Lestarikan Tradisi, Grup Rebana El – Mustawa (Lentera Musik Sholawat Tanggul Wali) Gelar Pelatihan RKQ - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 02 Agustus 2023

Lestarikan Tradisi, Grup Rebana El – Mustawa (Lentera Musik Sholawat Tanggul Wali) Gelar Pelatihan RKQ

 

Grup Rebana El Mustawa gelar pelatihan RKQ

RumahKabar.com-Grup Rebana El Mustawa gelar pelatihan RKQ setiap dua minggu sekali, tepatnya pada hari Rabu malam Kamis di Gedung NU Ranting Tengguli 1. Pelatihan RKQ dilaksanakan secara selang seling. Jika minggu ini pelatihan kaligrafi, maka minggu selanjutnya pelatihan rebana. 


Pelatihan ini dapat terlaksana atas dukungan dari pengurus NU Ranting Tengguli 1. "Acara ini dapat berjalan atas restu dari pengurus NU Ranting Tengguli 1", ujar Amar Pembina Grup Rebana El Mustawa. 


Kegiatan ini bertujuaan melestarikan tradisi di masyarakat yang sudah mulai luntur akibat dari berkembangnya teknologi. Pemuda islam  saat ini jarang yang bisa qiro'ah, menulis kaligrafi, dan memainkan alat musik rebana.


Ketua Rebana El Mustawa Riyan Affandi mengatakan "saya melihat kurangnya minat belajar RKQ di masyarakat. Padahal dulunya RKQ menjadi seni islam yang membudaya. Sekarang mencari 1 orang saja dalam satu desa untuk qiro'ah saja susah. Inilah yang menjadi latarbelakang kami berinisiatif membuka program pelatihan", ujarnya.


25 Peserta dari berbagai usia meramaikan pelatihan RKQ. "Kami berharap peserta pelatihan semakin banyak sehingga tujuan diadakannya kegiatan ini dapat tercapai secara maksimal. Saya yakin jika kegiatan ini banyak peminatnya, 5 sampai 10 tahun ke depan tradisi islam bisa membudaya seperti dulu lagi", tambah Amar.


Pengurus kegiatan pelatihan ini berkomitmen untuk mengadakan pelatihan secara gratis, bahkan akan melakukan penjemputan untuk peserta di luar desa.  


Penulis :Meisya Yuliyana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad