-->

Iklan

3 Cara Tinggalkan Gaya Hidup Konsumtif, Kalian Udah Cobain yang Mana?

rumahkabar.com
Selasa, 20 September 2022, September 20, 2022 WIB Last Updated 2022-09-20T04:18:42Z

Gaya hidup konsumsi adalah gaya hidup di mana kita membeli barang atau jasa tambahan. Di satu sisi, itu tidak selalu tentang kebutuhan kita. Terkadang kita mengutamakan keinginan kita.


cara tinggalkan gaya hidup konsumtif
Perilaku konsumen menimbulkan kekacauan keuangan (Foto: www.pexels.com/id-id/@rulomx/)


Pikirkan seperti ini ketika Anda melihat hal-hal baik di mal. Kami menginginkannya, jadi belilah. Tidak masalah apakah kita membutuhkannya atau tidak. Bahkan jika Anda terutama membeli pakaian, sepatu, tas, dll. Pakai nanti.

Apakah ada orang lain yang memiliki situasi ini? Saya pikir itu sangat banyak Anda menyukainya juga. Meskipun saya tidak suka pergi ke mal, saya sering melihat hal-hal lucu yang sebenarnya tidak saya butuhkan.

Bagaimana menurutmu? Akankah saya menemukan cara untuk meninggalkan gaya hidup konsumtif?

Bacaan menarik lainnya:

Implikasi bagi perilaku konsumen

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada pertanyaan menarik. Dengan kata lain, apa efek atau konsekuensi dari gaya hidup berorientasi konsumsi? Menghargai diri sendiri bukanlah hal yang biasa. Lagi pula, tidak ada gunanya menghabiskan uang jika gaji kita tinggi.

Yah, tidak ada yang salah dengan asumsi ini. Saya baru kepikiran, melanjutkan gaya hidup konsumtif juga bisa membuat kita tidak rasional.

Lebih khusus lagi, kebiasaan belanja ini membuat keuangan kita tidak sehat. Berapapun gajinya, jika kita tidak bisa mengendalikan keinginan untuk membeli ini atau itu, artinya tidak jelas. Jadi kita harus membuat daya beli kita menyusut secara berkala.

Akibatnya, kita bahkan tidak mendapatkan anggaran saat harus membeli barang yang sangat mendesak. Di mana lagi yang akan kita hasilkan jika tidak secara kredit, dengan uang baru atau pembelian kredit?

Jika demikian, apakah Anda yakin kita masih ingin mempertahankan gaya hidup konsumtif?

Bacaan menarik lainnya:

Bagaimana kita meninggalkan gaya hidup konsumtif?

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melawan kebiasaan gila ini, kawan. Ada beberapa cara melepaskan gaya hidup konsumtif yang bisa kita ikuti di bawah ini.

1. Buat anggaran pengeluaran bulanan

Yang terpenting adalah memiliki anggaran belanja bulanan. Itu sebabnya kami mencoba untuk tetap pada anggaran yang kami tetapkan untuk diri kami sendiri. Cobalah untuk tidak melewati batas kecuali itu penting bagi kalian.

2. Alokasikan dana untuk asuransi dan investasi

Cara kedua untuk keluar dari gaya hidup konsumtif adalah dengan mencobanya setelah Anda dibayar. Kami selalu mendedikasikan sebagian dana untuk asuransi dan investasi. Anda tidak perlu banyak. Yang penting adalah rutinitas bulanan.

Bacaan menarik lainnya:

3. Anda tidak harus menjaga reputasi

Hal terakhir dan terpenting adalah menyingkirkan kekuatan. Terkadang gaya hidup konsumtif dimulai dengan rasa berkuasa.

Berikut adalah beberapa contoh. Misalnya kita pergi ke mall bersama teman-teman. Dia berhenti di sebuah stan dan membeli apa yang dia butuhkan. Ya, kami juga merasa diberdayakan. Jadi, lihatlah hal-hal menyenangkan dan beli juga! Bahkan jika kita tidak lagi membutuhkannya.

Nah, jika kita menyingkirkan reputasinya, itu benar, kita akan santai dan membantunya memilih hal-hal yang dia butuhkan. Uang aman dan perasaan tenang. Tebak? Pada catatan eh jadi saya bergabung dengan JJ Chitayam. hei hei...

Bacaan menarik lainnya:
Komentar

Tampilkan

Terkini

CLOSE ADS
CLOSE ADS