Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tips Sukses Seleksi CPNS

Senin, 07 Juni 2021 | Juni 07, 2021 WIB Last Updated 2021-06-07T01:55:10Z

 

Tips Sukses Seleksi CPNS

CPNS- Tips sukses seleksi pns agar lulus, biasanya dalam jangka waktu tertentu, pemerintah membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Misalnya pada 2017, 2019, dan 2021 nanti. Meski tidak sepopuler dulu, pembukaan pendaftaran seleksi CPNS masih menarik perhatian beberapa pihak. Termasuk yang baru lulus atau anda yang sudah lama bekerja dan ingin mendapatkan kesempatan bekerja sebagai PNS.

Pekerjaan PNS masih dianggap seksi oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, sehingga peminatnya selalu banyak. Bahkan orang yang pernah bekerja di perusahaan besar pun bersedia mengikutinya. Buat kamu yang mungkin tertarik untuk mendaftar seleksi CPNS, simak tips yang sudah tim Talenta siapkan di bawah ini agar kamu bisa sukses dan lancar melewati semua tahapan seleksinya.

Tips Sukses Seleksi CPNS
Tips Sukses Seleksi CPNS

Tips Sukses Seleksi CPNS

1.       Baca dengan cermat setiap aturan dan persyaratan

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan untuk suksesnya seleksi CPNS Periode II adalah jangan malas dan selalu berhati-hati dalam membaca setiap aturan dan persyaratan. Perhatikan apakah ada persyaratan khusus, seperti pendidikan minimal atau kemampuan khusus lainnya.

Perhatikan juga persyaratan pendidikan minimal hingga persyaratan berkas yang perlu Anda persiapkan agar tim seleksi CPNS Periode II melirik Anda. Meski terlihat sepele, jika salah membaca syarat maka peluang untuk bisa lolos tahap seleksi akan semakin kecil.

2. Anda perlu menyiapkan berbagai file dan surat penting

Jika Anda telah memperhatikan berbagai persyaratan, maka pastikan Anda telah menyiapkan semua file dan surat penting. Ya, dari tahun ke tahun tes CPNS memang mengharuskan peserta untuk melengkapi berkas dan surat penting seperti SKCK, ijazah yang dilegalisir dan berkas lainnya.

Pastikan Anda mengurus file sebelumnya. Karena pada dasarnya mengurus surat-surat penting seperti legalisasi ijazah tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari. Ingat, file yang tidak lengkap dapat mengurangi peluang Anda untuk melewati tahap administrasi.

3. Pelajari semua pelajaran selama sekolah

Jika kedua langkah di atas sudah Anda lakukan, maka bisa dipastikan Anda telah melewati tahap administrasi. Selanjutnya Anda akan menghadapi tes awal atau yang dikenal dengan CAT. Tes ini mungkin terdengar mudah, tetapi jangan pernah dianggap remeh.

Untuk melewati tahap ini, Anda harus mempersiapkan berbagai mata pelajaran yang Anda pelajari di sekolah, seperti Matematika hingga masalah hukum. Baca juga berita terbaru untuk tetap update dengan masalah terbaru yang biasanya juga akan muncul di soal tes CAT.

4. Ikuti langkah-langkah psikotes dengan baik dan jujur

Jika Anda telah lulus tahap tes CAT, maka Anda dapat mempersiapkan diri untuk tes psikologi. Tidak bisa dipungkiri banyak calon pegawai negeri sipil yang gagal dalam ujian ini. Alih-alih menyiapkan jawaban, dalam tes ini Anda diminta untuk jujur.

Hindari menyontek agar jawaban sesuai dengan situasi Anda. Alih-alih menyiapkan jawaban yang benar, ada baiknya Anda mempersiapkan kesehatan Anda dengan lebih baik. Karena tes psikologi biasanya menguras lebih banyak energi.

5. Saat tahap wawancara kamu juga harus percaya diri

Administrasi sudah selesai, tes CAT lolos bahkan tes psikologi bisa lulus, jadi sudah saatnya Anda mempersiapkan diri untuk wawancara. Daripada merasa minder, tanamkan rasa percaya diri saat menghadapi tahapan ini. Caranya adalah dengan banyak melakukan explore Ministry yang akan Anda tuju atau setidaknya Anda sudah mengetahui apa tugas dari posisi yang Anda lamar. karena pada tahap wawancara ini, Anda juga akan ditanya tentang fungsi dan tugas dari posisi yang Anda lamar.

Pentingnya memeriksa lokasi ujian sehari sebelumnya?

6. Pastikan Anda memeriksa lokasi ujian sehari sebelumnya

Ini memang terdengar sepele. Namun pada dasarnya, mengetahui lokasi sebelum tes dilakukan itu penting agar Anda tidak gagap saat akan melakukan tes. Selain itu, dengan mengetahui lokasi tes terlebih dahulu Anda dapat mengetahui rute tercepat menuju lokasi sehingga Anda dapat memperkirakan waktu dengan lebih baik. Ketenangan mental memungkinkan Anda menghadapi tahap wawancara dengan baik. Jawaban dapat diberikan dengan lancar dan kemungkinan lulus akan lebih tinggi.

7. Jaga kebugaran Anda mulai sekarang

Tak sedikit formasi yang dibuka membutuhkan tubuh yang bugar dan sehat. Bahkan di akhir tahapan, terkadang akan dilakukan tes kesehatan untuk mengukur seberapa fit dan siap tubuh Anda untuk menjadi PNS. Untuk itu, sisa waktu persiapkan tubuh Anda dengan sebaik-baiknya. Rajin berolahraga, setidaknya lari beberapa kilometer di pagi hari.

Tubuh yang bugar juga membuat Anda lebih siap menghadapi CPNS merupakan blog HR dan payroll yang dikelola secara profesional oleh Talenta, sebuah penyedia layanan perangkat lunak HRIS di Indonesia. Talenta sendiri telah dipercaya oleh banyak industri untuk mengelola karyawan mulai dari manajemen jam kerja hingga perhitungan penggajian terotomatisasi.

Apa itu Seleksi Administrasi CPNS?

Seleksi administrasi merupakan tahap awal rekrutmen CPNS.

Umumnya, peserta tes mengumpulkan dokumen administrasi secara tidak lengkap. Sebenarnya, tahap seleksi ini dapat dilalui dengan mudah. Namun, tidak boleh diremehkan pula. Jika Anda merupakan yang pertama secara teratur dan sering mengelola berkas-berkas pribadi secara apik, tentu akan mudah dalam menghadapi tahap seleksi administrasi. Jadi, pastikan Anda menyimpan semua dokumen penting pada tempat yang aman dan teratur.

BEBERAPA TIPS LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI CPNS:

1. Persiapkan Segala Dokumen secara Lengkap

Jangan sampai ada jumlah dokumen yang tertinggal. Sebisa mungkin, sertakanlah dokumen pribadi yang terbaru. Lalu, pastikan dokumen yang diberikan masih berlaku dan dapat dibuktikan kebenarannya.

2. Susun Secara Rapi Sesuai Urutan yang Diminta

Jika pihak instansi penerimaan CPNS (BKN) juga meminta dokumen pendukung lainnya, sertakanlah juga.

3. Seluruh Informasi Lamaran dengan Jujur dan Sebenar-benarnya

Dalam melamar CPNS, sajikan informasi terkait CPNS yang dibutuhkan dengan benar. Setiap mengejar CPNS tidak diizinkan untuk melakukan pemalsuan data-data tertentu. Jika Anda menemukan tangan melakukan pemalsuan data, maka dapat menyebabkan kegagalan seleksi administrasi.

4. Sertakan Foto Anda yang Terkini

Pasalnya, Anda tentu tidak mungkin bisa berfoto saat masih berada di bangku sekolah untuk melamar kerja. Anda menyertakan foto penampilan terbaru. Foto peserta CPNS yang dilampirkan dalam berkas administrasi tidak sesuai dengan orang yang Dituduhkan, tentu akan menimbulkan kecurigaan.

5. Pindai (Scan) Seluruh Dokumen Secara Jelas

Agar seleksi seleksi administrasi, Anda perlu menyertakan seluruh dokumen secara jelas dan dibacakan dengan baik. Jika ada dokumen yang tidak terbaca, maka pihak rekrutmen akan kesulitan untuk mengidentifikasi isi informasi yang tertera.

Hasilnya, Anda dapat dinyatakan tidak lolos dalam tahap seleksi administrasi. Seleksi CPNS memang tidak mudah. Ada banyak regulasi dan sistem yang harus diperhatikan termasuk administrasi seleksi rasi. Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan semakin besarnya peluang lolos ke tahap selanjutnya. Semoga berhasil menjalani CPNS. Demikian penjelasan dari saya tentang CPNS semoga bermanfaat, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update