Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pelajaran Berharga yang Bisa Kalian Ambil dari Semut

Selasa, 01 Juni 2021 | Juni 01, 2021 WIB Last Updated 2021-06-01T05:32:47Z

 Pelajaran Berharga yang Bisa Kalian Ambil dari Semut

rumahkabar.com - Semut merupakan serangga yang dekat dengan kita, memiliki bentuk tubuh yang kecil dan terbagi menjadi 3 bagian dengan warna dominan coklat, merah atau hitam bergantung spesiesnya, Hidup secara berkoloni membuat kita mudah menemukanya, apalagi jika mendapati sesuatu yang bersifat manis Semut akan langsng dengan cepat mengerubungi.

rumahkabar.com
Sumber : Freepick.com

Dibalik tubuh yang kecil, Semut ini banyak memberikan pelajaran berharga bagi kita. Bahkan, nabi sulaiman sangat menghormati keberadaan serangga mungil ini. Dalam firman allah menceritakan pengalaman nabi sulaiman dengan serangga ini. Dijelaskan dalam Qur’an Surat An-Naml : 18-19, yang berbunyi

 

Seonimal
rumahkabar.com

“Hingga apabila mereka sampai di lembah Semut berkatalah seekor Semut : Hai Semut-Semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”

seonimal
rumahkabar.com

“Maka Sulaiman tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan Semut itu. Ia pun berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.  (QS An-Naml : 18-19).

Sebagai bahan pelajaran rumahkabar.com akan berbagi Pelajaran Berharga yang Bisa Kalian Ambil dari Semut, berikut rinciannya :

1.  Senantiasa bersyukur dan Qona’ah

Satu koloni Semut terdiri dari Semut pekerja, Semut tentara, Semut pejantan, dan ratu Semut. Masing-masing dari itu memiliki tugas yang berbeda-beda namun dari perbedaan itu Semut senantiasa beryukur dan qona’ah menerima apa yang sudah ditakdirkan peranya hidup didunia.

 

2.  Selalu Bekerja Sama, Gotong Royong

Ringan dijinjin, berat sama dipikul peribahasa yang cocok untuk menggambarkan keharmonisan dari serangga satu ini. Semut saling menanggung susah dan senangnya secara bersama-sama.

 

3.  Don’t Just Book by I’ts Cover

Dibalik tubuh mungil Semut menyimpan kekuatan yang sangat besar didalamnya, Semut dapat mengangkat beban 50 kali lipat dari beratnya sendiri, jika disetarakan dengan manusia beban berat yang diangkat sekitar 60 ton. Gajah pun kalah dibuatnya, gajah hanya mampu mengangkat 2x dari berat badanya. Jadi jangan selalu fokus terhadap kekurangan seseorang karena terdapat sesuatu yang tersembunyi yang tidak kita ketahui.

 

4.   Rela Berkoran demi Kepentingan Bersama

Semut merupakan hewan yang mempunyai jiwa sosial yang sangat tinggi Semut pekerja menghabiskan seluruh hidupnya untuk kelangsungan koloninya, Semut pekerja membuat sarang dan mencari makanan. Semua itu demi koloninya

Semut tentara rela berkorban nyawa demi melindungi sarangnya dari serangan bahaya dari luar hal ini dilakukan demi koloninya. Semut pejantan akan mati setelah membuahi ratu Semut. Ratu Semut menghabiskan hidupnya untuk bertelur demi menjaga polulasinya. Sehebat itu Semut berkorban demi sesamanya. 

5.  Bertanggung Jawab dalam Pekerjaanya

Semut dalam menjalankan tugasnya tidak pernah sedikitpun berdusta, qona’ah menerima tugasnya, ikhlas dan menyelesaikanya dengan rapi. Hebat sekali Semut dalam bertanggungjawab sekelas pemimpin pun kalah telak dengan Semut, banyak pemimpin yang luput dari tugas dan tanggungjawabnya.

rumahkabar.com – Berikut ulasan tentang Pelajaran Berharga yang Bisa Kalian Ambil dari Semut. Semoga dengan ulasan diatas dapat menambah pengetahuan dan sedikit memberi hiburan untuk mengisi waktu luang kalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update