Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Realisasi PHBS dan PIS PK, Puskesmas Bangsri 2 Gelar Pemeriksaan Gratis dan Pendataan

Jumat, 10 Desember 2021 | Desember 10, 2021 WIB Last Updated 2021-12-10T07:46:59Z
Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh Puskesmas bangsri 2


rumahkabar.com - Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh Puskesmas bangsri 2 merupakan salah satu realisasi dari PHBS dan PIS PK. Kegiatan ini ditargetkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di desa kepuk kecamatan bangsri kabupaten jepara.


Untuk mencapai target tersebut, dilakukan sistem semi jemput bola, artinya pihak puskesmas berkeliling ke setiap RT untuk melakukan pemeriksaan dan pendataan. Setiap RT diberikan jadwal sehari untuk melakukan pemeriksaan dan pendataan di tempat yang telah ditentukan. Setiap KK tidak diwajibkan hadir semua namun, wajib ada yang mewakili 1 orang. Apabila ada masyarakat yang tidak bisa datang, petugas puskesmas langsung datang ke rumah warga. Sampai dengan tanggal 9 Desember, tercatat sudah ada 2 RW yang telah di data, yaitu RW 6 dan RW 1 yang masih proses pendataan.


Kegiatan ini disambut antusias warga desa, salah satu warga di RT 02 RW 01 Nur Aisah mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga yang ingin memeriksakan tensi darah secara gratis karena tidak perlu pergi jauh. Selain itu, dengan adanya pendataan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan perbaikan pelayanan kesehatan dikemudian hari. 


Fokus utama kegiatan ini, yaitu pendataan sesuai indikator yang telah ditentukan, pemeriksaan tensi darah, dan penyediaan obat bagi masyarakat yang membutuhkan.  Pendataan yang telah dilakukan dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam membuat kebijakan pemerintah desa selanjutnya. “kami melakukan pendataan dan pemeriksaaan kesehatan  terhadap warga sebagai bentuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Data yang kami peroleh dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan kebijakan seperti pengajuan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi yang belum terdaftar”, ujar Zaki salah satu petugas pelayan puskesmas bangsri 2.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update