-->

Iklan

APA ITU USP? 5 LANGKAH UNTUK MENCIPTAKAN USP YANG PALING EFEKTIF DAN SUKSES

rumahkabar.com
Jumat, 23 September 2022, September 23, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T18:18:50Z

Apa itu Usp

Dalam bisnis saat ini, USP dianggap sebagai salah satu faktor terpenting yang menentukan pertumbuhan dan perluasan pangsa pasar perusahaan. Namun, banyak manajer atau pemasar saat ini masih salah paham dan salah memahami konsep istilah ini untuk mengembangkan USP mereka di pasar masa depan yang sangat kompetitif. Jadi, apakah Anda mengerti apa USP Anda? Bagaimana cara mendapatkan USP yang sempurna dan efektif? Mari jelajahi artikel berikut dengan Wikispot!

Apa itu USP?

USP juga dikenal sebagai Unique Selling Point. Ini adalah faktor yang sangat penting yang akan membantu Anda membedakan produk atau layanan Anda dari persaingan di pasar berdasarkan kriteria seperti harga pembelian terendah, kualitas produk terbaik, layanan pertama di pasar.

USP yang baik akan memiliki kriteria kualitas yang unik dan menjelaskan bagaimana kualitas tersebut dikomunikasikan kepada konsumen melalui pesan yang mudah diingat.

Apa peran USP?

Untuk menjawab pertanyaan "Apa peran USP", Anda perlu memahami bahwa USP adalah alat yang optimal untuk membantu Anda merumuskan dan membangun tujuan pemasaran Anda untuk mempromosikan produk atau merek Anda secara efektif. , memukul. USP akan memberi tahu konsumen tentang manfaat yang tidak biasa dan unik yang diberikan produk. USP adalah bagian integral dari strategi branding perusahaan, membantu bisnis menciptakan kesan positif dan skor tinggi di mata pelanggan.

Anda mungkin tahu bagaimana membedakan produk dan bisnis Anda dari pesaing, tetapi jika Anda tidak secara jelas dan efektif memasarkan prospek Anda dengan semua informasi dan strategi pemasaran yang telah Anda kembangkan, Anda tidak akan mendapatkan banyak. perbedaan .. di toko. Oleh karena itu, perusahaan harus secara jelas mendefinisikan nilai USP, yaitu. mengidentifikasi peluang unik dan unik dari bisnis mereka.

Apa kelebihan USP?

Manfaat USP untuk bisnis sangat besar dengan tiga poin penting:

Bangun kepercayaan: Proposisi penjualan yang unik membangun kepercayaan pada pelanggan Anda. Dengan USP, Anda dapat memberi pelanggan penawaran produk, preferensi pelanggan, ulasan, kemungkinan efek, dan banyak lagi. Anda akan menginformasikan tentang informasi yang diperlukan seperti

Beri tahu pelanggan potensial tentang bisnis Anda - proposisi penjualan unik Anda memungkinkan pelanggan mengetahui siapa Anda. Ini membantu membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kesadaran dan kesadaran akan bisnis Anda.

Bangun bisnis Anda di puncak pasar - proposisi penjualan yang unik, jelas, dan efektif akan membantu Anda bersaing dengan mudah dengan semua pesaing besar dan kecil di pasar. Dengan demikian, Anda akan dengan mudah menunjukkan potensi luar biasa Anda kepada setiap klien.

Mengapa Anda membutuhkan USP yang diakui?

Untuk terjun ke bidang bisnis dan pemasaran apa pun, penting bagi Anda untuk memahami pentingnya dan manfaat USP bagi Anda. Nilai jual unik: USP Anda harus menyoroti manfaat unik dan potensial dari produk atau bisnis Anda kepada pelanggan yang tidak dapat ditiru atau diikuti oleh pesaing lain. Sebagai contoh:

Domino's Pizza - berjanji untuk mengirimkan pizza ke pelanggan dalam waktu 30 menit, jika waktu yang disebutkan di atas terlampaui, akan dikirimkan kepada Anda secara gratis.

M&M menjanjikan permen mereka akan meleleh di mulut Anda, bukan di tangan Anda.

FedEx berkomitmen untuk pengiriman hari berikutnya dan telah membuat tanda di peta ekspres global.

Bisnis yang baik harus fokus hanya pada satu nilai jual: USP. Sebagian besar perusahaan, ketika berbicara tentang penjualan dan pemasaran, membuat kesalahan dengan mencoba menempatkan semuanya pada USP tertentu saat meluncurkan produk. Mereka ingin semuanya sempurna di mata konsumen. Dengan begitu, tidak ada pelanggan yang akan mengetahui atau mengingat preferensi Anda. Alih-alih mencoba mengakomodasi semuanya, bisnis Anda harus fokus pada nilai jual unik yang menciptakan ceruk unik dan fondasi kuat yang membedakan bisnis Anda dari pesaing. .

Inilah masalah yang harus Anda waspadai: jika Anda mencoba menonjol dalam segala hal, tidak ada yang menonjol.

5 langkah untuk membuat USP yang sukses dan efektif

Tujuan utama USP adalah "Mengapa orang harus membeli dari perusahaan Anda?" Untuk menjawab pertanyaan Anda. USP yang sukses mungkin hanya membutuhkan beberapa kata, seperti paragraf atau tagline, tetapi jika Anda melakukannya, memanfaatkan psikologi, dan dengan jelas mengartikulasikan manfaat pelanggan, Anda akan membuat perbedaan dan sukses seperti yang diinginkan.

LANGKAH 1: KENALI PELANGGAN TARGET ANDA

Saat mengidentifikasi sekumpulan prospek yang ingin Anda targetkan, cobalah untuk mengidentifikasi dan memahami sebanyak mungkin detail. Kami mencoba menempatkan diri di tempat mereka dan berpikir, melihat dari sudut pandang mereka, mengevaluasi, dan mempelajari faktor-faktor apa yang menentukan perilaku dan keputusan pelanggan untuk membeli produk.

LANGKAH 2: KOMENTAR YANG DAPAT MEMECAHKAN BISNIS ANDA

Teliti masalah atau pertanyaan yang dihadapi pelanggan di daerah Anda. Dari sana, sampaikan pesan tentang seberapa cepat Anda dapat mendukung mereka dan memenuhi kebutuhan mereka.

LANGKAH 3: DAFTAR HANYA KEUNTUNGAN YANG DAPAT DITAWARKAN PERUSAHAAN ANDA

Setelah Anda mengidentifikasi masalah, penyebab, dan solusinya, fokuskan semua sumber daya Anda pada bagaimana pelanggan Anda dapat memperoleh manfaat dari membeli produk Anda. Ini juga merupakan langkah penting yang akan membantu Anda menunjukkan perbedaan dan poin unik Anda yang hanya bisa Anda dapatkan dari pesaing Anda.

LANGKAH 4: TENTUKAN DAN JADWALKAN JANJI

Untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk dan merek Anda dapat dipercaya, Anda harus memenuhi janji Anda kepada orang-orang. Tentu saja, ini bukan janji kosong. Anda harus menetapkan tujuan Anda dan mengambil banyak tindakan untuk membuktikan diri Anda benar. Ini akan membantu pelanggan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dan kepuasan untuk terus menggunakan produk merek Anda.

LANGKAH 5: DAPATKAN HASIL

Setelah menyampaikan ide dan pesan Anda dan mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin di langkah 2-4, Anda perlu membuat kesimpulan yang sangat jelas, sederhana, dan ringkas dalam langkah ini untuk ditekankan. Tentukan dan ulangi bagaimana merek Anda membedakan dirinya dari pesaing lainnya. Mengapa pelanggan harus beralih ke produk Anda untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan pengalaman yang lebih baik?

ringkasan

Saya harap artikel Wikispot di atas membantu Anda untuk memahami apa itu USP dan bagaimana menerapkannya dengan benar dan tepat waktu dalam kegiatan manajemen bisnis Anda. Semoga beruntung!

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa itu USP?

USP juga dikenal sebagai Unique Selling Point. Ini adalah faktor yang sangat penting yang akan membantu Anda membedakan produk atau layanan Anda dari persaingan di pasar berdasarkan kriteria seperti harga pembelian terendah, kualitas produk terbaik, layanan pertama di pasar.

Apa saja 5 langkah untuk menciptakan USP yang efektif dan sukses?

  1. Langkah 1: Pahami audiens target Anda
  2. Langkah 2: Jelaskan masalah yang dapat Anda selesaikan
  3. Langkah 3: Buat daftar manfaat yang hanya dapat diberikan oleh Bisnis Anda
  4. Langkah 4: Tetapkan janji Anda dan patuhi itu
  5. Langkah 5: menarik kesimpulan

Komentar

Tampilkan

Terkini

CLOSE ADS
CLOSE ADS