-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Label

Iklan

Indeks Berita

DEKAN HUMANIORA DAN INFORMATIKA UNKAHA HARAP JURNALIS HARUS BERANI

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB Last Updated 2021-12-17T03:24:45Z
Dekan dari Fakultas Humaniora dan Informatika Universitas Karya Husada (UNKAHA)


Rumahkabar.com – Aisyah Dinda Karina SH MH Dekan dari Fakultas Humaniora dan Informatika Universitas Karya Husada (UNKAHA) Semarang memiliki harapan agar jurnalis harus berani menyampaikan informasi sebenar-benarnya karena sudah dilindungi oleh undang-undang pers.


Pernyataan tersebut disampaikan ketika memberikan materi pelatihan jurnalistik dasar kepada 44 peserta yang diadakan secara virtual (16/12). Pelatihan jurnalistik dasar sendiri dilaksanakan oleh rumahkabar.com. selain Dekan Fakultas Humaniora dan Infoematika UNKAHA turut sebagai narasumber Ervan Arkansas Zena yang merupakan pimpinan redaksi berita kampus Kompas TV, serta Jamal Abdun Nashr selaku koresponden atau wartawan dari Tempo.


Dalam pemaparanya Aisyah menyampaikan bahwa “perlindungan hukum yang dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers adalah jaminan dari pemerintah dan atau masyarakat kepada wartawan dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban, dan peranannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kebebasan seorang wartawan disini harus disertai dengan rasa tanggung jawab penuh dalam mencari informasi kebenaran akan suatu berita yang didasarkan pada fakta yang dibuat-buat oleh si wartawan”. Tuturnya.


“Seorang jurnalis dalam menjalankan profesinya mendapat perlindungan hukum didalam menjalankan tugas yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik”. Tegas Aisyah.


Pengujung penyampaian materi Aisyah berpesan agar jurnalis wajib hukumya agar berpijak dan tetap berpedoman kepada kode etik jurnalis. Sebagai seorang jurnalis harus Independen serta menampilkan informasi yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk. Artinya informasi yang disampaikan harus bisa dipertanggungjawabkan. (mz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update