Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tempat Wisata Di Jepara yang harus kamu ketahui

Selasa, 12 Oktober 2021 | Oktober 12, 2021 WIB Last Updated 2021-10-12T09:53:59Z

 

 

Tempat Wisata Di Jepara Yang Harus Kamu Ketahui -  Mungkin Anda sudah mengenal tempat wisata di Jepara sebagai tempat kelahiran R. A. Kartini, seorang pejuang emansipasi wanita Indonesia.tetapi  masih banyak lagi destinasi  Tempat  wisata di Jepara yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Ingin liburan yang berbeda dari biasanya? Simak tempat wisata di Jepara berikut ini.

Pantai Kartini

Ini Destinasi Wisata Jepara Paling Seru

Kepulauan Karimun Jawa

Kepulauan yang indah ini sudah terkenal sejak lama. Dengan air yang jernih dan lingkungan yang masih alami, tentunya semua orang ingin merasakan liburan di sini. Sebagian besar agen perjalanan menawarkan paket lengkap mulai dari akomodasi hingga island hopping. Di pulau-pulau ini, Anda dapat menemukan lebih dari 90 terumbu karang, 242 spesies ikan, dan 133 spesies lainnya.

 

Pantai Kartini

Pantai ini merupakan tempat paling populer untuk wisata keluarga dengan anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa singgah sejenak di sini jika ingin berkunjung ke Pulau Panjang. Ada banyak toko yang menjual makanan ringan dan minuman di sini, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok. Pelajari lebih lanjut tentang Pantai Kartini Jepara. Pantai ini merupakan tempat paling populer untuk wisata keluarga dengan anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa singgah sejenak di sini jika ingin berkunjung ke Pulau Panjang. Ada banyak toko yang menjual makanan ringan dan minuman di sini, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok. Selengkapnya tentang Pantai Kartini Jepara

 

Benteng Portugis

Keunggulan lokasi benteng portugis  ini adalah posisinya yang menghadap langsung ke laut. Dengan begitu, pengunjung objek wisata Jepara ini bisa menikmati pemandangan laut.Untuk lebih jelasnya, foto-foto benteng Portugis Jepara. Benteng ini pernah digunakan pada masa penjajahan, namun tidak dalam waktu yang lama karena terdapat pusaran air di lautan sekitarnya. Tapi ingat, lokasi ini bisa sangat ramai di akhir pekan dan musim liburan.

 

Museum R.A. Kartini

Dia adalah Raden Ajeng Kartini. Lahir dan besar di Jepara, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menulis surat kepada teman-temannya di dalam dan luar negeri. Sejak lulus SD, ia fasih berbahasa Belanda sehingga bisa terus berkomunikasi dengan teman-teman yang sepaham dengannya .Dengan dukungan sebesar itu, ia terus memperjuangkan emansipasi wanita hingga akhir hayatnya. Tiket masuk museum tidak mahal, hanya 2 ribu Rupiah di hari biasa dan 3 ribu Rupiah di akhir pekan.

 

Pantai Teluk Awur

Pantai ini terletak hanya 5 kilometer dari pusat kota, menjadikannya tempat favorit untuk berenang dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Dengan air yang jernih, tempat ini cocok untuk liburan bersama siapa saja. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menikmati keindahan pantai ini, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung.

 

Pulau Mandalika

Pulau ini berbeda dari yang lain karena memiliki tumbuhan khas yang tidak ditemukan di mana pun, yaitu babi hutan nongko. Ini adalah jenis nangka yang buahnya tumbuh di akar, bukan di batang.

 

Pantai Gelombang Mati

Pantai Ombak Mati juga dikenal sebagai Pantai Bondo, karena terletak di Desa Bondo. Pantai ini dinamakan demikian karena hampir tidak ada gelombang yang terbentuk di lautan. Kesan alami di pantai ini masih sangat terlihat karena belum ada bangunan beton. Dan Pantai ini dijaga sepenuhnya oleh penduduk setempat.

 

Danau Blingoh

Danau ini sebenarnya adalah danau buatan yang terbentuk dari penambangan batu. Setelah beberapa saat terisi air, terbentuklah sebuah danau kecil yang indah. Dengan airnya yang biru dan jernih, tentunya setiap orang yang datang akan berdecak kagum. Diiringi juga dengan indahnya alam di sekitarnya, bisa dibayangkan betapa indahnya pemandangan di sini. Jika anda mencari tempat wisata di jepara selain pantai dan ingin hunting foto, ini adalah tempat yang tepat.

 

Air Terjun Grinjingan Dowo

Karena belum dikelola oleh pemerintah, perjalanan menuju lokasi ini akan sedikit sulit. Namun Begitu sampai di lokasi, Anda pasti akan dibuat takjub dengan kesegaran udara dan airnya. Anda bisa bermain di kolam di bawah air terjun, atau menikmati sensasi disiram air. Tidak perlu membayar untuk masuk ke tempat ini, namun mungkin perlu petunjuk arah dari warga sekitar untuk mencapai lokasi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi lokasi menarik ini!

 

Jepara Ocean Park

Water theme park ini merupakan yang terbesar di Jawa Tengah. Dengan luas total sekitar 11 hektar, Anda bisa membawa keluarga dan kerabat untuk menikmati berbagai permainan air di sini. namun bersiaplah menghadapi keramaian jika datang di akhir pekan dan musim liburan.  Jika Anda tidak suka bermain air, tersedia juga permainan lain seperti kincir ria, carousel, beberapa permainan outbond, dan masih banyak lagi.

 

Dijamin liburan Anda di sini akan sangat menyenangkan. Menarik bukan tempat wisata di Jepara? Untuk itu, sebaiknya segera catat Jepara sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya. Dengan biaya yang jelas lebih murah dibandingkan jalan-jalan ke luar negeri atau kota lain yang lebih jauh, Anda sudah bisa mendapatkan beragam pengalaman yang tak terlupakan.

 

Udara Yoga Jepang

Air Yoga Jepara merupakan salah satu wisata yang baru berdiri di Jepara yaitu pada tahun 2018. Meski terbilang baru, namun objek wisata ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan. Foto-foto tempat indah itu juga sudah beredar di media sosial. Daya tarik Air Yoga adalah tempat yang sangat mirip dengan situasi di Bali. Mulai dari bangunan, patung, hingga kuliner khas seperti kopi Bali. Anda juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh dan kerajinan tangan khas Pulau Dewata.

 

Pokoknya jam sebelas dua belas dengan suasana disana. Tidak hanya tempatnya yang indah yang bisa Anda gunakan sebagai backdrop selfie, berbagai macam wahana anak juga tersedia di sini. Ada taman bermain yang berisi jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, dan tempat memanjat untuk anak-anak. Ada juga sungai buatan dan kebun binatang mini untuk dijelajahi. Wah, seru dan sangat menarik. Cocok sebagai tempat liburan keluarga.

 

Waterboom Taman Tiara

selain Jepara Ocean Park, ada juga wahana air yang tak kalah menarik. Namanya Tiara Park Waterboom yang terletak di Jalan Kenari, Purwogondo yang buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 17.30 WIB. Bagi yang suka berenang atau bermain air wajib banget datang ke tempat ini. Anak-anak dijamin senang dan betah bermain di sini berlama-lama. Wahana air terbagi menjadi 2 jenis, khusus untuk anak-anak seperti water playground, spray ground dan masih banyak lagi.

 

Sedangkan untuk dewasa, ada wahana seperti lazy river, current pool yang akan menantang Anda. Selain wahana air, Tiara Park Waterboom juga menyediakan wahana lain seperti permainan outbond, ATV, dan bioskop 3D. Harga tiket masuk ke tempat ini juga sangat terjangkau mulai dari 20k hingga 50k.

 

Kampung Batik Kembangmulyo

Tak hanya memiliki destinasi wisata alam, Jepara juga memiliki wisata budaya yang tak kalah keren. Tempat wisata ini bernama Kampung Batik Kembangmulyo yang diresmikan pada tahun 2019 dan berlokasi di Jalan Bougenville Raya 18. Kampung batik ini dibangun dengan tujuan untuk mendukung pemasaran dan produksi kain batik dari pengrajin lokal. Ada sekitar 20 pengrajin batik khas bernama Bungamulyo. Sangat unik dan istimewa tentunya.

 

Di sini Anda bisa berkeliling melihat proses pembuatan dengan motif khas ini. Selain itu, Anda juga akan merasakan sensasi hidup di pedesaan yang sangat damai. Tidak hanya melihatnya, Anda juga bisa membeli kain batik ini untuk dijadikan oleh-oleh khas Jepara yang sangat indah.

 

Puncak Distoroto

Salah satu objek wisata terbaru adalah Puncak Distoroto. Tempat ini baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2018. Seiring berjalannya waktu, salah satu objek wisata ini menjadi tempat wisata yang direkomendasikan dan wajib dikunjungi saat berada di Jepara. Jika anda berkunjung kesini anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang sangat indah. Perluasan hutan dan perbukitan hijau akan memanjakan mata dan membuat Anda tenang.

 

Apalagi letaknya yang berada di ketinggian, membuat udara sejuk juga menemani Anda. Puncak Distoroto merupakan tempat wisata modern karena memiliki berbagai bentuk spot foto yang instagenic. Anda dapat dengan bebas menjelajahi dan menjelajahi alam di sekitar Anda. Untuk spot foto yang akan anda temukan ada gardu pandang kayu, gardu pandang bintang, rumah pohon, dan masih banyak lagi.

 

Pantai Banteng

Pantai Bandengan merupakan salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi saat berada di Jepara. Seperti namanya, tempat wisata ini terletak di Desa Bandengan dan tiket masuknya sangat terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek 5rb per orang. Nanti anda akan melihat indahnya pemandangan pantai yang masih alami dengan air yang jernih. Dan bisa merasakan suasana khas pantai dengan pasir putihnya yang bersih.

 

Pantai Bandengan juga memiliki nama lain yaitu Pantai Tirta Samudera. Objek wisata ini memiliki ombak yang cukup deras sehingga sangat cocok sebagai tempat bermain banana boat, jetski, kano dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena keindahannya, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tuan rumah festival layang-layang bertaraf internasional dan juga arena balap motorcross, bahkan jika beruntung bisa menjadi pesertanya.

 

Taman Laut Penyu

Taman Laut Penyu merupakan andalan Pantai Kartini yang sangat populer di kalangan masyarakat dan wisatawan. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung. Dari bentuk bangunannya yang berupa kura-kura raksasa hingga berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, saya tertarik dengan tempat ini. Bangunan penyu raksasa ini terdiri dari 2 lantai. Di lantai dasar Anda akan disuguhkan keindahan akuarium raksasa yang berisi berbagai hewan laut, terutama penyu dan penyu.

 

Sedangkan di lantai 2 terdapat berbagai macam wahana dan tentunya sangat cocok untuk anak-anak. Tempatnya sangat luas dengan fasilitas yang cukup lengkap. Ada juga spot foto yang menarik dan instagenic, cocok untuk para pemburu selfie. Masih banyak lagi keseruan yang akan saya dapatkan selama di sini, untuk menikmatinya cukup membayar tiket masuk seharga 17,5rb.

 

Ragas Tour

Wisata Ragas merupakan objek wisata yang dulunya digunakan sebagai kawasan penambangan batu kapur baru. Karena keindahan yang dihasilkan lokasi ini, kemudian ditetapkan sebagai salah satu tempat wisata andalan Jepara. Lokasinya sendiri berasal dari Desa Clering, Kecamatan Donorojo dan berjarak sekitar 3 km sebelah timur Benteng Portugis.

 

Saat berkunjung ke sini Anda akan disuguhkan pemandangan indah seperti Danau Kelimutu yang berasal dari NTT. Nah, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh, sob. Pemandangan dari kombinasi air kolam jernih kebiruan dengan tebing tinggi dan dikelilingi rerumputan hijau tentu akan memanjakan mata.

 

Hutan Wisata Sreni

Hutan Wisata Sreni merupakan destinasi wisata hutan kebanggaan Jepara. Disini suasananya masih sangat asri dengan pepohonan pinus yang tumbuh rindang. Udara yang dihasilkan juga sangat sejuk dan tentunya bebas polusi. Tak heran jika Hutan Wisata Sreni dijadikan sebagai tempat camping nasional. Tak hanya menyuguhkan keindahan hutan pinus, kawasan ini juga terbagi menjadi beberapa bagian yang bisa Anda jelajahi.

 

Ini termasuk sawah, bukit, kebun, sungai, dan daerah pemukiman. Hutan Wisata Sreni terletak di kaki Gunung Muria, tepatnya di Desa Batugede, Kecamatan Nalumsari. Jadi buat kalian yang ingin mendaki ke Gunung Muria, oke banget mampir ke hutan ini.

 

Air Terjun Songgolangit

Sekitar 30 km dari pusat kota terdapat sebuah objek wisata air terjun yang sangat familiar dikalangan masyarakat khususnya pecinta alam. Nama Air Terjun Songgolangit terletak di Desa Bucu, Kecamatan Kembang. Memiliki ketinggian sekitar 80 m dengan lebar 2 m dengan air yang masih sangat jernih dan bersih dengan warna turquoise. Apalagi di sekitarnya banyak terdapat pepohonan yang masih asri, menambah kesan alami.

 

Dijamin betah berlama-lama disini, juga bisa dijadikan sebagai pereda rasa penat yang menyegarkan. Keindahan lain yang bisa Anda lihat dari tempat ini adalah keberadaan segerombolan kupu-kupu cantik yang hidup di sekitar air terjun. Namun harus diingat, jangan bermain di tengah atau di bawah air terjun, karena debit airnya cukup deras dan bisa berbahaya jika tidak hati-hati.

 

Pulau Panjang

Selain Karimunjawa, ada pulau lain di Jepara yang juga sangat terkenal dan menjadi rekomendasi. Namanya Long Island dan memiliki keunikan yaitu garis pantai yang cukup panjang. Untuk bisa datang kesini anda bisa menaikinya menggunakan perahu motor dari Pantai Kartini. Lokasinya cukup dekat yaitu sekitar 2,5 km dan tentunya tidak memakan waktu yang terlalu lama. Biaya sewanya juga sangat terjangkau, hanya menghabiskan 13rb.

 

Saat Anda tiba di Pulau Panjang, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam khas pantai yang masih sangat terjaga kelestariannya. Air pantainya masih sangat jernih dengan warna biru kehijauan, bahkan kita bisa melihat kekayaan bawah lautnya secara langsung. Berbagai jenis terumbu karang yang indah menghiasi pantai.

 

Gua Tritip

Tempat wisata selanjutnya adalah Gua Tritip. Gua ini terletak di Ujung Watu, Kecamatan Donorojo dan Anda bebas berkunjung ke sini kapan saja. Meski sebagai tempat wisata, kamu tetap harus berhati-hati ya sob, karena tempat ini sedikit berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Aura mistis bisa Anda rasakan dengan jelas saat berada di sekitar area goa. Bahkan, Anda juga akan melihat berbagai macam sesajen yang biasa dibawa pada malam Jumat.

 

Maklum, karena masyarakat sekitar percaya bahwa gua ini dulunya merupakan pertapaan yang sangat dihormati. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan misteri dan mencari cerita horor. Keunikan lain yang bisa kita lihat adalah adanya perahu di atas kawasan goa, padahal tempat ini jauh dari kawasan pantai. Selain keunikannya yang misterius, Gua Tritip juga memiliki banyak stalagmit dan stalaktit yang indah.

 

Benteng VOC

Dekat dengan kawasan Museum RA Kartini dan Stadion Gelora Bumi Kartini terdapat objek wisata sejarah dengan bentuk yang sangat khas. Tempat wisata sejarah ini diberi nama Benteng VOC atau dengan nama resmi Benteng Jepara XVI meskipun masyarakat setempat lebih suka menyebutnya dengan nama Lodi Gunung. Nantinya Anda bisa melihat dan menyentuh langsung benteng yang sangat tua ini.

 

Benteng ini memiliki gaya arsitektur Eropa yang sangat unik dan indah dengan pintu masuk berwarna putih dan dikelilingi oleh tanaman hijau membuat kesan eksotis semakin melekat pada tempat ini. Selain itu, di area Benteng VOC juga terdapat makam seorang perwira senior VOC, Kapten Francois Tack. Lokasinya sendiri berada di Jalan Pahlawan, Kecamatan Ujungbatu dan berada di ketinggian 85 meter di atas permukaan laut.

 

Pantai Punuk Sapi

Padahal, Jepara terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang melimpah. Tak sedikit pantai di kawasan ini yang memiliki keunikan dan pesona tersendiri, termasuk Pantai Punuk Sapi yang terletak di Desa Balong, Kecamatan Kembang. Keunikan Pantai Cow Hump bisa dilihat dari pasirnya yang berwarna hitam dan merah. Karena itu, julukan Pantai Lemah Abang pun dilekatkan pada tempat ini. Penamaan punuk sapi ini diambil dari sebuah pantai baru yang berukuran besar yang berbentuk seperti punuk sapi.

 

Tidak hanya punuk sapi yang berukuran besar, di pantai ini juga banyak terdapat bebatuan besar lainnya. Anda juga bisa bermain air dan menjelajahi kekayaan bawah laut. Airnya masih sangat jernih, berpadu dengan lokasi yang bersih dan terawat.

 

Demikian ulasan artikel tentang  Tempat Wisata Di Jepara  Yang Harus Kamu Ketahui semoga bermanfaat, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update