Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

NILAI PANCASILA MELAWAN CORONA

Jumat, 01 Oktober 2021 | Oktober 01, 2021 WIB Last Updated 2021-10-01T02:14:44Z

 

NILAI PANCASILA MELAWAN CORONA

Oleh

Hellen Silvia Meilana Putri

Mahasiswa PGSD UNISNU Jepara


Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia, selain itu pula Pancasila dijadikan dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara oleh masyarakat Indonesia. Sehingga penerapan nilai Pancasila mampu menjadi kepribadian bangsa dan mampu menjadi ciri atas bangsa Indonesia.

 

Merebaknya wabah Covid-19 atau yang akrab disebut juga Corona menuntut masyarakat maupun pemerintah untuk bersatu padu untuk menghadapinya. Menghadapi wabah corona merupakan kewajiban bersama seluruh bangsa Indonesia, sehigga mampu mengembalikan kondisi negara dalam menjalnkan kehidupan seperti semula.

 

Hellen Silvia Meilana Putri


Kunci dalam menghadapi permasalah hakikatnya adalah bersatu tanpa memandang perbedaan antar golongan. Menyalahkan satu sama lain tentu bukan bagian dari karakter pribadi bangsa Indonesia, sejatinya prinsip dalam mengimplementasikan nilai Pancasila adalah menemukan solusi melalui kerja sama seluruh bangsa Indonesia.

 

Pentingnya pemahaman implementasi nilai-nilai Pancasila terhadap masyarakat diperlukan untuk meyakinkan bahwa menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah merupakan salah satu bentuk mengimplementasikan nilai Pancasila.

 

Pemahaman secara mendalam terhadap nilai Pancasila merupakan bagian penting sebagai upaya preventif untuk masyarakat agar tidak melanggar ketentuan yang telah ditetapkan terkait upaya penyelesaian dan penanganan corona. Pemahaman nilai Pancasila sejatinya merupakan pondasi untuk mengontrol masyarakat tanpa perlu penegakan secara represif kepada masyarakat. Setidaknya, konsep cinta tanah air perlu diperkuat kepada masyarakat agar pemahaman nilai Pancasila lebih kokoh. Penanaman nilai Pancasila dan cinta tanah air akan mempermudah untuk mengimbau masyarakat agar tetap bersatu terhadap hal yang yang mengancam kenegaraan.

 

Implementasi Nilai Pancasila

 

Penerapan nilai pada Pancasila diharapkan mampu dengan cepat untuk mengatasi pandemi. Penerepan tersebut seperti halnya dalam menerapkan sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang mengandung nilai religius keagamaan yang menjadi fondasi dalam kehidupan spritual masyarakat. Penerapan sila pertama dapat dilakukan dengan berdoa dan berserah diri kepada-Nya untuk keselamatan agar virus ini akan segera berakhir dari negara Indonesia.

 

“Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”. Sila ke-dua ini mengandung makna bahwa setiap orang wajib memiliki sikap tenggang rasa yang menjujung nilai kemanusiaan serta bersifat sosial satu sama lain dengan memperhatikan etika, sehingga muncul rasa memanusiakan manusia.

 

Sila ke-tiga yakni “Persatuan Indonesia” mengandung makna bahwa rakyat Indonesia harus bersatu walaupun berbeda-beda, dengan menerapkan persatuan yang terasa berat akan menjadi terasa ringan. Pandemi ini dapat dikalahkan dengan cara kita bersatu untuk melawannya. Implementasi prsatuan ini dapat diwujudkan dengan selalu menerapkan prokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi.

 

“Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyaratan Perwakilan” merupakan sila ke-empat yang mengandung makna bahwa kepatuh an warga negara kepada pemerintah menjadi langkah preventif dalam menghadapi virus ini. Mendukung kebijakan pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi merupakan salah upaya untuk melawan atau menghentikan penularan virus ini

 

Sila ke-lima yakni “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” yang memiliki makna bahwa Negara Indonesia harus berperilaku adil terkait sosial bagi rakyatnya. Dampak atas corona dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali, sehingga dalam menyalurkan bantuan sosial harus benar-benar tepat sasaran, sehingga rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia akan terwujud. Sinergisitas antar pihak perwenang sangat diperlukan sehingga data yang memang berhak akan tepat sasaran.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update