10 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Menghasilkan Uang - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 31 Maret 2021

10 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Menghasilkan Uang

Cara Menjadi Blogger Sukses
Rumahkabar.com - Blogger adalah orang yang bekerja mengelola blog dan membuat konten berupa artikel yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Cara menjadi blogger sukses dan menghasilkan uang harus dilakukan dengan serius dan konsisten. Banyak Cara Menjadi Blogger Sukses dan Menghasilkan Uang

Semakin berkembangnya dunia digital, menjadi blogger semakin menguntungkan dan prospek kedepannya sangat terbuka lebar. Menjadi seorang blogger itu berarti kamu siap menghadapi tantangan dan menulis artikel yang menarik dan bermanfaat tentunya.

Bila kita perhatikan, saat ini banyak orang ingin menjadi Youtuber, itu bukan berarti menjadi seorang blogger itu ketinggalan zaman. Hal ini karena menjadi blogger itu gampang dan bisa menghasilkan uang tentunya.

Dalam pembuatan artikel seorang blogger juga tidak memerlukan biaya yang tinggi. Sehingga inilah yang menarik banyak orang untuk membuat blog. Berbeda dengan manjadi youtuber, kamu memerlukan peralatan seperti kamera, pc/lapop hight end dan sebagainya untuk membuat konten video.

Sudah banyak kisah sukses para blogger di indonesia yang bisa kita contoh. Dan mereka terbukti berhasil mendatangkan pundi - pundi rupiah yang tidak sedikit dan bahkan bisa mencapai ratusan juta perbulannya.

Menjadi blogger yang sukses memang tidaklah mudah, perlu waktu tenaga dan pikiran yang kita curahkan agar bisa membuat konten artikel yang menarik dan memiliki daya tarik agar orang ingin membacanya.

Pada artikel ini saya mencoba untuk berbagi tips bagaimana menajadi blogger yang sukses dan menghasilkan uang. Pembahasan ini diharapkan untuk kamu yang ingin atau sudah menjadi blogger tetap semangat dan konsisten dalam menikmati suma prosesnya.

Sebelum menjadi blogger kita harus terlebih dahulu memiliki ALASAN YANG KUAT mengapa ingin menjadi blogger. Dengan alasan yang kuat maka kita akan terus fokus untuk mengejar apa yang kita impikan. Semua halangan dan rintangan akan mudah dilalui jika kita memiliki alasan yang kuat.

Memiliki alasan yang kuat maka kita akan lebih percaya diri untuk melakukan atau take action daripada kita tidak memiliki alasan mengapa ingin menjadi blogger. Seringkali orang yang tidak memiliki alasan yang kuat mereka berhenti di tengah jalan alias menyerah.

Kemudian setelah memiliki alasan yang kuat maka selanjutnya adalah memiliki RENCANA. Rencana atau planning ini bertujuan agar semua aktifitas blogging kamu terarah dan tepat sasaran. Buatlah rencana mengenai blog yang kamu buat seperti kapan membuat artikel, kapan ingin update artikel dan tentukan juga tentukan niche blog apa yang kamu pilih agar kamu mudah dalam mencari ide untuk mengupdate artikel.

Selanjutnya adalah tentukan GOAL yang ingin kamu capai dalam blogging. Goal ini bertujuan untuk terus memotivasi kamu agar terus berkarkarya membuat artikel dan terus konsisten. Tuliskan Goal kamu di kertas dan tempelkanlah di dinding atau dimana tempat yang sering kamu lihat sehingga kamu akan selalu ingat dengan goal dan impianmu.
Artikel minimal 1000 kata

Yang pertama adalah membuat artikel minimal 1000 kata. Saya menentukan ini karena artikel adalah faktor yang penting untuk kemajuan blog yang kamu miliki. Blog yang memiliki kata minimal 1000 kata per artikelnya akan lebih memiliki banyak pengunjung dibandingkan dengan blog dengan artikel kata kurang dari 1000.

Hal ini karena google sendiri menyukai situs situs yang memiliki banyak artikel. Jadi usahakan dalam membuat artikel adalah 1000 kata pada setiap artikelnya. Kata - kata yang digunakan pun harus bervariasi alias tidak banyak memiliki kata yang sama dalam satu artikel. Jadi kamu harus kreatif dalam memilih kata agar artikel yang kamu buat menarik dan disukai oleh google.

Kata yang banyak dalam satu artikel dapat membuat artikel tersebut bisa muncul di page 1 pada halaman google. Jadi akan banyak mengundang pengunjung untuk mengunjungi dan membaca artikel di blog kamu.

Cara Menjadi Blogger Sukses dan Menghasilkan Uang

Artikel original

Yang kedua adalah buatlah artikel yang original atau asli ketikan kamu sendiri. Banyak blogger yang salah kaprah dalam menulis artikel dan pada akhirnya usaha mereka sia sia saja. Mereka kebanyakan hanya mengejar banyak kata, artikel dan uang. Padahal artikel yang original adalah kunci agar blog dan artikel yang ada akan disukai oleh google.

Walaupun kamu copy paste dari blog lain kemudian kamu edit sedikit itupun masih memiliki dampak yang negatif untuk blog kamu. Terlebih lagi jika kamu copy paste tanpa mengeditnya. Bisa bisa akun kamu bisa di banned oleh pihak google.

Buatlah artikel yang asli dari pemikiran kamu sendiri dan bahasa kamu sendiri. Tapi jika kamu memang sedikit kesulitan dalam menentukan artikel apa yang ingin dibuat dan belum tahu banyak mengenai topik yang akan dibahas. Kamu bisa mengunjungi blog orang lain dan kamu pahami apa inti dan poin poin penting yang ada dalam topik tersebut. Lalu kamu bisa menulisnya dalam blog kamu dengan ketikan dan bahasa kamu sendiri. Itu akan jauh lebih baik dan disukai oleh google.

Artikel bermanfaat

Artikel yang bermanfaat dan banyak dicari orang merupakan hal yang harus kamu penuhi jika ingin menjadi blogger yang sukses. Artikel ini bisa berupa tips, cara cara, ataupun mengenai topik yang sedang hangat dibicarakan dalam waktu tersebut.

Jangan membuat artikel yang mengenai menghasut orang kejalan yang tidak benar, propaganda, SARA, Pornografi ataupun yang lain. Ini bisa saja mendatangkan malapetaka untuk blog kamu dan kamupun bisa saja dilaporkan ke polisi atas konten yang kamu buat jika melanggar peraturan yang berlaku.

Blogger yang sudah terbukti sukses tidak ada yang membuat artikel yang berbau untur negatif karena itu dapat memberikan efek yang buruk untuk semua orang. Jadilah blogger yang bijaksana dalam membuat konten dan jauhi hal hal yang negatif, baik dalam membuat artikel maupun kehidupan sehari - hari.

Update Artikel Minimal 1x Sehari

Teruslah update artikel dalam setiap harinnya. Dalam hal ini saya memberikan minimal update artikel 1x sehari saja. Tetapi jika kamu bisa lebih banyak maka itu akan lebih baik tentunya. Yang terpenting adalah artikel yang kamu update tersebut berkualitas dan kata yang terdapat dari artikel tersebut minimal 1000 kata.

Walaupun kamu update sampai 10 artikel dalam seharinya tetapi jika kata yang ada hanya 200-500 kata itupun tidak memiliki efek yang baik untuk blog kamu bahkan tidak akan ada orang yang membaca dan tidak muncul di halaman google karena tidak bisa bersaing dengan artikel dari blog lain yang lebih banyak kata dalam artikelnya.

Website yang besar seperti detik.com, tribunnews saja update artikel bisa lebih dari 10 dalam sehari. Iya memang mereka bukan perorangan tetapi perusahanaan yang memang sudah memiliki tim yang mengelolanya. Tapi ambilah nilai positifnya yaitu teruslab update artikel setiap hari dengan konten yang asli dan berkualitas agar blog kamu cepat memiliki rating yang baik di google.

Konsisten

Konsisten merupakan hal yang penting dalam semua pekerjaan. Tidak terkecuali dengan blog, konsisten merupakan kunci dalam menjadi blogger yang sukses. Terus konsisten dalam membuat artikel yang original copy paste artikel orang lain dan lakukan semua cara yang membuat blog kamu semakin ramai pengunjung secara konsisten.

Tidak ada kata menyerah untuk meraik kesusksesan, blogging adalah cara yang mudah namun memerlukan tahapan tahapan yang harus dilalui. Jangan putus asa dan teruslah memotivasi diri untuk berkarya agar suatu saat nanti kamu akan memetik hasil dari usaha kamu selama ini.

Gunakan Template Premium

Gunakan template premium agar blog kamu tidak memiliki masalah terhadap hak cipta dan biasanya blog yang premium jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan template gratisan apalagi bajakan. Template premium juga bisa dikatangan sangat cepat dalam hal loading agar pengunjung tidak keluar dari blog kita karena page loadingnya cepat.

Template premium juga lebih seo dan kesempatan untuk di approve google adsense cukup besar. Bisa dibilang tahap ini bisa saya sebut sebagai opsional. Karena memang banyak blogger diluar sana memakai blogger gratisan dan mereka bisa sukses. Ini hanya pendapat saya agar kamu bisa memakai template premium daripada memakai template yang bajakan karena merugikan orang yang membuat template tersebut.

Pelajari SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses dimana blog bisa ditampilkan di halaman google. Ilmu ini harus kamu pelajari terlebih lagi jika kamu ingin serius dalam dunia blogging dan ingin menjadi blogger yang sukses. SEO sudah bukan istilah yang asing lagi bagi para blogger karena ini merupakan ilmu yang penting untuk dipelajari dan di praktekkan.

Akan sia sia jika blog yang kita sudah kelola dengan sepenuh hati namun tidak SEO, jadi semua kerja keras kita tidak maksimal. Oleh karena itu pelajarilah teknik seo yang baik dan benar agar blog kamu bisa bersaing di halaman google bahkan berada di page one.

Teknik seo juga harus dikombinasikan dengan hal hal yang sudah saya jelaskan sebelumnya seperti artikel original, banyaknya kata dalam artikel. Tekni SEO ini sangat menarik untuk dipelajari dan sangat penting untuk perkembangan blog kamu kedepannya.

Jangan Meyerah

Jangan menyerah dalam setiap usaha dan teruslah berusaha untuk meraih goal yang kamu sudah tulis diawal tadi. Inilah salah satu fungsi goal yang kamu tulis adalah agar kamu tidak menyerah dalam berusaha meraih impianmu untuk menjadi blogger yang sukses.

Saya pribadi menanamkan kata-kata dari seorang motivator nomor 1 di indonesia bernama Tung Desem Waringin, ada sebuah quote beliau yang saya jadikan motifasi dalam setiap usaha saya yaitu "Tidak ada kata gagal yang adala hanya sukses dan belajar, Jika saya belum sukses maka saya harus terus belajar agar sukses dan ketika saya sudah sukses maka saya akan tetap terus belajar agar dikemudian hari saya jauh lebih sukses. Kata kata inilah yang saya jadikan motivasi dalam setiap usaha yang saya lakukan.

Memang dalam mencapai sebuah tujuan yang besar harus memerlukan usaha yang besar pula. Kita harus berani dalam berkreasi dan jangan berhenti belajar. Memiliki masalah sudah hal yang biasa untuk menjemput kesuksesan. Maka kamu harus terus semangat untuk menggapai tujuan yang kamu inginkan.

Monetize Blog

Ini merupakan langkah yang dilakukan mayoritas blogger untuk menghasilkan uang yaitu mendaftarkan blognya ke google adsense. Google adsense adalah layanan periklanan yang dimiliki oleh google. Mendaftarkan blog ke google adsense dan diterima olehnya tentu blog kita harus memiliki syarat yang harus dipenuhi.

Para blogger biasanya mendapatkan penghasilan dari google adsense ini. Sebagai layanan periklanan terbesar google adsense tidak hanya bisa mendaftarkan dari blog melainkan juga bisa melalui youtube. Tetapi dalam hal ini kita sebagai seorang blogger tentu mendaftarkan blog kita ke adsense.

Terus Branding dan Promosi

setelah semua langkah diatas sudah kamu lakukan maka saya sangat yakin bahwa blog kamu sekarang memiliki pengunjung yang banyak. Setelah pengunjung kamu banyak kamu bisa terus mengembangkannya dengan branding dan promosi. Ini bertujuan agar blog kamu semakin banyak pengunjungnya dan bisa menghasilkan uang yang banyak.

Semakin terkenal blog kamu maka peluang kamu untuk mendapatkan penghasilan yang fantastis dari blog akan lebih besar. Kamu bisa membuat jasa artikel placement, menerima iklan dari bisnis, dll.
Sekarang ini Branding dan promosi kamu bisa melakukannya melalui dua dunia yaitu dunia offline dan dunia online.

Di offline kamu bisa mencoba untuk membuat kartu nama, baju, kaos, stiker dll yang berkaitan dengan blog kamu tentunya. Kemudian di dunia online kamu bisa menggunakan sosial media seperti facebook, instagram dan youtube sebagai media untuk branding dan promosi.

Semua langkah diatas ini merupakan sedikit dari banyaknya cara untuk menjadi blogger yang sukses. Tetap semua inti sari untuk menjadi sukses lewat blog ada dalam artikel ini. Ketika di masa awal menjadi blogger tentu akan terasa berat menjalaninya dan itu memang hal yang wajar dan semua blogger mengalami itu.

Tetapi hal yang paling penting adalah nikmatilah semua prosesnya dan belajarlah semaksimal mungkin untuk menjadi blogger yang profesional. Tetap terus belajar dari pengalaman orang lain akan memudahka kamu untuk bisa mengikuti jejak kesuksesan mereka. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa menjadi blogger yang sukses dan bisa menghasilkan uang yang banyak dari hasil usaha kamu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad