa semua kalangan menyukai kopi. Hal inilah yang menjadi pertimbangan kamu untuk mecoba membuka usaha warung kopi.

8. Usaha Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan atau cemilan favorit masyarakat indonesia mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Gorengan juga makanan yang dapat diterima oleh semua kalangan.

Dari latar belakang tersebut usaha gorengan dapat dijadikan usaha sangpingan yang menjanjikan.

Hanya berbekal keterampilan memasak dan meracik bumbu agar rasa dari gorengan itu enak, kamu sudah bisa memulai usaha gorengan.

Banyak orang meremehkan usaha yang satu ini, namun jika kita serius untuk menekuninya usaha ini dapat mendatangkan uang yang begitu banyak. Bisa kita perhatikan mulai dari piggir jalan sudah banyak penjual gorengan yang menjajakan daganganya.

Hal itulah yang dapat menyimpulkan bahwa usaha gorengan ini sangat menjanjikan. Usaha gorengan ini dapat kamu buka dan dapat dikombinasikan dengan usaha minuman kopi. Biasanya jika orang memakan gorengan kurang lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan secangkir kopi hangat.

9. Usaha Jualan Online

Usaha yang satu ini sekarang lagi ramai ramainya yaitu Jualan online atau Online Shop. Bisnis ini mulai dari remaja sampai dewasa ramai ramai membuka online shop.

Apa itu online shop? Online shope adalah kita berjualan dengan memanfaatkan social media sebagai media pemasaranya. Untuk kalangan IRT sudah banyak kisah sukses mereka dalam berbisnis online shop.

Bisnis Online shop ini dapat dilakukan hanya dengan melalui smartphone kamu dan dapat dimulai tanpa modal sekalipun. Kamu dapat mencari supplier dari barang yang ingin kamu jual melalui marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan sebagainnya.

Semakin maraknya online shop mengharuskan kita untuk berhati hati karena semakin banyak juga online shop palsu atau penipuan yang berkedok online shop, saya sendiri juga pernah jadi korbannya loh, hehehe.

Carilah supplier yang terpercaya dan sudah banyak direkomendasikan oleh banyak orang. Jangan mengambil barang dari supplier yang memberikan harga jauh lebih murah karena itu hanya kedok saja.

Jadilah online shop yang terpercaya dan membeli pelayanan yang terbaik. Strategi untuk bisnis online agar laris kamu harus kreatif dalam membuat gambar dan caption agar orang tertarik untuk membelinya. Jika sudah ada pelanggan yang membeli produk yang kamu jual usahakan mintalah testimoni dari mereka untuk kamu jadikan bukti bahwa kamu benar benar online shop yang terpercaya.

10. Usaha MLM

Multi Level Marketing (MLM) adalah strategi pemasaran berjenjang atau berantai, dimana penjual (kamu) tidak hanya mendapatkan untung dari hasil penjualan namun juga mendapatkan imbal hasil dari hasil kamu merekrut seseorang untuk bergabung menjadi bagian dari usaha UML itu.

Dalam dunia modern sekarang ini, bisnis MLM berkembang sangat pesat. MLM adalah sebuah usaha yang dapat mendatangkan uang sangat banyak karena berkat faktor kali yang apabila kamu berhasil merekrut orang maka kamu juga mendapatkan kompensasinya. Bisnis MLM jika kamu sudah menjadi leader, ini bisa dijadikan sebagai pasif income alias kamu tetap mendapatkan uang tanpa harus bekerja lagi.

Dipasaran saat ini sudah banyak sekali MLM yang bermunculan dan produk yang dijualnyapun beragam. Mulai dari Pulsa, penghemat bbm, sampai asuransi. Carilah produk atau bisnis MLM yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu serta perhatikan juga siapa orang dibalik bisnis MLM tersebut apakah memang dapat dipercaya atau tidak. Apakah kamu tertarik untuk mencoba bisnis MLM?

Berbagai macam usaha diatas harus dikerjakan dengan tekun agar dapat dijadikan sumber income yang besar. Bukan tidak mungkin hanya sebagai IRT yang hanya bekerja dirumah kamu dapat menghasilkan uang yang jauh lebih banyak

Itulah 10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan Skala Rumahan rumahkabar.com semoga sukses untuk menjalaninya. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan kepada kamu untuk mencoba berbagai usaha sampingan. Share juga artikel ini ke social media kamu agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Jangan lupa berikan komentar kamu dibawahya setelah membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad