-->

Iklan

9 Berkas Lamaran Kerja yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Melamar Kerja

rumahkabar.com
Selasa, 20 September 2022, September 20, 2022 WIB Last Updated 2022-09-20T03:07:19Z

Saat kita lulus dari perguruan tinggi, kita menghadapi tantangan kehidupan nyata. Terhubung dengan komunitas dan bekerja.

Tidak mudah memang, tapi harus dihadapi. Kami sedang mencari posisi yang terbuka (rak) dan jika posisi tersebut sesuai dengan harapan kami, kami akan mencoba mengirimkan lamaran kerja .

berkas lamaran kerja


Berkas Lamaran Kerja
Sumber foto: www.pexels.com/@markus-winkler-1430818/



Untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan, ada baiknya kita menyiapkan berkas lamaran kerja secara lengkap sebagai berikut:

1. Lamaran kerja

File pertama harus berupa lamaran pekerjaan . Dokumen ini sangat penting dalam menjelaskan tujuan dan sasaran kami.

Sebelum kita melihat file resume lainnya, kita perlu menjelaskan sedikit tentang resume. Jadi jangan lewatkan file ini.

2. CV atau portofolio

Ringkasan lamaran kerja sering kali berisi informasi penting tentang pencari kerja. Kita bisa bersenang-senang sebanyak mungkin. Tapi pastikan informasi dalam daftar cocok dengan lokasi yang ingin kita query.

3. Copy Ijazah dan Sertifikat

Juga memiliki salinan ijazah dan transkrip. Kami melampirkan dua file ini ke verifikasi tingkat pendidikan yang dijelaskan dalam ulasan.

Selain itu, transkrip hasil menunjukkan sejauh mana prestasi akademik kami. Pastikan keduanya berlaku di kampus.

4. Fotokopi KTP dan SS

Di Indonesia, kabinet resmi memerlukan fotokopi KTP sebagai salah satu berkas lamaran kerja. Beberapa juga meminta salinan catatan kriminal.

Jadi pastikan kita memiliki salinan dokumen ini.

5. Foto terbaru

Dokumen ini tidak kalah pentingnya. Foto 3x4 atau 4x6 terbaru sering kali diperlukan.

Jika diperlukan, kami dapat menempatkan gambar Anda pada latar belakang biru atau merah. Ini bisa berupa gambar fisik atau digital baik yang kita terapkan secara offline atau online.

6. SKSK (surat keterangan polisi)

Beberapa organisasi khususnya instansi pemerintah mewajibkan SKCK sebagai berkas lamaran kerja . Bisakah kita bertanya di kantor polisi? Biasanya mereka membutuhkan kriteria tertentu.

Santai saja. Syaratnya jelas.

7. Sertifikat medis

Ada perusahaan yang membutuhkan dokumen medis untuk calon karyawan. Namun ada juga yang membentuk tim dokter sendiri untuk pemeriksaan kesehatan.

Seperti pengalaman saya saat melamar perkebunan kelapa sawit. Rumah sakit mana yang akan diperiksa ditentukan terlebih dahulu. Tentunya dengan memperhitungkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Anda hanya perlu datang dan mempersiapkan diri untuk ujian.

8. Lampiran sertifikat pengalaman kerja

Kami mendapatkan poin ekstra dengan melampirkan surat pengalaman kerja dari orang-orang yang pernah bekerja dengan kami di masa lalu. Apalagi jika pekerjaan sebelumnya masih berkaitan dengan posisi yang ingin kita lamar.

9. Sertifikat Dukungan Ketenagakerjaan

Ini adalah lamaran pekerjaan terakhir . Semakin banyak kredensial yang kami lampirkan, semakin baik. Kami percaya bahwa kami memiliki keterampilan yang mungkin dibutuhkan karyawan.

Pastikan kredensial cocok dengan posisi yang kami lamar. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan memilih sertifikat untuk mendukung lamaran kerja Anda.

Sebaiknya memiliki kabinet yang baik sesuai dengan kebutuhan kerja kita. Jadi kita perlu segera menyiapkan berkas lamaran kerja yang dibutuhkan ya. Ini bisa menjadi penting.

Komentar

Tampilkan

Terkini

CLOSE ADS
CLOSE ADS