UKM PIB UNIVERSITAS SEMARANG GELAR EDUKASI MITIGASI BENCANA SEBAGAI WUJUD BELA NEGARA - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 12 Maret 2023

UKM PIB UNIVERSITAS SEMARANG GELAR EDUKASI MITIGASI BENCANA SEBAGAI WUJUD BELA NEGARA

 


RumahKabar.com-Edukasi mitigasi bencana menjadi sangat penting dilakukan oleh pihak terkait (pemerintah, Lembaga Pendidikan, organisasi sosial keagamaan, partai politik, LSM, dan sebagainya) untuk menumbuhkan kesadaran dan kesiapsiagaaan warga bangsa dalam menghadapi bencana.

 

Seperti halnya, Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB) Universitas Semarang (USM) menggelar acara Wawasan Kebangsaan Pancasila, dengan tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa Dalam Mitigasi Bencana Sebagai Wujud Bela Negara” di Auditorium Ir Widjatmoko USM, Kamis (9/3/2023).

 

Dalam acara wawasan kebangsaan ini dihadiri oleh ribuan Mahasiswa dan dua narasumber diantaranya, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian BPBD Kota Semarang, Dr Arif Widi Fatoni SH MH, serta Dosen Fakultas Hukum USM sekaligus Pembina UKM PIB USM, Dr Tri Mulyani SPd SH MH.

 

Yunika Rosari, Selaku ketua umum mengatakan, tujuan dari kegiatan ini melalui UKM Pengawal Ideologi Bangsa diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dan bekal awal, untuk mengurangi tingkat resiko bencana dilingkungan kampus maupun masyarakat, sebagai wujud implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam aksi Bela Negara dalam mendukung ketangguhan Bangsa.

 

“Untuk itu, guna mencegah bencana kembali terjadi yang menelan banyak korban dan kerugian, diharapkan adanya sikap responsif yang tangguh bencana, meliputi keluarga-keluarga tangguh bencana, dan masyarakat Indonesia yang siap dan tangguh dalam menghadapi bencana,”terangnya.

 

Lanjut, Yunika menambahkan dimasa mendatang, ancaman bencana akan semakin meningkat pastinya akan meningkatnya kerentanan, untuk itu Mahasiswa bisa berperan dalam sikap tanggap bersama BPBD.

 

“Bela negara dalam lingkungan bisa dilakukan dengan hal aktif dalam kegiatan masyarakat, rela berkorban untuk kepentingan masyarakat dan saling gotong royong serta melakukan sosialisasi dan penyuluhan atau kegiatan seperi yang kita laksanakan pada hari ini yang mana membawa hal positif kepada rekan rekan semua,”imbuhnya.

 

Sementara, Pembina UKM PIB USM, Dr Tri Mulyani SPd SH MH dalam materinya menerangkan, serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana sudah dijelaskan dalam nilai Pancasila dalam penanggulangan bencana Terlegitimasi dalam UU Nomor 24 Tahun 2007.

 

“Sehingga Implementasinya membutuhkan peran dari pemerintah dan keikutsertaan seluruh lapisan masyarakat,”tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad