Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Semut Koloni yang Besar Dengan Kerjasama yang Luar Biasa

Selasa, 01 Juni 2021 | Juni 01, 2021 WIB Last Updated 2021-06-01T05:28:03Z

 Semut Koloni yang Besar Dengan Kerjasama yang Luar Biasa

rumahkabar.com - Semut merupakan sejenis serangga yang hidup secara berkoloni yang membentuk satu kesatuan (superorganisme) atau dikenal juga dengan istilah serangga sosial. Kemampuan semut sangatlah luar biasa, meskipun ukuran tubuh yang relatif kecil, semut mampu menopang beban berat lima puluh kali dari berat badanya sendiri, mengalahkan gajah yang hanya mampu menopan 2 kali berat badanya. semut dinobatkan menjadi hewan terkuat di dunia, Semut juga dijuluki sebagai arsitek tanpa gelar, sarang semut yang terstruktur dan rapi memiliki desain arsitektur yang sangat aestetik hingga membuat takjub dan tidak bida dicerna akal sehat manusia.

rumahkabar.com
Sumber : Freepick.com

Jumlah spesies semut diseluruh dunia sekitar 13.000 spesies semut dengan ukuran yang beragam mulai dari ukuran yang kurang dari 1 mm sampai 30 mm. Jenis spesies semut yang sering kita jumpai yaitu Semut hantu (semut gula). Dengan tampilan kepala berwarna hitam dan perut bewarna bening berukuran kira-kira 2,5-15 mm. semut gula sering kita jumpai ditempat yang sedikit lembab, semut gula menyukai makanan yang manis, namun dia enggan tertarik dengan senyumanmu karena manisnya penuh dusta meninggalkan luka.

Koloni semut dibagi menjadi 4 yaitu semut pekerja, semut tentara, semut pejantan, dan ratu semut. Tugas dari keempatnya berbeda-beda. Berikut ini rumahkabar.com akan memberikan pengetahuan tugas-tugas dari ke-empatnya.

1. Semut Pekerja

Semut pekerja - bertugas mengumpulkan makanan dan membuat sarang, semut pekerja menempati kasta yang paling bawah namun dia tidak pernah merasa iri, semut pekerja bekerja dengan ikhlas untuk menjaga keberlangsungan koloninya.

2. Semut Tentara

Semut tentara - memiliki tugas yang cukup berat yaitu menjaga koloninya dari bahaya, semut tentara memiliki badan yang lebih besar dari pada semut pekerja, walaupun begitu semut tentara tidak sombong dan tidak pernah membuli semut pekerja. Semut tentara juga tidak pernah mundur dalam tugasnya, semut tentara rela dengan gagah berani dan bertaruh nyawa demi melindungi koloninya.

3. Semut Penjantan

Semut penjantan - bertugas untuk membuahi ratu semut. Namun sialnya semut pejantan melakukan prosesi pembuahan semut pejantan akan mati. Di sisi lain, sang ratu semut akan memutuskan sayap dan pindah ke lain koloni. Dibalik tugas dari semut pejantan ada kisah sedih yang terselip. Penjantan rela mati demi keturunanya dan dengan mudah sang ratu pindah ke lain hati untuk membesarkan koloni lain.

4. Ratu Semut 

Ratu semut - mempunyai tugas yang sangat mulia yaitu bertelur untuk menjaga populasi koloninya. Pada saat prosesi pembuahan , pejantan memasukkan alat reproduksinya yang disebut aedeagus ke dalam saluran reproduksi betina untuk menyimpan sperma dari semut pejantan. Sperma yang tersimpan, dapat diproses kembali dengan jangka waktu yang relatif lama. Sang ratu akan menyimpan sperma tersebut dan memprosesnya menjadi telur sampai sisa umurnya, kondisi ini memungkinkan ratu semut bertelur beberapa kali tanpa adanya pembuahan kali kedua.

 

rumahkabar.com - Keberagaman spesies semut dengan jumlah koloni yang besar, tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda masih bisa hidup secara berdampingan dengan harmonis, bekerjasama tanpa adanya iri dan dengki. Semoga dengan ulasan diatas dapat menambah pengetahuan dan sedikit memberi hiburan untuk mengisi waktu luang kalian.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update