Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tutorial Atasi Memori Penuh di Android, Ponsel Lancar Seperti Baru

Sabtu, 24 April 2021 | April 24, 2021 WIB Last Updated 2021-06-02T01:34:18Z

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu Di Android

rumah kabar
Sumber : Freepick.com

Pengguna smartphone sering mengeluhkan memori ponsel penuh. Memori ponsel pada dasarnya sama dengan otak manusia yang menyimpan ingatan atau data file. Memori penuh terjadi ketika kapasitas penyimpanan tidak mencukupi dalam menyimpan file, sehingga smartphone menjadi lag. Untuk itu rumahkabar.com akan berbagi tutorial atasi memori penuh di android agar tidak terjadi lag.  

Memori ponsel di bagi menjadi dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Memori internal adalah memori bawaan dari ponsel, sedangkan memori eksternal yaitu memori tambahan yang disematkan pada slot yang disediakan pada andorid. Lalu, bagaimana jika mendapati memori internal ponsel tersebut sudah penuh?

Tutorial Atasi Memori Penuh di Android

Sebelum masuk pembahasan tutorial atasi memori penuh di Android. Kalian harus tahu beberapa aplikasi yang sedang dipakai, karena pada umumnya aplikasi tersebut kadang tidak benar-benar dibutuhkan. Kalian harus paham pula aplikasi mana yang memerlukan memori terlalu besar. Berikut ini rumahkabar.com berbagi cara untuk mengatasi memori ponsel jika terlalu penuh.

1. Rutin membersihkan cache

Cara yang pertama untuk mengatasi memori penuh adalah dengan rutin membersihkan cache aplikasi. Cache sendiri merupakan data sisa yang tidak terpakai. Kemudian bagaimana caranya ? langkah pertama masuk ke menu “setting”. Setelah itu pilih menu “apps management”. Jika sudah, klik aplikasi yang sering digunakan, lalu klik menu “storage usage”. Pilih tool “clear cache”. Cara berhasil di bersihkan.

2. Hindari instal aplikasi yang berat

Dalam google playstore memiliki sekian banyak  macam software dan game yang dapat diunduh atau diinstal , sayangnya, tidak jarang pemakai smartphone tidak menyadari bahwa software yang di instal memakan penyimpanan terlalu banyak. Untuk itu dianjurkan  mencari alternative pilihan aplikasi yang sama namun berbeda ukuran file, lebih kecil sebelum men-downloadnya.

3. Matikan Fitur Download Otomatis pada Whatsapp

Jika kalian pengguna whatsapps tentunya pernah mengalami foto, video, maupun file-file berkas lain terunduh secara otomatis, hal ini mengakibatkan penyimpanan dari smartphone kalian berkurang, padahal kita tidak ada keinginan untuk menyimpan file tersebut. Nah untuk itu cara mengatasinya yaitu dengan cara mematikan auto download dari media ke whatsapp.

Yang kedua kalian dapat membackup file kalian kedalam google drive sehingga kita dapat menghapus data yang ada pada smartphone kita tanpa perlu khawatir sewaktu2 data diperlukan kita dapat memulihkanya dengan google drive.

4. Uninstal Aplikasi yang Jarang Digunakan

Memori internal penuh bisa juga diakibatkan banyaknya aplikasi yang terinstal pada smartphone kalian, diantara kalian pasti pernah mencoba-coba menginstal aplikasi karena penasaran, kemudian setelah tahu kegunaanya diabaikan tidak diuninstal. Akaibatnya kapasitas memori jadi berkurang, solusinya uninstall aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan untuk melancarkan kinerja dari smartphone kalian.

5. Atur Lokasi Penyimpanan Foto Kamera

Tutorial atasi memori penuh selanjutnya yaitu mengganti penyimpanan foto kamera yang semula internal diubah menjadi eksternal, hasilnya ketika mengambil foto nantinya file tersebut akan otomatis tersimpan ke dalam memori eksternal yang sudah disetting tadi, caranya buka menu dikamera, cari menu setting. Kemudian cari lokasi penyimpanan selanjutnya ganti dari internal menuju eksternal.

mengatur lokasi penyimpanan foto kamera. Pindahkan lokasi tersebut yang semula dari memori internal berganti ke memori eksternal. ketika membidik foto nantinya akan otomatis tersimpan ke memori eksternal. Cara mengatasinya dengan membuka aplikasi kamera kemudian cari menu setting. Ubah lokasi penyimpanan yang semula dari internal menuju eksternal.

6. Hapus Foto yang Tidak Digunakan

Kalian pasti memiliki pengalaman serupa ketika bertemu dengan teman lama, atau menghadiri kegiatan pasti tidak jarang kalian mengambil foto dengan berulang-ulang untuk mengabadikan moment tersebut, pada saat mengabadikan momen pasti adakalanya kalian tidak puas dengan hasil yang didapat kemudian mengambil foto lagi dan lagi sampai menemukan hasil seperti yang diinginkan, namun tidak menghapus hasil foto yang tidak diinginkan. Akibatnya file tersebut menumpuk sedikit demi sedikit menjadikanya bukit, nah untuk itu hapus foto yang tidak diinginkan untuk mengurangi kapasitas penyimpanan android kalian.

7. Memulai Ulang Setelan Pabrik

Tutorial atasi memori penuh Cara yang paling ampuh adalah dengan cara memulai ulang setelan pabrik, atau hard reset smartphone kalian. namun jangan lupa data-data yang penting di back up terlebih dahulu dikarnakan nantinya seluruh data di smartphone kalian akan terhapus keseluruhan.


Tutorial atasi memori penuh pada ponsel kalian dapat menerapkanya ketika mendapati masalah yang serupa. semoga Setelah mengetahui Tutorial atasi memori penuh  dari rumahkabar.com , diharapkan ponsel yang digunakan dapat berjalan dengan normal kembali ketika digunakan. Semoga bermanfaat.

 

4 komentar:

  1. Berarti ponsel saya gimana yaa mas yang instal aplikasi atau game yang makan penyimpanan besar. Sering muncul penyimpanan hampir penuh mulu setelah saya bersihkan cache dan file dalam DCIM yang gede sampai beberapa GB. Alhasil, beberapa hari muncul lagi. Update otomatis udah non aktif, download otomatis saya matikan, file besar dah aku kurangi, aplikasi banyak sih yang ga kepakai atau jarang dipakai, mau hapus tapi sayang.

    Membantu sih mas tutorialnya. Makasih mas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika menggunakan produk "mi", banyak fitur aplikasi bawaan yang memakan space penyimpanan internal kak. bisa diroot untuk menghapus tapi tidak direkomendasikan. lebih baik uninstal game2 yang memakan banyak space

      Hapus
    2. Saya pake Nokia 5 android gan. Udah pake eksternal 16 GB padahal.

      Hapus
    3. untuk aplikasi instalasinya nyimpanya di internal kak, perlu root sih biasanya biar bisa dipindah ke kesternal

      Hapus

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update