Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tips untuk Mendapatkan Beasiswa LPDP

Senin, 14 Juni 2021 | Juni 14, 2021 WIB Last Updated 2021-06-14T05:14:55Z

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > Tips Sukses Seleksi CPNS


Tips untuk Mendapatkan Beasiswa LPDP
Sumber: freepick

Tips untuk Mendapatkan Beasiswa LPDP yang perlu anda ketahui. Bukan rahasia lagi bahwa beasiswa adalah salah satu cara terbaik untuk membayar kuliah, tetapi bagaimana Anda memulainya? Dengan hampir setiap aplikasi beasiswa yang membutuhkan esai, surat rekomendasi, dan sejumlah besar informasi pribadi, memulai proses dan mencari tahu cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah bisa sangat melelahkan.

Pada saat yang sama, dengan biaya sekolah yang meningkat setiap tahun , Beasiswa LPDP menjadi semakin penting . Tidak seperti pinjaman mahasiswa, beasiswa tidak perlu dibayar kembali dan mereka menawarkan uang gratis tanpa ikatan. Memenangkan beasiswa dapat secara signifikan mengurangi (atau bahkan membantu Anda sepenuhnya menghindari) beban utang mahasiswa dan meningkatkan suku bunga setelah lulus.

Terlepas dari betapa fantastisnya mereka, siswa sering bingung bagaimana cara mendapatkan beasiswa. Di mana Anda harus mulai? Kapan Anda harus mulai? Beasiswa mana yang sepadan dengan waktu Anda? Berapa banyak yang harus Anda ajukan?

Pertanyaan-pertanyaannya bisa mulai menjadi berlebihan dan bahkan membuat beberapa siswa takut. Untungnya, melamar beasiswa sebenarnya tidak terlalu rumit! Dengan sedikit dedikasi dan ketekunan, Anda bisa mendapatkan beasiswa Anda sendiri.

Go Lokal

Sementara beasiswa nasional umumnya mendapatkan lebih banyak visibilitas dan tekan online, beasiswa lokal biasanya menawarkan peluang yang lebih baik. Anda hanya akan bersaing dengan siswa lain di daerah Anda daripada ribuan siswa di seluruh negeri. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendukung inisiatif lokal di komunitas Anda yang mewakili tujuan luar biasa.

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > Tips Penting untuk Lulus Ujian CPNS

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP?

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP?
Sumber: Freepick

Konselor bimbingan sekolah menengah atau kantor penerimaan perguruan tinggi Anda harus memiliki banyak informasi tentang beasiswa lokal yang berlaku untuk situasi Anda. Jika tidak, coba cari “beasiswa + negara bagian/kota Anda ” di Google atau gunakan mesin pencari beasiswa, di mana Anda mungkin dapat menemukan daftar beasiswa.

Temukan Keunggulan Anda

 Penyedia beasiswa menghabiskan waktu berjam-jam untuk meninjau aplikasi beasiswa dan esai yang menanggapi permintaan yang sama. Tidak mengherankan, sebagian besar aplikasi dilupakan. Yang tak terlupakan memiliki peluang terbaik untuk menang. Sama seperti dalam pemasaran, cari apa yang memberi Anda keunggulan dibandingkan pesaing Anda dan gunakan itu.

Mulailah dengan membuat daftar kekuatan Anda. Kamu jago apa? Apa yang selalu diminta teman Anda untuk membantu mereka? Kemudian, cari tahu cara menonjolkan kekuatan Anda di seluruh aplikasi Anda, khususnya dalam jawaban singkat dan pertanyaan esai. Tunjukkan kepada komite beasiswa mengapa keahlian Anda menjadikan Anda kandidat yang sempurna untuk penghargaan tersebut.

Jadikan Esai Anda Bersinar

Cara lain untuk membuat aplikasi Anda bersinar adalah dengan mendekati esai dari sudut yang unik . Selama Anda benar-benar menjawab pertanyaan dan menggunakan keterampilan menulis terbaik Anda, tidak ada aturan yang mengatakan bahwa Anda tidak dapat menempatkan putaran unik Anda sendiri pada esai (kecuali aplikasi Anda, pada kenyataannya, memiliki instruksi khusus untuk tidak melakukannya ini!).

Tapi apa sebenarnya artinya menempatkan spin unik Anda sendiri pada sebuah esai? Pada dasarnya, ambil pengalaman hidup Anda sendiri dan masukkan ke dalam tulisan Anda. Misalnya, mari kita bayangkan pertanyaan esainya adalah "mengapa Anda ingin belajar kedokteran”.

Aman untuk mengatakan bahwa sebagian besar pelamar akan merespons dengan sesuatu seperti "Saya ingin membantu orang." Meskipun itu adalah alasan yang dapat diterima, itu tidak membuat esai yang sangat menarik.

Itulah beberapa ulasan tentang cara mendapatkan Beasiswa LPDP yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat bagi anda dan semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan ada tentang cara mndapatkan beasiswa. Sekian dari saya terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update