Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

FH USM SOSIALISASI HUKUM DI SMK NEGERI 2 SEMARANG

Sabtu, 23 Oktober 2021 | Oktober 23, 2021 WIB Last Updated 2021-10-23T11:04:14Z
Dokumentasi Acara PKM oleh FH USM dengan SMK Negeri 2 Semarang

Rumahkabar.com-Semarang, Jumat, (22/10), Fakultas Hukum Universitas Semarang (USM) sebagai upaya dalam melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pengabdian ini dilaksanakan oleh Dosen FH USM yang.berterbagi ke dalam 2 Tim. diketuai oleh Dhian indah Astantj, D.H.,M,H. dengan anggota Helen Intania Surayda, S.H., M.H. sebagai tim pertama, dan tim kedua diketuai oleh Tri Mulyani, S.Pd., S.H., M.H., dengan anggota Efi Yulistyowati, S.H., M.Hum, serta melibatkan mahasiswa.


Bertempat di SMK Negeri 2 Semarang, Kegiatan PKM ini mendapatkan sambutan baik dari bapak Drs. Suroyo selaku kepala sekolah SMK Negeri 2 Semarang. Dalam sambutanya beliau  menyampaikan antusiasme nya dalam terselenggaranya acara tersebut. 


Kegiatan PKM ini dibuka dengan hikmad oleh pihak FH USM yang diwakili oleh Dhian Indah Astanti, S.H., M.H. setelah dibukanya acara tersebut Efi Yulistyowati, S.H., M.Hum, memaparkan selayang pandang FH USM dengan tujuan memperkenalkan FH USM kepada siswa siswi SMK Negeri 2 Semarang. 


Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini  diikuti sebanyak 70 peserta dari siswa-siswi SMK Negeri 2 Semarang. Sasaran ini sengaja ditujukan kepada Siswa SMA Kelas XI dengan tujuan mereka mampu menularkan ilmu yang disampaikan kepada adik kelas khususnya dan siswa-siswi yang lain di luar SMK Negeri 2 Semarang.


Acara yang dipandu oleh Helen Intania Surayda, S.H., M.H. Dalam acara tersebut Kedua Tim menyampaikan tema yang berbeda. Tema yang pertama, disampaikan oleh Dhian Indah Astanti, S.H., M.H, mengenai “Peningkatan Pemahaman Siswa SMK Negeri 2 Kota Semarang Mengenai Perjanjian Jual Beli Melalui Website (Online)”. Ketika diwawancarai, Dhian menyampaikan bahwa “tema ini sengaja diangkat, karena ingin memberikan edukasi mengenai Perjanjian Jual Beli Melalui Website (Online)”. Selanjutnya Dhian menambahkan bahwasannya pelaku Jual Beli Melalui Website (Online) kebanyakan adalah remaja, itulah kiranya mereka perlu diberikan pemahaman mengenai cara melakukan Jual Beli Melalui Website (Online) secara aman. Tambah Dhian.


Tema yang kedua, adalah “Peningkatan Pemahaman Siswa SMK Negeri 2 Semarang Mengenai Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menggunakan Medsos”. Sebagai pemateri adalah Tri Mulyani, S.Pd., S.H., M.H. 


Tri Mulyani dalam wawancaranya menyampaikan bahwa “tema ini sengaja diangkat karena salah satu bentuk tanggung jawab kami dari akademisi untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila dalam menggunakan Medsos”. Nilai Pancasila dapat menjadi filter agar siswa-siswi tidak terperangkap kepada penggunaan medsos yang berlebihan yang menyebabkan ketergantungan bahkan kejahatan. Untuk melindungi diri dari ancaman negatif penggunaan medsos, marilah berinternet secara cerdas dan bijaksana. Himbau Tri. Untuk memberikan pemahaman yang mendalam, Mengenai nilai-nilai Pancasila, Tim kedua mengundang narasumber dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB) Universitas Semarang, yaitu Saudara Rusgiharto, M.Pd.


Semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi di SMK Negeri 2 Semarang, yang nota bene mereka merupakan generasi muda penerus bangsa, sehingga patut kita jaga, dan kita tamengi dengan perisai Pancasila. Tegas Tri.


Editor : Saiful


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update