OPTIMALKAN POTENSI AREN, MAHASISWA KKN TANJUNG 1 LAKUKAN PENYULUHAN DAN PENANAMAN BIBIT AREN - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 02 Februari 2023

OPTIMALKAN POTENSI AREN, MAHASISWA KKN TANJUNG 1 LAKUKAN PENYULUHAN DAN PENANAMAN BIBIT AREN

Penanaman Aren Mahasiswa KKN UNISNU Jepara Angkatan XIV


RumahKabar.com - Mahasiswa KKN UNISNU Jepara Angkatan XIV yang diterjukan pada (19/1) telah ditempatkan di berbagai desa baik dalam maupun luar kota jepara. Salah satunya tim kelompok KKN Tanjung 1 yang beranggotakan 15 orang, menggandeng mitra petani aren di Desa Tanjung, terbagi dalam dua dukuh yakni Dukuh Gronggong dan Dukuh Jabung, Tanjung, Pakis Aji, Jepara. Terfokus pada optimalisasi aren atau Arenga Pinnata yang serbaguna memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk agroindustri yang mampu meningkatkan perekonomian. Upaya yang dilakukan yakni penyuluhan manfaat pohon aren yang dapat diolah menjadi berbagai produk agroindustri dan penanaman bibit aren.


Penyuluhan terkait pemanfaatan aren sebagai pohon sejuta manfaat dilakukan oleh tim mahasiswa dengan maksud mengajak para petani aren untuk menciptakan produk selain gula aren  cetak yang selama ini mereka produksi. Terdapat akar, batang, daun, bunga, buah dan ijuk dari pohon aren yang memiliki nilai ekonomis tinggi apabila dimanfaatkan secara global. “Benar pohon aren ini jadi pohon sejuta manfaat setelah pohon kelapa, tapi selama ini masyarakat sini hanya mengolah nira jadi gula aren cetak dari dulu”, terang Ibu Sukati salah satu petani aren Desa Tanjung saat ditemui mahasiswa (28/1).

Foto Bersama Anggota Mahasiswa KKN UNISNU Jepara Angkatan XIV

Selain itu, Enau atau Aren (suku Arecaceae) adalah palma sebaguna, namun memiliki masa tunggu produktif yang cukup lama apabila ingin dipanen nira nya sebagai bahan baku pembuatan gula aren cetak yang banyak diproduksi oleh masyarakat desa Tanjung.  Mbah Parijan sebagai salah satu petani aren tertua yang memproduksi gula aren mengungkapkan bahwa “Pohon aren yang mampu menghasilkan nira aren yang berkualitas setelah berusia 10 tahun. Sedangkan tandan yang bisa jadi bibit alami lebih dipilih untuk di panen niranya saja, bukan untuk di bibitkan”. Oleh karena itu, tim KKN Tanjung 1 melakukan penanaman bibit pohon aren (31/1).


Berjarak 11 Km dari posko mahasiswa KKN (sebelah timur balai desa Tanjung) menuju lokasi penanaman bibit pohon aren di Dukuh Jabung, Mahasiswa KKN menggunakan sepeda motor hingga rumah terakhir yang dapat diakses sebelum 2 sungai yang cukup dalam akibat musim hujan, kemudian berjalan kaki menuju lahan milik mbah Parijan di bukit Jabung. Harapan nya, bibit pohon yang telah ditanam dapat memberikan kebermanfaatan potensi aren menjadi produk  yang berkelanjutan kelak. (Nis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad