BKBH FH USM – KANWILKUMHAM SELENGGARAKAN PROGRAM “BPHN MENGASUH” DI SMK N 2 SEMARANG - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 21 Maret 2023

BKBH FH USM – KANWILKUMHAM SELENGGARAKAN PROGRAM “BPHN MENGASUH” DI SMK N 2 SEMARANG


RumahKabar.com, Semarang-Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Semarang (BKBH FH USM)  bekerjasama dengan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan penyuluhan hukum bagi Peserta Didik SMK Negeri 2 Semarang Provinsi Jawa Tengah. Senin (20/3/2023)


Penyuluhan Hukum dilaksanakan dengan mengangkat tema “Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Bullying Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila”. Penyuluhan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Semarang. Acara ini diikuti oleh 30 Peserta didik, dan dibuka dengan khidmad oleh Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Semarang Bapak Heru Septiadi. Acara ini berlangsung mulai dari pukul 10.00 WIB hingga selesai.


Penyuluhan ini dilakukan atas permohonan pihak Biro Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Semarang dalam rangka melaksanakan Program “BPHN Mengasuh” yang bekerjasama dengan Kanwilkumham Provinsi Jawa Tengah, tertanggal 17 Maret 2023. Program ini diilhami maraknya fenomena kasus anak di bawah umur yang melakukan berbagai macam tindak pidana, salah satunya yang sangat berbahaya adalah bullying, Guna memberikan pencerahan hukum bagi peserta didik agar memiliki kesadaran hukum, maka diselenggarakan penyuluhan hukum yang dikemas dalam program BPHN Mengasuh.


Narasumber pertama Dr Subaidah Ratna Juita  SH MH mengupas tuntas tentang bullying, mulai dari dasar hukumnya, faktor-faktor penyebab bullying, hingga akibat tindak pidana bullying. Anak merupakan generasi penurus bangsa, sehingga harus dijaga dan dilindungi dari bullying. Jangan sampai menjadi pelaku, turut serta melakukan, maupun menjadi korban. Ungkap Dr Subaidah Ratna Juita  SH MH


Berkenan hadir pula Ketua BKBH FH USM Dr Tri Mulyani, SPd SH MH yang memberikan  materi dan membahas mengenai pelanggaran Bullying terhadap nilai-nilai Pancasila dan solusi yang seharusnya dilakukan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila. Sesungguhnya apabila kita memahami betul dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan baik dan benar di manapun kita berada, maka permasalahan Bullying sudah selesai. Ungkap Dr Tri Mulyani, SPd SH MH.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad