Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Fakta Menarik Tentang Semut Perlu Anda Ketahui

Selasa, 01 Juni 2021 | Juni 01, 2021 WIB Last Updated 2021-06-01T05:33:13Z

 Fakta Menarik Tentang Semut Perlu Anda Ketahui

Fakta Menarik Tentang Semut Perlu Anda Ketahui meskipun ada beberapa yang bergerak di bidang pemusnahan semut. Hampir semua orang pernah mengalami tamu rumah tak diundang ini, semut ! Semut ditemukan di setiap benua di Bumi, semut dianggap sebagai hama pengganggu nomor 1 di Amerika.

rumahkabar.com
rumahkabar.com

Ada lebih dari 700 jenis semut dan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa hama ini juga dapat menimbulkan risiko kesehatan. Seperti kontaminasi makanan dan beberapa spesies dapat menyebabkan kerusakan properti yang merugikan. Meski tidak ada yang mau melihat semut di rumahnya, serangga ini cukup mempesona. Ingatlah fakta-fakta menyenangkan ini saat Anda melihat salah satu makhluk kecil ini di lain waktu.

Semut

Semut benar-benar tua dan para ilmuwan yakin semut telah ada selama jutaan tahun. Artinya, semut berbagi planet dengan dinosaurus seperti Tyrannosaurus Rex, Triceratops, dan Velociraptor. Meskipun ukurannya kecil, semut selamat dari kepunahan massal yang membunuh dinosaurus dan zaman es.

Semut memiliki dua perut

Sulit dipercaya bahwa makhluk sekecil itu membutuhkan dua perut, tetapi ada tujuannya. Semut memiliki satu perut untuk menampung dan mengonsumsi makanannya sendiri. Sedangkan perut lainnya untuk menampung makanan yang mereka bagi dengan semut lain. Hal ini memungkinkan semut yang mencari makanan untuk memberi makan semut yang tersisa di sarang untuk merawat ratu.

Semut tidak memiliki telinga

Meskipun semut tidak memiliki telinga, mereka masih dapat “mendengar” dengan cara lain. Semut merasakan getaran di tanah dan menggunakan sensor khusus di kaki dan lututnya untuk menerima sinyal dari lingkungannya. Saat mereka mencari makan, mereka menggunakan antena dan rambut di tubuh mereka untuk merasakan sekeliling.

Semut sangat kuat

Semut memiliki kekuatan super dan bisa mengangkat antara 10-50 kali berat badannya sendiri. Jika manusia dapat mengangkat 10 kali beratnya, seorang pria seberat 200 pon dapat mengangkat sebuah mobil kecil di atas kepalanya. Meskipun semut berukuran kecil, otot mereka lebih tebal jika dibandingkan dengan massa tubuh dibandingkan dengan hewan yang lebih besar.

Semut tidak memiliki paru-paru

Karena ukurannya yang kecil, semut tidak memiliki ruang untuk mengakomodasi sistem pernapasan yang rumit seperti kita. Sebaliknya, mereka memiliki metode respirasi sendiri untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mereka.

Apa Saja Fakta Menarik ada Pada Semut?

Bagaimana semut bernapas?

Semut mengambil oksigen melalui spirakel yang merupakan rangkaian lubang yang terletak di sisi tubuh mereka. Spirakel dihubungkan melalui jaringan tabung yang membantu mendistribusikan oksigen ke setiap sel di tubuh mereka. Gerakan semut membantu oksigen mengalir melalui tabung, dengan CO2 yang dilepaskan keluar melalui tabung tersebut juga.

Mereka bisa berenang

Tapi tidak semua semut bisa berenang, semuanya tergantung spesiesnya. Semut belum menguasai gaya dada atau gaya kupu-kupu. Namun, mereka mampu bertahan hidup di air dan juga bisa mengapung dalam jangka waktu yang lama. Semut adalah penyintas yang luar biasa yang mampu menahan nafas di bawah air dalam jangka waktu lama, mereka juga akan membangun sekoci sehingga bisa bertahan dari banjir.

Beberapa spesies aseksual

Alih-alih mengikuti jalur reproduksi tradisional, beberapa spesies telah berkembang biak melalui kloning. Dilaporkan bahwa semut ratu menggandakan diri untuk menghasilkan anak perempuan secara genetic yang menghasilkan koloni tanpa jantan. Itulah beberapa fakta menarik dari semut yang anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update