-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Label

Iklan

Indeks Berita

RUTINITAS, SHARING GAPOKTAN SE-KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB Last Updated 2021-12-17T06:47:53Z



Rumahkabar.com – Gabungan kelompok tani atau sering disebut GAPOKTAN merupakan kelembagaan pertanian yang bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan di bidang pertanian mulai dari sektor permodalan sampai dengan pengolahan hasil pertanian. Di Kecamatan Bangsri sendiri  terdapat 1 Gapoktan disetiap desanya atau dengan kata lain terdapat 12 Gapoktan di wilayah Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Pak Sudarta selaku PPL Desa Kepuk mengatakan “munculnya kegiatan perkumpulan untuk sharing yang menjadi rutinitas Gapoktan ini adalah inisiasi dari Gapoktan sendiri yang dijembatani dan dibina oleh BPP Kecamatan Bangsri agar berjalan sesuai dengan yang ketetapan”. 


Gapoktan sekecamatan bangsri sukses menyelenggarakan acara sharing dan diskusi yang rutin diadakan setiap Kamis Pon. Acara ini berbasis anjang sana yang ditentukan melalui sistem undian. Pada hari Kamis 16 Agustus 2021 kemarin, Gapoktan Desa Kepuk Kecamatan Bangsi Kabupaten Jepara mendapat kesempatan menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang yang tergabung dalam bapak bapak perwakilan Gapoktan sekecamatan bangsri dan ibu-ibu KWT di Dukuh Kepuk Sawahan. 


Banyak persiapan yang dilakukan oleh tuan rumah. Salah satunya seperti menggandeng KWT sebagai sie konsumsi. Risfaati, Ketua KWT Seputut Asri mengatakan bahwa KWT di Dukuh Sawahan ikut berpartisipasi dalam mensuport acara ini dengan menyediakan masakan sebagai jamuan bagi para peserta acara. 


Sharing rutinan dengan sisitem anjangsana yang dilakukan di gubuk pertanian simpang  tiga sudut sawahan ini berjalan lancar sesuai dengan harapan meskipun kondisi hujan. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, sambutan sambutan, sharing bersama, penetupan, dan dilanjut dengan makan bersama. “Sharing ini dilakukan untuk memperkuat tali persaudaraan antar petani sekecamatan bangsri, memperkuat bidang pertanian, mencari solusi disetiap kendala yang dihadapi petani, dan membahas rencana pengembangan pertanian dimasa yang akan datang”, ujar Bapak Roskan Ketua Gapoktan Desa Kepuk. Acara perkumpulan dengan fokus untuk sharing juga berfungsi untuk mempermudah penyebaran titik kegiatan pertanian Sekecamatan Bangsri serta mempermudah dalam proses pendataan. 


“Saya berharap acara rutin ini berkembang menjadi kegiatan diluar pertanian dalam arti pengembangan inovasi seperti pemanfatan limbah organik, penanaman buah-buahan untuk agrowisata dan lain-lain”. Tambah Bapak Sudarto. (ais)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update