Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Perlu Anda Tahu Fakta Tentang Semut Kayu

Selasa, 01 Juni 2021 | Juni 01, 2021 WIB Last Updated 2021-06-01T05:33:44Z

 

Perlu Anda Tahu Fakta Tentang Semut Kayu

Perlu Anda Tahu Fakta Tentang Semut Kayu merupakan anggota keluarga semut perusak kayu. Meskipun mereka tidak makan kayu, mereka membuat terowongan ke dalamnya untuk membuat sarang. Semut kayu sering disalahartikan sebagai rayap karena mereka juga merusak kayu di rumah Anda. Baik semut kayu maupun rayap memiliki semut reproduktif bersayap dengan sayap.

Semut bersayap ini merupakan tanda bahwa koloninya sedang berkembang. Semut bisa berwarna merah dan hitam, tetapi biasanya berukuran lebih besar dari semut lainnya. Koloni semut kayu dapat berisi sebanyak 3000-4000 semut serangga sosial yang hidup bersama dalam koloni besar. Seperti lebah dan rayap, serangga ini memiliki jantan, ratu, dan pekerja.

Semut kayu memakan serangga lain dan berbagai makanan manusia. Mereka mencari makan hingga beberapa ratus kaki. Awalnya, sarang semut kayu ada di pohon, tumpukan kayu, atau di tanah. Ketika ukuran koloni bertambah atau sarang saat ini menjadi tidak cocok, mereka akan bermigrasi. Tergantung di mana mereka menemukan kondisi kelembapan yang ideal, mereka mungkin membangun sarang lain di pohon lain, tumpukan kayu, atau di rumah Anda.

rumahkabar.com
rumahkabar.com

Kebanyakan orang tidak akan menganggap semut kayu begitu menarik, tetapi hama kecil ini bisa sangat menarik! Tentu saja, mempelajari semut kayu dan menempatkannya di rumah adalah dua hal yang berbeda. Semut kayu bersifat merusak dan akan menggali melalui kayu untuk membuat terowongan dan sarang. Hama ini lebih menyukai kayu yang lembap dan berlubang tetapi juga tidak akan ragu untuk menggali melalui kayu kering.

Semut Kayu Mengunyah Kayu Tapi Tidak Memakannya

Semut kayu terkadang dibandingkan dengan rayap karena sama-sama mengunyah kayu. Perbedaannya adalah rayap memakan kayu dan semut kayu tidak. Sebaliknya, mereka mengunyahnya dan memuntahkannya. Meskipun semut besar ini tidak mengonsumsi kayu, mereka menjadi ancaman bagi balok struktural dan bangunan kayu lainnya. Untungnya, semut kayu biasanya menempel pada kayu yang lembap dan membusuk seperti batang pohon tua.

Semut Kayu Adalah Makhluk yang Sangat Bersih

Percaya atau tidak, semut kayu sangat rapi dan bersih. Mereka menyingkirkan makanan yang membusuk dan semut yang mati dari sarangnya dan juga membuat disinfektan sendiri. Semut bekerja sama untuk mengumpulkan resin yang kemudian digunakan untuk mendisinfeksi sarang secara kimiawi.

Apa yang Perlu Anda Tahu Fakta Tentang Semut Kayu?

Semut Kayu Sulit Disingkirkan

Tidak mudah untuk membasmi semut kayu sepenuhnya. Satu ratu bisa hidup hingga 25 tahun! Selama ini, ratu dapat membangun banyak koloni satelit dan menghasilkan ribuan bayi. Beberapa bayi akan tumbuh dari pekerja menjadi ratu di koloni mereka sendiri. Untuk mencegah semut kayu mengambil alih, tindakan pengendalian hama sangat penting.

Semut Kayu Akan Menggigit Dalam Pertahanan

Jika sarangnya terganggu, semut kayu tidak akan ragu untuk mempertahankan diri. Karena ukurannya yang besar, gigitannya bisa sangat menyakitkan. Hama ini tidak hanya menggigit, tetapi juga dapat menyemprotkan bahan kimia pertahanan ke dalam luka. Bahan kimia ini, yang disebut asam format, digunakan untuk meningkatkan rasa sakit saat melawan serangga lain.

Beberapa Semut Kayu Meledakkan Diri

Beberapa spesies semut kayu memiliki kelenjar rahang bawah yang membesar hingga mencapai gaster. Saat diganggu, semut dengan sengaja akan memecahkan selaput gaster. Sekresi yang dikeluarkan mengandung bahan kimia yang melemahkan penyerang dan membunuh semut sehingga sarangnya bisa terselamatkan. Pada akhirnya, keduanya mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update