Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

LAUNCHING TARI TRADITIONAL KHAS BATEALIT RAMAIKAN PEMBUKAAN ARTSOTIKA MURIA DI JEPARA

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Oktober 30, 2021 WIB Last Updated 2021-10-30T05:45:04Z

 

Dokumentasi Kirab Budaya

rumahkabar.com-Tari tradisional Tari guyub rukun selaras Batealit yang merupakan tarian khas batealit di launching saat pelaksanaan pembukaan pecan budaya Artsotika Muria di Kabupaten Jepara. Tarian guyub rukun selaras Batealit diperagakan dari Sanggar Tari Laras binaan Ibu Tri Jumiati.


Kegiatan Artsotika Muria sendiri dilaksanakan pada hari Jum’at (28/10) baru-baru ini dengan, mengangkat tema Urub Urip Balik Mbelik. Pelaksanaan nya sendiri dilakukan di Desa Batealit tepatnya di Belik (sumber mata air) Watu bobot.


Prosesi acara diawali dengan kirab budaya dari sekretariat panita artsotika sampai ke belik Watu bobot, kemudian dilanjutkan dengan Do'a bersama serta sambutan dari Petinggi (Kepala Desa) Batealit serta dari Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Jepara. Acara kemudian dilanjutkan dengan Launching tari guyub rukun selaras Batealit, kemudian lukis Kendit Wit, dan diakhiri dengan penanaman pohon di sekitar belik. 


Kegiatan Artsotika Muria merupakan menyamakan rasa dan pemikiran, bergotong royong di seputaran Gunung Muria, dalam bentuk apapun yang bertujuan menjaga, merawat, mengembalikan, dan menu mbuh kembangkan potensi Muria dalam hal sumber daya alam maupun masyarakatnya di wilayah gunung muria (Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Jepara).


Kegiatan artsotika yang diselenggarakan di Desa Batealit merupakan upaya untuk mengembalikan kelestarian Muria mulai dari alam, kebudayaan dan lainnya, karena batealit termasuk salah satu desa yang terletak di lereng muria yang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan memiliki potensi kebudayaan kebudayaan yang luar biasa, dan batealit juga salah satu desa di Jepara yang mendapatkan sertifikat desa wisata. 


"Besar harapannya batealit bisa kembali berjaya seperti sejarah di masalalu dimana batealit menjadi lumbung sayur lumbung pertanian dan juga menjadi sumber air untuk sekitar". Tutur ketua panitia yang akrab dipanggil mbah Jhon


Petinggi Desa Batealit menyampaikan harapan dari dilaksanakanya kegiatan artsotika yang dibuka di belik Watu bobot ini dapat menjadi awal untuk kesejahteraan masyarakat desa batealit seperti sumber air belik Watu bobot yang selalu bersumber tidak ada keringnya, masyarakat makmur, sejahat terakhir gemah limpah loh jinawe, semua serba ada di desa batealit. 


“Semoga melalui kegiatan ini masyarakat masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta masyarakat dapat melestarikan alam, melestarikan lingkungan utamanya belik Watu bobot sebagai sumber air, dan juga situs situasi lain yang ada di desa batealit”. Ungkap Ali Asikin Petinggi Desa Batealit kepada rumahkabar.com. (nis)


Editor: Nuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update