-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Label

Iklan

Indeks Berita

MAHASISWA HUKUM UNIKAL JALANI KKL

Jumat, 04 Maret 2022 | Maret 04, 2022 WIB Last Updated 2022-03-04T08:33:50Z
 Dokumentasi Mahasiswa Hukum UNIKAL dalam Kegiatan KKL


Rumahkabar.com – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pekalongan (UNIKAL) laksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Pelaksanaan KKL yang dilaksanakan di Kesbangpol Kota Pekalongan.


Program KKL sendiri dilaksanakan pada Rabu (2/3) baru-baru ini. Rombongan Mahasiswa KKL UNIKAL di sambut oleh Kepala Kesbangpol Kota Pekalongan Bapak Aprilianto Dwi Purnomo, S.E., M.Si. Mahasiswa Hukum UNIKAL didampingi langsung oleh Dr. Sami'an,S.H.,M.H.


Pelaksanaan KKL sendiri dapat dikatakan sebagai wujud implementasi kerja sama yang sudah terjalin antara Fakultas Hukum UNIKAL dengan berbagai instansi pemerintah khususnya Kesbangpol Kota Pekalongan. Selain itu pula KKL dilaksanakan sebagai pengembangan kerja sama dengan stakeholder bagi calon pengguna lulusan Fakultas Hukum UNIKAL.


Dr. Sami'an,S.H.,M.H dalam pemaparanya menyampaikan bahwa “Tugas Pokok dan Fungsi Badan Kesbangpol dalam Pembinaan Idiologi dan Wawasan Kebangsaan. Wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar. Hal ini berarti bahwa Wawasan Kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan Negara di masa depan. 


Sedangkan Aprilianto Dwi Purnomo, S.E., M.Si menyampaikan bahwa Era reformasi dan demokrasi, memang harus tetap berjalan. Namun, penataan kehidupan Kebangsaan (berbangsa dan bernegara), harus berjalan di atas rel kesepakatan bersama, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan seloka Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila sebagai landasan idiil, menjadi dasar bagi memantapkan pemahaman konsepsi Wawasan Kebangsaan; Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusional yang merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia. 


Melalui kegiatan KKL kali ini diharapkan mahasiswa lebih mengenal, melihat secara langsung dan memahami lembaga atau instansi pemerintahan. Selain itu mahasiswa juga dapat memahami tugas pokok dan fungsi, alur kerja, dari  lembaga atau instansi pemerintahan secara langsung. (sm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update