Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

DUET PUTRA JEPARA KONSISTEN MENGUKIR PRESTASI

Rabu, 29 September 2021 | September 29, 2021 WIB Last Updated 2021-09-29T13:49:08Z


Prestasi kembali diraih oleh Muhammad Yogi Alfito Valentino dan Muhammad Andi Kurniawan sebagai Juara 1 Lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) tak lama ini. 


Acara KRENOVA sendiri diselenggarakan oleh BAPEDDA Kabupaten Jepara yang dimulai sejak tanggal 1 Agustus sampai dengan 23 September 2021. Puncak acara dilakukanya presentasi oleh peserta pada babak final yang dilaksanakan secara offline di Ruang Rapat Lantai 2 BAPEDDA Kabupaten Jepara.


Muhammad Yogi Alfito Valentino sendiri merupakan warga Desa Sukodono dan Muhammad Andi Kurniawan dari Desa Mindahan. Keduanya merupakan mahasiswa aktif di Universitas Negeri Semarang.


Pasangan putra Jepara ini kerapkali mengikuti kompetisi ilmiah serupa dengan inovasi-inovasi yang dibawakan terkait dengan permasalahan di Kabupaten Jepara seperti industri ukir, potensi 5 bidang pariwisata, pendidikan disabilitas, dan pendidikan muatan lokal ukir. 


Prestasi yang telah berhasil diraih baik tingkat daerah, nasional bahkan internasional telah mencapau puluhan. Muhammad Yogi Alfito Valentino telah tercatat memiliki prestasi sampai 50, sedangkan M. Andi Kurniawan sendiri memiliki 35 prestasi. 


Event KRENOVA ini mereka mengangkat indahnya Bumi Kartini yang terkenal dengan sebutan “Kota Ukir” yang bahkan sudah dikenal oleh dunia keindahan ukir yang dihasilkan, dengan harapan Kabupaten Jepara akan terus menjadi kota ukir kini, esok dan selamanya.


“Berawal dari sini, kami sebagai putra daerah yang notabenenya tidak bisa mengukir sama sekali. Namun, hal tersebut tidak serta merta mengabaikan warisan luhur Kabupaten Jepara yang telah diakui dunia tersebut, dengan cara lain kami mencoba mengembangkan potensi ukir yang ada di Kabupaten Jepara melalui sebuah gagasan inovasi berbasis aplikasi secara terintegrasi dengan berbagai stakeholders yang ada di kabupaten jepara, yakni academy, bussines, comunity, goverment, dan media melalui JENITURE (Jepara Integrated Furniture)”, Tutur Andi.


JENITURE sendiri merupakan sebuah inovasi platform digital pengembangan ukir melalui pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Jepara guna meningkatkan eksitensi ukir sebagai sektor ekonomi utama secara terintegrasi dan tersistematis yang diharapkan mampu meningkatkan produktifitas ukir yang mendukung perekonomian di tengah pandemi Covid-19 secara berkelanjutan berlandaskan Sustainable Smart City.


Yogi juga menambahkan bahwa “Krenova ini menjadi ajang kontribusi kami untuk menyalurkan inovasi, gagasan dan kreativitas kami sebagai putra daerah. Aplikasi ini dulu juga pernah mendapat penghargaan 1st Winner South East ASEAN Student Article Competition atau Lomba artikel tingkat Asia Tenggara pada tahun 2020 tapi hanya berupa gagasan saja. Nah di Krenova ini kami mencoba mengevaluasi dan menyempurnakan inovasi kami”.


Adapun hasil lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) Kabupaten Jepara Tahun 2021 ini adalah Juara 1 Universitas Negeri Semarang (M. Andi Kurniawan dan M. Yogi Alfito Valentino), Juara 2 Universitas Diponegoro, dan Juara 3 CV. Sambal Ikan Asap Jepara. (nis)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update