Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

SALAH TAPI LUMRAH

Sabtu, 08 Mei 2021 | Mei 08, 2021 WIB Last Updated 2021-05-08T00:28:50Z

Mari kita bersama-sama mukhasabah diri kemudian menengadahkan tangan seraya berdoa sebelum membaca opini ini, jangan lupa jug abaca artikel Hukum-Hukum Islam  

Disclamer diatas memberikan notice kepada kalian pembaca blog ini. Supaya kita selalu sadar dan mawas diri dengan apapun yang kita lakukan, banyak dari kita tanpa sadar melakukan hal yang sebenarnya itu salah tapi terlanjur keseringan jadi merasa biasa saja. Istilah kata Bahasa jawa kita  sebut dengan “wis kasep”. Jika kalian pernah diposisi ini mari kita bersama-sama merubah apa yang tidak baik dari diri kita masing-masing. Bukan maksud menggurui hanya sekedar mengingatkan.

Rumah Kabar
Freepik.com

Iri dengan Orang Lain

Iri adalah sifat yang tidak dianjurkan ada pada diri kita, iri akan membawa kita masuk pada kedengkian. Tak jarang ketika kita melihat prestasi orang lain pasti terbesit entah itu sedikit atau banyak pastinya ada rasa iri namun untuk meluapkanya berbeda-beda pada masing-masing individu.  Jika dirasa kalian pernah iri kepada orang lain kemudian merendahkan apa yang diperoleh mari kita berfikir bersama dengan menanyakan pada diri kita masing-masing. Seberapa hebatkah diri kita sehingga berani merendahkan orang lain. Kita berpijak pada bumi diatas kita masih ada langit. Jadi “tetaplah membumi jangan menjadi langit”.

 

Saat Puasa

Pada saat puasa ketika ada orang yang tidak puasa pasti kita langsung menegurnya, “hah gak puasa lu ya, parah ni orang. Gak puasa lu huuuu”. Wajib bagi umat islam menjalankan ibadah puasa karena puasa merupakan rukun islam yang ke 3. Tapi disamping itu sama-sama hukumnya wajib tapi disepelekan dan dianggap biasa. “meninggalkan sholat”. Jika teman anda atau yang anda kenal tidak menjalankan ibadah sholat kalian pastinya tidak akan menegur layaknya orang yang tidak puasa. Benar begitu ??? jika benar mari kita ubah bersama-sama apa yang tidak baik dari diri kita masing-masing.

 

Buka Bersama Meninggalkan Sholat

Uforia Ramadhan pasti menyisakan kenangan yang mendalam, bulan yang kita tunggu-tunggu karena banyak berkah dan pahala. Tidak hanya itu kita juga diberikan pelajaran untuk dapat menjaga tingkah laku dan hawa nafsu. Waktu yang paling ditunggu-tunggu adalah adzan magrib saatnya melepas dahaga dan lapar dari puasa yang kita jalani. pada masing-masing dari kita pastinya akan membuat rencana mengumpulkan teman lama dengan memakai istilah buka bersama, namun disamping itu pasti kalian akan luput tidak menjalankan ibadah sholat magrib. Tak jarang dari kalian yang asik mengobrol karna lama tak jumpa kawan lama, asik dengan suasana sehingga lupa apa yang diwajibkan untuk dikerjakan.

 

Mengucapkan maaf

Langka sekali sekarang orang yang ketika melakukan salah dia menyadari dan merendah untuk meminta maaf, banyak terjadi fenomena ini. Itu semua disebabkan dari sifat egois yang terlalu besar dalam diri kita masing-masing. Contohnya saja dijalan raya dipersimpangan kita dihadapkan dengan kebingungan kehilangan focus kemudian tidak melihat ada motor yang menyebrang dari arah lain, dan terjadilah kecelakaan. Jika ditanggapinya dengan emosi dan egois masing-masing pasti akan terjadi adu mulut sampai-sampai bias terjadi baku hantam. Sebenarnya mengucapkan maaf walau kita tidak salah itu lebih dapat meredakan amarah. Sangat sulit sekali untuk kita mengakui kesalahan tapi jika ada benarnya kita pasti keroyokan. Mari kita belajar bersama untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Mengucapkan Terimakasih

Terimakasih adalah kata ucapan untuk memberikan tanggapan dari kebaikan seseorang. Namun tak jarang dari kita mengabaikan itu, dibalik kata terimakasih menyimpan kebaikan yang tiada tara. Ketika kita mengucapkan terimkasih kepada orang lain maka orang tersebut tidak akan kapok untuk berbaik hati lahoi kepada kalian. Kalian yang masih belum bias mengucapkan kata terimakasih yuk mulai dari sekarang belajar untuk memperbaiki diri.

 

Jika kalian memiliki saran atau koreksi dari tulisan ini silahkan tinggalkan komen, karena kesempurnaan hanya milik allah kita sebagai hamba banyak memiliku kekurangan. Sekian informasi dari rumahkabar.com semoga dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update