Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tips Penting untuk Lulus Ujian CPNS

Senin, 07 Juni 2021 | Juni 07, 2021 WIB Last Updated 2021-06-07T02:18:45Z

 


Tips Penting untuk Lulus Ujian CPNS

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > Tips Sukses Seleksi CPNS

Tips Penting untuk Lulus Ujian CPNS - Selain mempersiapkan ilmu dan fisik, Anda yang mengikuti seleksi juga harus mempersiapkan mental. Oleh karena itu, perlu persiapan matang, nih. Agar kamu bisa fokus dan bisa mengikuti Ujian CPNS dengan mantap, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Tips Penting untuk Lulus Ujian CPNS
Tips Penting untuk Lulus Ujian CPNS

Berdoa Kepada Tuhan

Mintalah kepada Tuhan untuk memberikan hasil terbaik pada ujian CPNS. Semua keringat dan kerja keras kita tidak akan ada artinya jika tidak ada Ridho dari Allah. Mintalah bantuan-Nya agar Anda dapat menghadapi ujian dengan lancar tanpa masalah.

Kenali tahapan ujiannya

Setiap instansi memiliki model ujian yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Secara umum ada 2 seleksi yang harus dilalui, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang dan Tes Kompetensi Dasar. SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi pelaksana.

Model dan bahan uji dapat bervariasi sesuai dengan formasi kebutuhan CPNS. Ada tiga jenis kelompok materi tentang soal TKD. TWK berisi materi tentang nilai-nilai kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pertanyaannya biasanya tentang Pancasila, hukum, empat pilar kebangsaan, dan sejarah bangsa Indonesia.

TIU berisi materi untuk menilai kemampuan verbal, verbal, dan numerik peserta. Biasanya soal-soalnya soal barisan aritmatika, sinonim, akronim, logika matematika, dan sejenisnya. Bagi sebagian orang mengingat tidak semua orang menyukai matematika ujian pada materi ini akan cukup berat.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi materi yang menguji integritas diri, moral, kreativitas, kerjasama, profesionalisme, dll. Dalam tes ini, jawaban terlihat sangat subjektif karena dapat dikatakan hampir semua jawaban benar. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menjawab di bagian ini.

Dengan mengetahui ketiga jenis ujian di atas, tentunya kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang. Tidak ada yang tahu pasti uraian soal yang akan keluar dari ketiga jenis materi tersebut. Semua dipilih secara acak oleh sistem nanti. Oleh karena itu perbanyaklah belajar dan membaca.

Ikuti ujiannya dengan jujur

Jangan berharap bisa mengerjakan ujian dengan mengandalkan materi cheat, terutama joki. Lupakan dan buang jauh-jauh pikiran itu. Jangankan selingkuh, hanya untuk izin ke toilet, Anda akan berpikir dua kali. Ruang ujian dilengkapi dengan CCTV sehingga pengawas ujian dapat memantau ujian meskipun tidak pada tempatnya. Plus, soal ujian yang banyak dan kompleks akan membuat Anda tetap fokus di depan komputer hingga selesai.

Belajar secara konsisten

Banyak orang yang meremehkan model ujian CPNS sehingga menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Belajarlah secara konsisten setiap hari agar tidak kesulitan saat menghadapi ujian nanti. Tidak butuh waktu lama. Belajarlah selama kurang lebih 30 menit per hari untuk menyelesaikan soal-soal CAT agar kita terbiasa saat ujian. Hindari sistem belajar cepat dalam semalam.

Tenang saat menghadapi ujian

Ini juga merupakan faktor yang sangat menentukan. Itu normal untuk gugup menghadapi ujian. Namun, jangan sampai rasa gugup yang berlebihan membuat Anda sulit untuk berpikir dan melupakan semua hal yang telah Anda pelajari. Tenangkan dirimu saat akan menghadapi ujian. Mungkin, dengan berdoa dan membaca Al-Qur'an, Anda bisa meringankan diri.

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan 3 Trik Paling Wow

Apa Manfaat Maksimalkan Waktu Ujian?

Saya lupa, berapa lama waktu ujian yang diberikan. Kalau tidak salah, sekitar 2 jam. Namun yang terpenting, jangan meninggalkan ruang ujian sebelum waktu ujian berakhir. Manfaatkan semua waktu yang tersedia untuk memeriksa jawaban Anda.

Siapa tahu, mungkin ada jawaban yang salah yang bisa diperbaiki. Tidak perlu kesal dengan teman yang sudah pergi. Lagi pula, hasil tes juga akan langsung terlihat begitu Anda mengklik tombol selesai tes.

Jawablah pertanyaan yang mudah terlebih dahulu

Dari sekian banyak masalah yang dihadapi, jangan terpaku pada satu pertanyaan untuk waktu yang lama. Masih banyak masalah lain yang harus diselesaikan. Jangan hanya karena penasaran dengan pertanyaannya sehingga menyedot fokus dan lupa bahwa masih banyak pertanyaan lain yang bisa lebih mudah untuk dijawab. Fokus pada pertanyaan mudah untuk dijawab terlebih dahulu, yang sulit kemudian.

Beberapa Hal Non-Teknis Tapi Penting Untuk Anda Waspadai

Selain faktor-faktor di atas, ada beberapa hal lain yang penting untuk Anda ketahui. Hal ini karena keberhasilan ujian CPNS merupakan kombinasi dari persiapan yang matang dan izin dari Tuhan.

Berdasarkan pengalaman beberapa rekan, Anda harus mewaspadai hal-hal berikut:

Pastikan Anda mengetahui lokasi ujian paling lambat ujian H-1

Salah satu kesalahan fatal yang sering mempengaruhi keberhasilan CPNS adalah mengetahui secara detail lokasi ujian Anda. Tidak hanya nama daerah, pastikan Anda tahu di jalan apa, gedung apa, dan ruangan apa.

Jangan sampai Anda terburu-buru di pagi hari mencari lokasi ujian dan menyebabkan konsentrasi Anda terganggu.

Selesai buang air besar dan buang air kecil sebelum tes

Hal sialan ini menyebalkan. Dia datang tanpa diundang, sering kali pada waktu yang salah. Pastikan Anda memiliki usus dan kandung kemih sebelum menghadapi ujian. Jika Anda adalah tipe orang yang suka sakit perut mendadak, sebaiknya selesaikan ini di rumah sebelum berangkat.

Datang minimal 1 jam sebelum ujian dimulai

Anda tidak pernah tahu bagaimana kondisi jalan saat menghadapi ujian CPNS nanti. Persiapkan diri Anda dengan berangkat lebih awal agar terhindar dari kemacetan atau hal-hal mengganggu lainnya.

Apakah Ada Cara Cepat Untuk Menjadi PNS?

ADA! Pemerintah memberikan beberapa opsi selain seleksi terbuka dalam rekrutmen CPNS. Tentu ada juga syarat yang harus dilalui.

Ikut serta dalam program khusus yang dibuat oleh pemerintah

Ada beberapa program yang dibuka khusus dan diperuntukan bagi rekrutmen CPNS. Ada banyak nama yang pernah terdengar di telinga kita seperti Pengabdian di Daerah Terluar, Guru Garis Depan, Nusantara Sehat, dll.

Ada kemungkinan orang yang sudah terlibat dalam program ini akan diangkat menjadi CPNS oleh lembaga pelaksana. Tentunya dengan berbagai konsekuensi, misalnya siap ditempatkan di daerah terluar bahkan terpencil.

Menghadiri Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Dengan bersekolah di sekolah resmi, insya Allah bisa menjadi PNS melalui jalan pintas. Setelah lulus, Anda tinggal menyiapkan isian dan menunggu SK CPNS keluar. Namun, tidak mudah untuk belajar di sini. Anda harus siap bersaing dengan puluhan ribu orang lain untuk masuk. Lain kali, saya akan membahas lebih banyak perguruan tinggi resmi.

Jalur Prestasi

Ada beberapa agensi yang menyediakan rekrutmen melalui merit. Misalnya atlet juara yang direkrut langsung menjadi TNI/Polri. Atau siswa berprestasi yang diberikan jalur khusus untuk mengikuti CPNS. Bagi Anda yang memang sangat berprestasi di bidang akademik atau olahraga, jalur ini bisa dicoba. Namun, rekrutmen ini tidak serta merta dibuka setiap tahun.

Satu hal yang ingin saya tekankan, jangan pernah berpikir untuk melakukan hal-hal tidak masuk akal yang dikatakan membantu Anda menjadi PNS. Misalnya lewat calo, titip orang berkuasa, dll. Lupakan saja. Banyak korban telah dimakan oleh para penjahat ini. Lagi pula, Anda ingin penghasilan yang Anda dapatkan menjadi berkah, bukan? Demikian artikel tentang tips penting untuk lulus ujian CPNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update