Usung Tema Sociopreneurship. Griya Peradaban Istiqomah Cetak Generasi Muda Unggul. - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 30 Juli 2023

Usung Tema Sociopreneurship. Griya Peradaban Istiqomah Cetak Generasi Muda Unggul.

Dokumentasi Kuliah Alternatif ke-VI sesi 4 oleh Griya Peradaban

Griya Peradaban telah melaksanakan Kuliah Alternatif ke-VI sesi 4. Acara ini digelar pada hari Sabtu (29/7/23). Kuliah alternatif pada sesi 4 ini dilakukan melalui zoom meeting seperti halnya kuliah sebelumnya.


Tema pada sesi ke empat kuliah alternatif yaitu mengenai sociopreneurship yang diawali dengan sambutan oleh Areif Prasetyo selaku perwakilan pegiat Griya Peradaban.


Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.28 ini disampaikan langsung oleh Atin Anggraini sebagai pemateri pertama. Tak lupa kegiatan ini juga dipimpin oleh Emmatul Qudsiyah selaku Host.


“Apa itu sociopreneur? Yaitu seseorang atau kelompok atau komunitas atau organisasi yang mengerti permasalahan sosial. Pendekatan yang membangun dalam mengatasi problematika sosial tersebut menggunakan kemampuan entrepreneurship untuk melakukan perubahan sosial, seperti bergerak pada bidang kesejahteraan, sosial, kemanusiaan, kemiskinan, pendidikan, kesehatan dll.” Jelas pemateri, Atin Anggraini. Generasi muda harus memperhatikan sociopreneurship dikarenakan sebagai agen perubahan masa depan. Sociopreneurship menawarkan kesempatan untuk menggabungkan kewirausahaan dengan kepedulian sosial untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan sehingga generasi muda dapat belajar tentang kepemimpinan, inovasi, dan kreatifitas dalam menyelesaikan masalah sosial.”


Adapun pemateri kedua mengenai bagaimana sociopreneur di era digital seperti sekarang ini dipimpin langsung oleh Imelda Islamiyati yang merupakan Fouder Women connected. Mengutip sedikit apa yang disampaikan pematerk bahwa era revolusi industri 4.0 berpeluang menjadi sociopreneur yang menjanjikan, kemudian memanfaatkan lompatan arus digitalisasi bisa di konversi menjadi peluang dalam mengembangkan sociopreneur. 


Di akhir acara, kegiatan yang diikuti oleh 53 peserta zoom ditutup dengan tanya jawab dan juga foto bersama. Sebagai closing statement terdapat a quote to remember. 


“Menjadi apapun kita harus ada satu dua titik kemanfaatan yang kita tebar karena kita diajarkan sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”.


(Kamal/Griya Peradaban)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad