-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Label

Iklan

Indeks Berita

TINGKATKAN SOFT SKILL, 73 MAHASISWA HUKUM USM LAKSANAKAN MAGANG

Kamis, 10 Februari 2022 | Februari 10, 2022 WIB Last Updated 2022-02-10T05:43:25Z
Magang di Advokat Sutrisno, S.H., M.H.


Rumahkabar.com – Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM) terjunkan mahasiswa untuk melaksanakan magang guna meningkatkan soft skill mahasiswa. 


Pelaksanaan magang sendiri dimulai pada hari Senin (7/2) baru-baru ini. Program magang yang dilaksanakan di bawah koordinasi Laboratorium FH USM diikuti sebanyak 73 mahasiswa. Seluruh mahasiswa yang menjalani magang disebar diberbagai tempat sesuai peminatan mahasiswa.


Tempat magang yang dipilih diantaranya Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, DPRD Jawa Tengah, Kantor Pertanahan Kota Semarang, Polda Jateng, Kanwil Kemenkumham Provinsi Jateng, Kantor Advokat Sutrisno, S.H. dan Rekan, serta beberapa instansi pemerintah maupun kantor notaris lain.


Menurut Kepala Laboratorium FH USM, Muhammad Iftar Aryaputra, S.H., M.H., penerjunan mahasiswa magang sebenarnya merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh FH USM. Mengingat awal tahun 2020 terjadi pandemi, maka penerjunan mahasiswa magang sempat dihentikan. Namun melihat kondisi saat ini yang sudah jauh lebih kondusif, pimpinan FH USM memutuskan untuk membuka kembali penerjunan magang bagi mahasiswa. Persyaratan untuk dapat mengikuti magang adalah mahasiswa FH USM minimal duduk di semester 6. Baik kelas pagi maupun sore, semuanya memiliki hak yang sama untuk dapat mengikuti magang. Setelah magang, mahasiswa nantinya akan mendapatkan sertifikat yang nanti dapat menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah.


Iftar juga menambahkan bahwa terdapat dua sistem magang yang ditawarkan oleh FH USM kepada mahasiswa, yaitu magang mandiri dan terstruktur. Untuk magang mandiri, mahasiswa bebas memilih lokasi magang. Sedangkan untuk magang terstruktur, mahasiswa ditempatkan pada lokasi magang yang sudah memiliki kerjasama dengan FH USM. 


FH USM juga merencanakan akan membuka magang khusus. Magang khusus ini diperuntukkan untuk mengakomodir mahasiswa kelas sore yang ingin magang di instansi tertentu, yang telah ada kerjasama dengan FH USM. Dalam waktu dekat, FH akan menerjunkan mahasiswa magang di kantor KY Penghubung Wilayah Jawa Tengah.


Dekan FH USM, Dr. Amri P. Sihotang, S.S., S.H., M.H., dalam sambutannya pada saat penerjunan mahasiswa magang di Kantor Advokat Sutrisno, S.H. dan Rekan, berpesan kepada mahasiswa magang agar menjadikan momentum ini untuk mengasah kemampuan mahasiswa serta menjadikan bekal bagi mahasiswa selepas lulus dari FH USM. Selain itu, Amri juga berpesan agar mahasiswa menjaga nama baik almamater, kampus FH USM. (tm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update