Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

TIPS MENGERJAKAN PROPOSAL PENELITIAN UNTUK SKRIPSI DENGAN CEPAT

Senin, 08 November 2021 | November 08, 2021 WIB Last Updated 2021-11-08T06:55:46Z

 

 

Bagi mahasiswa tingkat akhir pasti tidak asing dengan istilah proposal penelitian untuk skripsi. Setiap fakultas atau universitas memiliki “istilah” yang berbeda untuk menamakan proposal penelitian ini. Ada yang tergabung dalam mata kuliah seminar proposal atau bimbingan karya ilmiah. Pada dasarnya kedua hal tersebut sama, yaitu proposal penelitian yang nantinya akan diteruskan untuk penelitian dalam bentuk skripsi. Bagi beberapa mahasiswa proposal penelitian ini menjadi “momok” yang ditakuti karena mereka harus membuat judul, kerangka pemikiran, metode penelitian yang nantinya digunakan dalam skripsi dan harus selesai dalam satu semester jika ingin cepat lulus. Semakin cepat proposal penelitian selesai dibuat, maka semakin cepat mahasiswa mengambil mata kuliah skripsi.

 

Beberapa Tips Mengerjakan Proposal Penelitian Untuk Skripsi Dengan Cepat. agar kalian mahasiswa dapat mengerjakan proposal penelitian dengan cepat dan menyenangkan. Adapun tipsnya,

 

1.         Membuat jadwal dan target

Langkah pertama yang harus dilakukan mahasiswa ketika ingin cepat selesai membuat proposal penelitian untuk skripsi, yaitu membuat jadwal dan target. Mahasiswa harus menargetkan kapan dia akan selesai membuat propen. Misalnya menargetkan dalam waktu 2 minggu setelah pengisian krs, propen sudah selesai dan di acc dosen pembimbing. Setelah itu, mahasiswa membuat jadwal kegiatan untuk mencapai target tersebut. Jadwal bukan hanya dibuat akan tetapi, dilaksakan dengan baik.

 

2.      Pahami cara dan alur pembuatan proposal penelitian

Setiap fakultas memiliki cara dan alur yang berbeda dalam pembuatan proposal penelitian untuk skripsi. Ada fakultas yang menggunakan alur pengajuan judul propen ke sekertaris jurusan baru memilih dosen pembimbing dan ada juga fakultas yang menggunakan alur pengajuan judul propen ke dosen pembimbing tanpa persetujuan dari sekertaris jurusan serta masih banyak lagi alur yang digunakan. Untuk itu, mahasiswa harus mencari serta memahami informasi terkait dengan alur dan cara pembuatan propen sehingga akan mempercepat proses pembuatannya. Pencarian informasi ini lebih baik dilakukan sebelum mengambil krs mata kuliah propen.

 

3.      Mempersiapkan judul

Mahasiswa mempersiapkan judul satu bulan sebelum mengambil mata kuliah propen. Disarankan cari tiga atau empat judul yang berbeda sehingga ketika satu judul di tolak, maka masih ada tiga judul cadangan. Dalam proses pencarian judul, mahasiswa harus memperhatikan tiga hal, yaitu paham terhadap judul yang diangkat, menarik, dan objek penelitian mudah dijangkau (mudah mencari data penelitian).

 
4.      Penulisan proposal sesuai dengan sistematika yang telah ditetapkan

Membuat proposal penelitian mahasiswa harus memperhatikan sistematika penulisan yang telah ditetapkan oleh program studi. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi revisi penulisan proposal. Jangan menulis sistematika proposal sesuai dengan draft-draft yang ada di google karena pada dasarnya setiap fakultas memiliki sistematika penulisan yang berbeda. Misalnya, fakultas hukum menggunakan footnote dalam mengutip dan fakultas psikologi menggunakan penulisan harvard untuk mengutip.

 

5.      Rutin Bimbingan

Faktor penting dalam penulisan proposal penelitian, yaitu rutin bimbingan. Semakin mahasiswa rajin bimbingan ke dosen pembimbing, maka semakin cepat pula proposal penelitiannya selesai. Lalu bagaimana jika dosen pembimbing sulit ditemui? Sebagai seorang mahasiswa perkara tersebut wajar terjadi. Yang bisa kita lakukan ketika dosen pembimbing tidak bisa ditemui adalah chat untuk janjian bimbingan. Ketika tidak ditanggapi, mahaisswa harus rela berkorban untuk menunggu di kampus. Tanya kepada bagian tata usaha apakah dosen yang bersangkutan di kampus atau tidak. Dosen akan respek kepada mahasiswa yang gigih dan tekun. Ketika sudah di chat dan ditungu tidak ada respon mahasiswa dapat mengadukan problemnya ke dosen wali dan jika masih tidak ditanggapi, maka mahasiswa berhak untuk mengadukan hal tersebut ke ketua program studi untuk diambil tindakan.

 

6.      Membuat janji untuk diri sendiri

Membuat proposal penelitian bukan hal yang mudah karena harus benar-benar teliti kalau tidak mau mengulang kembali dalam penyusunan skripsi. Ada kalanya tubuh lelah, capek, tidak semangat, dan lain-lain. Untuk membangkitkan semangat, mahasiswa dapat melakukan berbagai hal. Salah satunya, berjanji memberikan reward kepada diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan proposal penelitian sesuai jadwal yang telah dibuat. Misalnya akan pergi liburan ke pantai ketika proposal selesai tepat waktu

 

Oleh : Nur Aisah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update