-->

Iklan

28 Khasiat Buah Kurma Terbukti Ampuh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

rumahkabar.com
Kamis, 08 September 2022, September 08, 2022 WIB Last Updated 2022-09-08T04:16:52Z

 

Khasiat buah Kurma
Ilustrasi Manfaat Buah Kurma


Rumahkabar.com - 28 Manfaat Kurma untuk Kesehatan dan Kecantikan – Kurma adalah buah favorit Nabi Muhammad SAW. Selain enak, manfaat kurma untuk kesehatan dan kecantikan sangat besar. Kurma adalah buah yang termasuk ke dalam pohon palem asli Timur Tengah. Pohon kurma tumbuh tinggi sekitar 15-25 m dan buahnya biasanya berbiji tunggal, panjang 3-7 cm dan diameter 2-3 cm. Kurma dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama: lunak, semi-kering, dan kering. Dahulu diduga berasal dari Teluk Persia, buah ini kaya akan vitamin dan mineral serta memiliki banyak manfaat.


Kurma mengandung banyak nutrisi seperti tiamin, niasin, asam folat dan riboflavin, sehingga tidak mengherankan jika buah ini memiliki banyak manfaat. Buah ini mengandung hormon yang mirip dengan oksitosin.cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Hormon ini membantu  merangsang kontraksi otot polos pada payudara. rahang saat melahirkan. Kurma juga dapat membantu mengurangi pendarahan saat melahirkan. Selama masa nifas, sari kurma membantu menstabilkan kondisi ibu dan memulihkan nutrisi. 


Manfaat buah kurma untuk kesehatan
Manfaat Buah Kurma

Kurma bisa dimakan langsung untuk diambil manfaatnya, atau direndam untuk mendapatkan Air Nabees. Air Nabees adalah air dari hasil rendaman kurma atau kismis dengan proses perendaman kurang lebih 8-12 jam. Air yang digunakan adalah air matang karena nantinya Air Nabees bisa langsung diminum untuk keesokan harinya. Khasiatnya adalah membantu mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh, memulihkan sistem pencernaan, dan membuang kelebihan asam dari lambung.


Tidak hanya buah kurma yang bermanfaat, tetapi juga bijinya. Caranya adalah dengan mengeringkannya, lalu sangrai dan giling hingga berbentuk bubuk kopi dan siap untuk diseduh.  100gram kurma mengandung 5,2% protein, 9,32% lemak, 13,6% serat dan 8% minyak kuning-hijau. Manfaat lain dari biji kurma yang diolah ini yaitu bisa juga digunakan sebagai scrub dengan mencampurnya dengan minyak zaitun atau madu. Untuk masalah kebotakan, bubuk kurma dan minyak zaitun bisa ditambahkan dan dioleskan ke kepala.

 

Kandungan Gizi Buah Kurma

Kandungan gizi kurma sangat beragam. Mereka tinggi karbohidrat, terutama berasal dari gula alami seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa, yang meningkat saat kurma matang. Kurma juga mengandung serat, yang jumlahnya bervariasi menurut varietas dan kematangan.


Nilai Gizi Kurma Menurut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam International Journal of Food Science Nutrition, kurma mengandung setidaknya 15 mineral. Yang paling terkenal adalah Kalium (Potassium) dan Magnesium. Beberapa mineral lain ditemukan dalam jumlah yang bervariasi, yaitu boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluor, besi, mangan, fosfor, natrium, selenium, dan seng.


Protein mengandung 23 macam asam amino seperti asam palmitoleat, asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat. Beberapa protein ini tidak ditemukan pada buah-buahan lain seperti jeruk, pisang dan jeruk. Mengandung berbagai vitamin. Kurma juga mengandung senyawa antioksidan seperti tanin, beta-karoten, lutein dan zeaxanthin.

 


Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan
Manfaat Buah Kurma

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Di bawah ini adalah khasiat dan manfaat  kurma untuk kesehatan tubuh.

 

1. Pencegahan Artritis Reumatoid

Siapa sangka buah Timur Tengah ini bisa mencegah rheumatoid arthritis? Mengkonsumsi 15 buah kurma sehari akan memenuhi kebutuhan Anda akan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, belerang dan boron. Baca juga artikel kami tentang pengobatan rheumatoid arthritis.

 

2. Serat Makanan Terbaik untuk Usus

Usus yang terus berfungsi perlu dibersihkan dari sisa makanan agar kinerjanya kembali optimal. Serat makanan adalah zat yang membersihkan usus. Kurma mengandung lebih banyak serat larut dalam bentuk pektin dibandingkan buah lainnya. Selain itu, serat yang terdapat pada buah mentah juga berperan sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

 

3. Mencegah Tumor Otak

Kurma kaya akan mineral. Diantaranya adalah magnesium, belerang, potasium, kalsium dan boron, yang juga digunakan untuk mencegah tumor otak. Mengkonsumsi 15 kurma setiap hari akan memenuhi 80% kebutuhan magnesium Anda dan 70% kebutuhan sulfur Anda.

 

4. Sebagai Sumber Energi

Kurma tidak hanya merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, tetapi juga merupakan sumber energi yang efektif.  100gram kurma segar dapat memenuhi 12-15% kebutuhan energi harian Anda. Mengkonsumsi kurma kering mengurangi kandungan antioksidan. Kurma adalah sumber energi yang bekerja cepat, menjadikannya pilihan tepat untuk dikonsumsi selama jam-jam puasa. 

 

5. Sumber Antioksidan

Seperti disebutkan sebelumnya, kurma adalah sumber antioksidan yang hebat. Fungsi antioksidan itu sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Secara tidak langsung, mengonsumsi kurma juga membantu menghindari risiko berbagai jenis kanker. Fitokimia yang terdapat dalam kurma antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

 

6. Pengobatan Demam Berdarah

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kurma meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah. Angka trombositosis adalah 23,90% per hari dengan asupan sari kurma, dan 8,09% per hari tanpa asupan sari kurma. Kandungan sari kurma yang diduga berperan dalam meningkatkan produksi trombosit adalah rangkaian karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa dan xilosa sebagai komponen granula trombosit. Baca juga artikel kami tentang pengobatan demam berdarah.  7. Menjaga kesehatan jantung

Kurma adalah buah yang kaya akan potasium. Seperti yang kita ketahui, salah satu fungsi kalium adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menstabilkan detak jantung, mengaktifkan kontraksi otot jantung dan mengatur tekanan darah.

 

8. Mencegah Risiko Stroke

Risiko stroke dapat dikurangi hingga 40% dengan 400 mg potasium per 100gram per hari. Kebutuhan kalium ini dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi setidaknya 5 buah kurma basah setiap hari. Jika Anda ingin mendapatkan jumlah yang lebih besar, Anda dapat mengkonsumsi sari kurma yang saat ini tersedia di pasaran, tolong beri saya.

 

9. Pencernaan Lancar

Itu dibahas di atas. Buah matang mengandung serat larut dan buah mentah mengandung serat tidak larut. Dimana serat larut berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan, serat tidak larut ini mendukung perkembangan prebiotik unggul yang dibutuhkan untuk membersihkan sistem pencernaan dan juga mempengaruhi pergerakan usus (BOB).

 


kandungan buah kurma
Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

10. Aman Untuk Penderita Darah Tinggi

Pernahkah Anda ditanya apakah kurma aman untuk orang dengan tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi?Perhatikan bahwa kurma juga baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi karena rendah sodium dan tinggi potasium, yang jumlahnya meningkat saat matang.

 

11. Mencegah Anemia

Anemia, atau kekurangan darah, sering terjadi pada wanita, terutama wanita hamil. Nah, apakah kurma ini boleh dikonsumsi  ibu hamil? Kurma juga membantu mencegah anemia. Kadar zat besi dan kalsium dalam kurma terlibat dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu kandungan asam askorbat juga baik untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh agar proses produksi hemoglobin dapat berfungsi dengan baik. Inilah salah satu manfaat pacaran bagi ibu hamil.

 

12. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Manfaat kurma selanjutnya adalah meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kekuatan otak. Ini karena potasium dalam kurma meningkatkan distribusi oksigen dan keseimbangan cairan di otak. 13. Mencegah insomnia

Orang modern yang sibuk cenderung menderita insomnia dan gangguan tidur. Akibatnya, tubuh mulai menjadi tidak seimbang karena sistem metabolisme yang tidak teratur. Vitamin B3 dalam kurma dapat membantu mengurangi gejala insomnia.

 

14 Aman untuk Penderita Diabetes

Kurma aman tidak hanya untuk penderita tekanan darah tinggi, tetapi juga untuk penderita diabetes. Kurma mengandung karbohidrat sederhana, glukosa dan fruktosa. Glukosa adalah karbohidrat yang mudah diserap dan membutuhkan insulin untuk penyerapannya. Fruktosa adalah gula yang ditemukan dalam buah-buahan. Fruktosa tidak memerlukan insulin untuk masuk ke dalam sel, sehingga kurma aman untuk penderita diabetes (DM).

 

15. Tidak mengandung lemak jenuh

Kurma kaya akan serat dan bebas lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Hal itu diungkapkan  Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, ahli gizi di Nutrifood Research Center. Jangan takut gemuk karena rutin makan kurma.

 

16. Kaya Akan Polifenol

Seperti yang diungkapkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kurma mengandung kadar total polifenol yang lebih tinggi daripada buah dan sayuran yang biasa kita konsumsi. Ini karena lingkungan tempat kurma tumbuh kering, seperti gurun, sehingga lebih banyak polifenol yang diproduksi untuk melindungi kurma dari stres. Bagi manusia, polifenol berfungsi sebagai antioksidan yang meningkatkan kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta kanker. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa polifenol dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

 

17. Membantu Membangun Otot

Siapa sangka bahwa salah satu manfaat  kurma adalah untuk membantu pembentukan otot, karena kurma segar memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya yang berperan sebagai stimulan otot untuk pembentukan. Kandungan lisin pada kurma jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain seperti jeruk. Namun, perlu diketahui bahwa kandungan protein kurma kering berkurang dibandingkan dengan kurma segar. Jadi jika Anda ingin memetik manfaat kurma sebagai bantuan untuk pembentukan otot, gunakan kurma segar.

 

18. Mencegah Pembekuan Darah

Buah ini juga tinggi asam salisilat, yang mencegah pembekuan darah dan mengontrol tekanan darah. Pembekuan darah sangat berbahaya bagi kesehatan Anda karena dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

 

19. Manfaat Kurma untuk Kulit

Asam salisilat yang terkandung dalam kurma tidak hanya mencegah pembekuan darah, tetapi juga memiliki efek kulit yang indah. Dalam dunia kecantikan, asam salisilat juga digunakan untuk membersihkan kulit dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo, dan sebum berlebih.

 

20 Manfaat Lain dari Berkencan

Kurma juga mengandung mineral seperti fluoride, yang melindungi kesehatan dan kekuatan gigi Anda. Selenium dalam kurma juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Menurut sumber lain, kurma juga membantu menyembuhkan gatal, masuk angin, keputihan, sakit perut, sakit kepala, migrain, meningkatkan kesuburan, dan menghangatkan tubuh.

 


buah kurma
Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Untuk Kecantikan

Kurma tidak hanya efektif untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Manfaat meliputi:

 

21. Memperbaiki Jaringan Kulit Yang Rusak

Kurma mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat, yang dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat efek negatif radikal bebas. Efektivitas kurma pada kulit yang rusak dinilai sangat efektif dan kandungan vitamin B5 bertindak langsung dengan merangsang pembentukan sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit yang rusak.

 

22. Mencegah Penuaan Dini

Satu studi menemukan bahwa kurma kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri berperan sangat penting dalam kecantikan kulit. Antioksidan dapat melindungi kulit dari efek berbahaya radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab utama penuaan dini pada kulit. Yang istimewa adalah antioksidan dalam kurma dapat bekerja dari dalam ke luar. Mengkonsumsi kurma secara teratur akan membuat kulit Anda lebih kencang dan sehat. 

 

23. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C dikenal sebagai vitamin pemutih alami. Vitamin C yang terkandung dalam kurma memiliki efek memutihkan. Untuk mendapatkan manfaat  kulit wajah dari sari kurma sebagai zat pemutih, Anda bisa membuat masker kurma alami.Melakukan perawatan masker kurma secara rutin minimal dua kali  seminggu akan memutihkan dan mencerahkan kulit Anda.

 

24. Menghilangkan Kulit Kusam

Akumulasi sel kulit mati pada kulit wajah membuat kulit tampak kusam dan kurang bercahaya. Kandungan vitamin A pada kurma dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.Selain itu, mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat, yang secara langsung dapat memperbaiki jaringan kulit dan sel-sel kulit yang rusak, sehingga mengurangi kerusakan kulit.Kurma dapat membantu memerangi efek radikal bebas yang menyebabkan menguning dan menguning.

 

25. Mencegah Iritasi dan Infeksi Kulit

Kulit sensitif lebih rentan terhadap iritasi dan infeksi. Khasiat buah kurama untuk mencegah iritasi dan infeksi kulit bukan hanya sekedar mimpi. Protein dan vitamin B6 yang terdapat pada kurma dapat menyehatkan kulit sekaligus mencegah iritasi dan infeksi. Masker kurma dan yogurt dingin akan membuat kulit Anda terasa lebih segar dan bercahaya. Menghaluskan kurma dengan yogurt menggunakan blender sangatlah mudah. Kemudian, oleskan pada kulit wajah Anda, tunggu  beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih. 

 

26. Membuat Kulit Lebih Halus dan Kenyal

Selain digunakan sebagai masker wajah, kurma juga dapat digunakan sebagai exfoliant, membuat kulit lebih lembut, halus dan lebih terhidrasi. Vitamin C dalam kurma merangsang tingkat pembentukan kolagen yang lebih tinggi, membuat kulit wajah lembut dan halus. Sangat mudah untuk menghaluskan kurma, aprikot, dan cranberry dalam blender. Tambahkan sesendok oatmeal dan aduk hingga rata. Oleskan Lulur Buah Kurma pada wajah, gosok perlahan dan bilas hingga bersih.

 

27. Memperbaiki Masalah Rambut

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kurma merupakan bahan alami yang efektif yang dapat mengatasi berbagai jenis masalah rambut seperti rambut kering, ujung bercabang dan rambut rontok. Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam  kurma tidak hanya memenuhi nutrisi penting, tetapi juga dapat menutrisi rambut Anda dari kulit kepala hingga ke akarnya. Hasilnya, rambut menjadi lebih kuat dan sehat. 

 

28. Pengobatan Penyakit Kulit atau Dermatitis

Kurma mengandung vitamin B6 dan protein, menjadikannya obat alami untuk mengobati dan mencegah penyakit kulit dan dermatitis. 

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai manfaat buah kurma untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami sampaikan. Dan jika anda sedang berpuasa, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1438 H.

Komentar

Tampilkan

Terkini

CLOSE ADS
CLOSE ADS