Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jenis-Jenis Semut yang Sangat Dikenal Manusia

Selasa, 01 Juni 2021 | Juni 01, 2021 WIB Last Updated 2021-06-01T05:31:11Z

 

Jenis-Jenis Semut yang Sangat Dikenal Manusia

rumahkabar.com – Serangga pada umumnya adalah hewan yang tubuhnya dibagi atas 3 bagian yaitu kepala, thorax abdomen. Serangga memiliki spesies yang sangat beragam, jumlah spesies serangga diseluruh dunia diperkirakan sekitar enam hingga sepuluh juta dan memilik potensi mewakili  bentuk kehidupan hewan yang berbeda beda dengan presentase lebih dari 90%. Serangga hampir dapat ditemukan di semua lingkungan meski ada juga yang hidup dilautan. Salah satu serangga yang umum sekali dikehidupan kita adalah semut. Hampir disetiap sudut ruangan kita dapat menemukan serangga tersebut. Kali ini rumahkabar.com akan berbagi ulasan tentang jenis semut yang sangat dikenal oleh manusia.

rumahkabar.com
rumahkabar.com

Beberapa jenis semut yang sangat dikenal oleh manusia karena berada dekat disekitaran manusia, antara lain :

1. Semut Hitam

semut hitam yang mempunyai nama lain (ochetellus) merupakan jenis semut yang pertama akan kita bahas, semut hitam memiliki karakteristik warna tubuh hitam mengkilap dengan panjang sekitar 2,5 hingga 3 mm. siklus hidup semut hitam berawal dari larva yang kemudian menetas keluar dari telurnya, baby semut hitam tidak langsng berwarna hitam mula-mula semut hitam yang baru menetas memiliki warna tubuh putih dengan kepala yang besar atau biasa disebut lundi.

rumahkabar.com

Lama proses tahapan dari telur kemudian menetas menjadi larva hingga mencapai semut dewasa memakan waktu 6 minggu, bisa juga lebih tergantung pada berbagai faktor seperti suhu, ketersediaan makanan, dan spesies semut. Telur yang dibuahi akan menetas menjadi semut betina, dan yang tidak dalam kondisi baik akan menjadi semut jantan. Semut hitam dapat kita temui disekitaran rumah biasanya semut hitam sering mencuri makanan pada wadah yang tidak tertutup dengan aman.

2. Semut Merah
rumahkabar.com

Semut merah banyak hidup di tanah atau dekat akar pohon berukuran besar, Tetapi adakalanya dapat kita jumpai didalam rumah. Karakteristik semut merah memiliki tampilan tubuh dan kepala bewarna merah kecoklatan dengan ukutran badan yang lumayan kecil sekitar 5 mm.  

3. Semut Api

rumahkabar.com

Semut api atau nama latinya solenopsis spp memiliki karakteristik tampilan dengan tubuh dan kepala berwarna tembaga kecoklatan. Panjang ukuran semut api kurang lebih sekitar 5-8 cm untuk ukuran semut api ratu, semut ratu juga memiliki sayap dipunggungnya, dan 1.4 – 1.8 cm untuk ukuran semut pekerja. semut api memiliki gigitan yang dapat menimbulkan rasa nyeri, gatal, panas seperti terbakar hingga lepuh di kulit. Semut api biasanya hidup dibawah tanah dengan lubang kecil sebagai pintu masuk dan keluar dengan gundukan tanah yang berada disekitar lubang tersebut sebagai pertahanan serangan dari luar.

4. Semut Rangrang

Semut Rangrang dengan nama latin Oecophylla adalah serangga yang dapat kita jumpai pada pepohonan di sekitar kita seperti mangga, nangka, dan lain-lain. Semut rangrang memiliki karakteristik badan dan kepala bewarna coklat terang dengan ukuran tubuh bersikar 7 mm. semut rangrang hidup dipohon memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Dengan memanfaatkan kegalakan dari semut rangrang yang memiliki sifat teritorial (memiliki daerah kekuasaan) mereka dengan gagah berani menjaga daerah kekuasaanya dari gangguan dan tidak segan untuk menyerang jika mereka merasa terganggu dengan kehadiran makhluk lain, sehingga keuntungan yang didapat dari pohon tersebut tidak ada hama yang berani menggangunya.

rumahkabar.com

Semut rangrang juga dikenal sebagai semut penganyam dengan keahlian menganyamnya untuk dijadikan sarang diantara daun dan ranting sebagai tempat tinggal dan berkembang biak. Telur dari semut rangrang (kroto) biasanya digunakan untuk memberi makan burung kicau.

 

rumahkabar.com – jenis-jenis semut sangat beragam itu tadi jenis semut beberapa jenis semut yang sangat dikenal oleh manusia karena hidup bersama-sama dengan manusia. Semoga dengan ulasan diatas dapat menambah pengetahuan dan sedikit memberi hiburan untuk mengisi waktu luang kalian.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update