Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

10 Bisnis Online Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal

Senin, 05 April 2021 | April 05, 2021 WIB Last Updated 2021-04-18T08:45:54Z
Bisnis Online Mahasiswa

Rumahkabar.com - Sebagai mahasiswa, kamu dituntut untuk bisa berfikir kreatif agar menjadi seseorang yang bisa hidup secara mandiri dan tidak memberatkan beban orangtua dalam hal pembiayaan. Hal inilah yang membuat saya membuat artikel ini. 10 Bisnis Online Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal.

Setiap tahunnya setidaknya ada puluhan ribu mahasiswa yang sudah tamat dan banyak dari mereka bingung untuk mencari pekerjaan. Untuk memulai suatu bisnis, kamu tidak perlu memikirkan harus memiliki modal yang besar untuk memulainya. Cukup dengan kreatifitas dan tekat yang kuat kamu bisa memulai bisnis kamu hanya dari kamar kost.

Apakah kamu tahu Mark Zuckenberg ? Yap, dia adalah salah satu orang terkaya di dunia saat ini, Mark yang kala itu hanya seorang mahasiswa di salah satu Universitas di US dia membuat The Facebook hanya dari kamar kostnya yang kemudian bisa berkembang pesat seperti pada saat sekarang.

Bisnis bagi mahasiswa bukan hanya sekedar untuk menambah uang saku, tetapi juga sebagai tabungan dan pengalaman untuk bisa berfikir jauh kedepan dan agar nantinya tidak pusing ketika belum mendapatkan pekerjaan setelah wisuda.

Apa itu bisnis? Bisnis adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil menjual barang atau jasa.

Berikut adalah

10 Bisnis Online Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal

1. Dropship

Apa itu dropship? Dropship adalah suatu sistem penjualan dengan meningkatkan harga barang tanpa kamu harus stock barang, packing, dan mengirim barang. Jadi kamu hanya perlu untuk mempromosikan barang yang mau kamu jual ke calon pembeli.

Pada saat sekarang ini pelaku usaha yang menggunakan sistem dropship ini sudah sangat banyak sekali. Untuk awal mulanya kamu harus mencari supplier barang yang ingin kamu jual. Carilah supplier tangan pertama agar keuntungan kamu jauh lebih banyak.

Dimana kamu bisa mendapatkan supplier?

Sekarang sudah banyak supplier yang memasarkan produk mereka di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dll. Atau kamu juga bisa mengunjungi website resmi mereka jika ada, lalu kamu langusng menghubungi pihak supplier bahwa kamu ingin menjadi dropshippernya.

2. Reseller

Apa Itu Reseller? Reseller adalah seorang seseorang yang menjual barang kembali yang dibelinya dari supplier dengan catatan harus stock barang. Jadi perbedaan antara Reseller dan drophip adalah jika pada Dropship kamu tidak perlu stock barang dan pada reseller kamu harus mengeluarkan uang untuk stock barang.

Jika kamu memiliki uang saya sarankan untuk mengikuti program reseller karena keuntungannya jauh lebih besar dibandngkan dengan dropship. Tapi kamu akan lebih sedikit sibuk untuk mengurusi barang, mengecek stock, memasarkan, packing, dan pengiriman barang.

Sama halnya dengan dropship kamu bisa mendapatkan supplier melalui Marketplace, social media dan website resmi supplier.

3. Selebgram

Sudah tau apa itu selebgram? ya, selebgram adalah kamu menjadi orang yang terkenal di social media dan memiliki follower yang banyak.

Banayak orang saat ini menginginkan menjadi reseller karena dapat menghasilkan uang yang banyak. Untuk menjadi seorang selebgram, langkah pertama yang harus kamu tempuh adalah membuat akun social media dan memperbanyak follower kamu. Semakin banyak follower yang kamu punya maka semakin mahal bayaran yang akan kamu dapat.

Dari mana Selebgram mendapatkan uang??

Selebgram mendapatkan uang dapat melalui 2 cara, yang Pertama adalah dengan membuka jasa Endorse dan Paid Promote. Jadi seorang selebgram dibayar untuk mempromosikan barang atau jasa dari clien nya dengan harga yang telah disepakati.

Yang Kedua adalah dengan menjual barang atau produk, jadi ketika selebgram sudah terkenal dia juga bisa memasarkan produk yang dia punya kepada para followernya.

Jadi keuntungan menjadi seorang Selebgram sangat banyak kan?

Kamu mau jadi selebgram?

4. Blogger

Blogger adalah aktifitas membuat blog di internet dan mengisinya dengan artikel yang bermanfaat dan original dari ketikan kamu bukan hasil dari Copy Paste dari blog orang lain.

Untuk kamu yang hobi menulis, menjadi seorang blogger adalah hal yang positif buat kamu coba. Kamu bisa memposting hasil karyamu di blog yang kamu buat dan bisa mendapatkan income.

Darimana penghasilan Seorang Blogger?

Seorang Blogger mendapatkan penghasilan dari iklan, google memiliki platfrom yang bernama Google Adsese. Jadi blogger mendaftarkan blognya untuk menampilkan iklan dari google adsense agar mendapatkan uang.

5. Youtuber

Youtuber adalah orang yang membuat konten berupa video dan di upload di YouTube. Menjadi youtuber saat ini sangat digandrungi banyak orang mulai dari anak - anak, remaja, dewasa, artis, bahkan presiden Jokowi ikut menjadi Youtuber loh.

Menjadi Youtuber berarti kamu harus membuat video, merekam, dan mengeditnya, itu artinya kamu harus siap terhadap kegiatan yang berada di layar monitor dan kamera.

Sama dengan Blogger, Youtuber juga mendapatkan uang dari Google Adsense untuk menghasilkan uang.

6. Freelancer

Freelancer adalah orang yang bekerja untuk menyelesaikan project yang ada. Menjadi freelancer skill utama yang harus kamu miliki adalah kamu mahir dalam hal desain gravis, website, editing, dll yang berhubungan dengan dunia digital.

Di mana kita dapat mendapatkan Job sebagai freelancer??

Kamu dapat menemukan tugas atau project freelancer bisa melalui situs project, fastwork, frelancer, dll.

7. Copywriter

Copywriter adalah pekerjaan yang menyenangkan jika kamu adalah seorang yang hobi menulis, apalagi kamu sebagai mahasiswa pasti kreatifitas kamu sangat dibutuhkan dalam Copywriter.

Modal kamu hanya laptop dan keahlian kamu dalam menulis.

Siapa yang butuh Copywriter?

Seorang Copywriter sangan dibutuhkan oleh para pebisnis dan juga blogger. Dunia Bisnis memersukan seorang Copywriter untuk membuat konten artikel yang ditujukan untuk mempromosikan produk mereka. Dari sinilah Seorang Copywriter mendapatkan uang.

8. Makelar

Makelar adalah kamu menjadi perantara dari barang yang dijual dan mendapatkan keuntungan dari komisi yang telah disepakati.

Kamu bisa menjadi seorang makelar properti, kendaraan, dll. Jadi tugas kamu sebagai seorang makelar adalah hanya menolong penjual mencari pembeli dari barang yang dijual.

9. Jual Akun Instagram

Apa kamu punya Instagram? Instagram adalah salah satu social media yang banyak digunakan orang sekarang ini. Kamu bisa menternak akun instagram lalu menjualnya.

bagaimana caranya?

Jadi yang harus kamu lakukan pada bisnis ini adalah kamu membuat akun instagram dan memperbanyak follower akun tersebut. Ketika follower sudah terkumpul banyak maka kamu bisa menjualnya dengan harga jutaan Rupiah.

10. Paid Promote Berbayar

Paid Promote berbayar adalah membuka jasa layanan paid promote di social media. Apakah kamu tahu akun Instagram minang.kocak, dagelan, lambe turah, akun akun yang memposting video lucu, dll.

Akun - akun tersebut mendapatkan penghasilan dari hasil Paid Promote berbayar, jadi mereka menerapkan tarif agar konten orang lain dapat di post di akun instagram tersebut.

Apakah kamu sudah ada gambaran untuk bisa memiliki bisnis dari artikel ini? atau masih bingung ingin memulai bisnis apa?

Itulah 10 Bisnis Online Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal versi Rumahkabar.com semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kawan - kawan semua. Tinggalkan jejak kamu dengan komen dibawah ya atau share artikel ini ke teman - teman kamu semua agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari blog saya yang sederhana ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update