Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Blogger Pemula Menghasilkan Uang Sampai Sukses

Selasa, 30 Maret 2021 | Maret 30, 2021 WIB Last Updated 2021-04-18T08:44:27Z


Rumahkabar.com - Apakah kamu sering mendengar istilah blogger?  dan mungkin kamu tertarik untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Minat menjadi seorang blogger adalah langkah yang baik untuk menjadi orang yang lebih kreatif dalam bidang menulis. Bukan hanya sekedar menulis asal - asalan, tetapi menulis dengan penuh makna dan manfaat untuk disampaikan ke para pembaca. Blogger Pemula Menghasilkan Uang Sampai Sukses

Mungkin bagi anda yang penasaran, mengapa sih orang mau menjadi blogger atau anda bertanya tanya darimana penghasilan blogger dan apa keuntungannya? pertanyaan seperti ini pasti banyak sekali terbesit di kepala orang awam. Baik yang baru mengetahui blog maupun yang sedang mempelajari blog.

Blogger yang sudah senior dan sukses tentu sudah memiliki penghasilan yang banyak dari hasil usaha mereka selama ini. Mereka terus berkarya membuat artikel dan terus konsisten hingga sekarang. Lalu bagaimana sih mereka bisa mendapatkan uang dari blog. Itu akan kita bahas di dalam artikel ini.

Seorang blogger pada umumnya mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, yaitu layanan periklanan yang membayar untuk setiap iklan yang ditayangkan. Untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense tentu blogger harus melewati usaha - usaha tertentu sehingga bisa diterima sebagai publisher adsense.

Ada beberapa sumber penghasilan seorang blogger dari blognya diantaranya seperti
  • Google Adsense
  • Iklan Berbayar
  • Artikel Placement
  • Menjual Template Premium
  • Jasa tulis artikel
  • Menjual ebook
Lalu bagaimanakah cara dan langkah langkah agar bisa mendapatkan penghasilan melalui blog dari awal hingga sukses. Berikut ini adalah pembahasannya saya sajikan untuk kamu pembaca setia Rumahkabar.com 

Cara Blogger Pemula Menghasilkan Uang Sampai Sukses

Membuat sebuah blog

Langkah pertama tentunya kamu harus membuat blog terlebih dahulu. Saat ini ada 2 platform blog yang sangat populer dan banyak digunakan oleh blogger yaitu wordpress.com dan blogger.com. Kedua platform blog ini dapat digunakan secara gratis.

Kamu bisa memilih salah satunya yang kamu minati. Untuk blog ini saya menggunakan blogger.com sebagai platform blog ini. Ketika sudah membuat blog, langkah selanjutnya adalah membeli domain TLD agar blog kamu nampak lebih profesional.

Kemudian gunakanlah tempalte premium agar blog kamu lebih responsif dan page speed nya cepat. Jadi nantinya kamu tidak perlu gonta - ganti template yang dapat menyebabkan blog yang kamu buat down. Jadi lebih baik kamu setting secara lengkap untuk jangka panjang agar nantinya tidak banyak perubahan lagi kedepannya dan bisa berdampak negatif pada traffic blog.

Membuat artikel

Artikel adalah konten yang ada di blog berupa tulisan. Artikel ini bisa berupa tips, cara - cara, sharing, dan masih banyak yang lain. Agar blog kamu memiliki banyak pengunjung, membuat blog yang berkualitas dan bermanfaat adalah kuncinya.

Buatlah artikel asli ketikanmu sendiri dan bukan hasil dari copy paste dari situs orang lain. Karena ini dapat menyebabkan blog kamu di banned oleh google sehingga usaha kamu menjadi sia - sia. Artikel yang berkualitas dan original dapat mendatangkan pengunjung organik alias asli dari google. Sehingga blog kamu lebih diutamakan oleh google untuk bisa tampil di halaman google.

Tips agar artikel blog kamu bisa tampil di halaman google, buatlah kata pada setiap artikel itu minimal 1000 kata. Akan lebih baik jika kamu bisa membuat bisa lebih dari 1000 kata pada setiap artikelnya. Karena Google lebih menyukai blog yang memiliki kata yang banyak dan bervariasi.

Setelah membuat artikel, maka tips selanjutnya adalah update artikel minimal 1x sehari. Semakin banyak artikel yang bisa kamu update setiap harinya itu menunjukkan blog kamu sangat produktif tetapi dengan catatan artikel ini harus original dan asli dari ketikan kamu sendiri.

Update artikel secara konsisten agar blog kamu semakin banyak artikel dan mudah ditemukan orang. Artikel yang banyak dapat membuat blog kamu kebanjiran pengunjung yang bisa mendatangkan uang untuk kamu nantinya.

Target Pembaca

Agar blog kamu memiliki pengunjung yang aktif, menentukan target pembaca adalah salah satu opsi terbaiknya. Mendapatkan pembaca yang tertarget ini bisa melalui artikel yang dibuat dengan judul yang spesifik untuk menentukan target pembaca yang diinginkan.
Jadi pada setiap judul artikel yang dibuat harus mengandung target pembaca atau siapa yang akan membaca artikel yang telah dibuat. Semakin spesifik judul dari artikel maka semakin banyak pengunjung yang menghampiri blog kamu.

Perbanyak Traffick

Traffick blog atau pengunjung blog merupakan orang yang membaca artikel di blog kamu. Traffick blog yang banyak akan semakin mudah untuk mendapatkan uang. Traffick blog ini bisa didapatkan dengan asli melalui pencarian google dan bisa melalui promosi di media sosial.

Traffick yang paling baik adalah pengunjung yang berasal dari google. Yaitu mereka yang mengunjungi blog kamu melalui hasil pencarian di google. Semakin banyak traffick blog yang kamu miliki maka akan semakin besar pula potensi penghasilan kamu sebagai blogger.
Agar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak setiap harinya. Saya sangat menyarankan untuk mengupdate artikel setiap harinya dan setiap artikel tersebut mengandung minimal 1000 kata didalamnya.

Jika artikel sudah banyak maka pengunjung akan memiliki banyak pilihan topik untuk dibacanya di blog kamu. Serta blog kamu lebih seo dan mudah ditemukan oleh pembaca. Traffick adalah kunci keberhasilan kamu sebagai seorang blogger. Jika traffick blog kamu banyak maka itu berarti artikel yang kamu buat selama ini memang bermanfaat bagi orang lain dan mereka membutuhkan itu.

Menjalin kedekatan dengan pengunjung

Komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, terlebih lagi jika kamu ingin menjadi blogger yang sukses dan berhasil mendapatkan uang. Menjalin kedekatan dengan pembaca merupakan langkah yang harus kamu lakukan agar semakin banyak orang kenal dengan blog dan kamu sebagai konten kreatornya.

Hal yang terkecil dalam menjalin kedekatan dengan pengunjung blog adalah dengan membalas komentar mereka contohnya, atau memberikan gift away atau semacamnya. Yang terpenting adalah pengunjung merasa sedang dengan adanya komunikasi yang dilakukan serta mereka mendapatkan manfaat dari kehadiran kedekatan tersebut.

Kamu juga bisa memberi tahukan akun sosial media yang kamu punya seperti facebook ataupun instagram agar bisa menjalin komunikasi lebih dekat. Pengunjung setia blog kamu akan ikut meramaikan sosial media kamu dan mungkin mereka akan bertan, berkomentar untuk bisa berkomuniskasi, bahkan mungkin ada yang ingin menjalin kerjasama dengan kamu. Semu itu akan terjadi jika kamu melayani mereka dengan baik.

Mulai menghasilkan uang

Blog sudah dibuat, artikel sudah banyak, traffick pengunjung melimpah, dan kedekatan dengan pengunjung baik. Saatnya sekarang adalah untuk menghasilkan uang melalui blog. Jika semua langkah diatas sudah terpenuhi maka untuk mendapatkan uang melalui blog bukanlah hal yang sulit lagi. Seperti yang sudah saya bocorkan di atas penghasilan blog bisa melalui beragam cara mari kita bahas secara detail.

Pertama kamu harus menentukan akan memiliki sumber penghasilan blog dari mana. Saya sarankan untuk mendaftar ke Google Adsense karena penghasilan dari sana sangar menggiurkan. Blogger pada umumnya menghasilkan uang dari adsense karena hasil yang diberikan sangat besar dan tidak terlalu pusing lagi karena hanya menempatkan kode iklan di tempat yang diinginkan. Saya sangat yakin jika artikel yang kamu buat benar - benar original maka blog kamu akan diterima .

Selanjutnya jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih lagi, kamu bisa menawarkan ke orang lain yang memiliki bisnis untuk beriklan di blog kamu yang sudah memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Jika bisnis mereka memang cocok dengan blog yang kamu miliki mungkin mereka akan setuju dan menggunakan jasa kamu untuk mempromosikan bisnis mereka di blog.

Kamu bisa mematik tarif yang sesuai untuk sekali iklannya, dan pastikan itu bukan iklan yang berbau negatif seperti porno, penipuan kekerasan, dan lain sebaginya. Karena itu bisa berakibat blog kamu di banned oleh google.

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan blog kamu untuk menerima artikel plcament kepada sesama blogger agar blog mereka bisa memiliki pengunjung juga. Tentunya mereka membayar ke kamu sebagai pemilik blog yang memasang link mereka.

Saya rasa dari jalan diatas kamu bisa menghasilkan pendapatan yang banyak. Kamu harus profesional dalam menjadi seorang blog agar semakin banyak sumber penghasilan yang kamu miliki.

Semoga dengan artikel ini membuat kamu semakin mengerti dan semangat menjadi blogger. Semua usaha untuk meraih kesuksesan dala dunia blogging harus dilakukan dengan cara konsisten dan terus lah belajar agar semakin sukses kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update