Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA, KWT SEPUTUT ASRI BENTUK BUDIDAYA IKAN LELE

Rabu, 17 November 2021 | November 17, 2021 WIB Last Updated 2021-11-17T07:25:58Z
Budidayakan Ikan Lele Kelompok Wanita Tani (KWT) Seputut Asri yang berada di Desa Kepuk



Rumahkabar.com – Kelompok Wanita Tani (KWT) Seputut Asri yang berada di Desa Kepuk, Bangsri Jepara Budidayakan ikan lele untuk meningkatkan perekonomian warga khususnya anggota KWT.


KWT sendiri merupakan kelompok tani yang beranggotakan para istri petani yang bertujuan untuk meningkatkan produktiitas di bidang pertanian. KWT di bentuk atas naungan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) yang biasanya tersebar di setiap RW dalam satu Desa.  


Program Budidaya ikan lele dilakukan dengan membuat kolam ikan lele yang bertempat di RT 01 dan RT 03. Modal awal kegiatan budidaya ikan lele yang dilakukan oleh KWT Seputut Asri berasal dari iuran anggota dan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jepara. 


Ketua KWT Seputut Asri, Risfa’ati, mengatakan bahwa ”kegiatan ini dibentuk untuk meningkatkan perekonomian wanita tani serta untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan segar bagi setiap keluarga anggota KWT yang jarang di dapatkan karena Desa Kepuk termasuk kategori wilayah agraris”. Ungkap Risfa’ati kepada rumahkabar.com pada hari Selasa (16/11) kemarin.


Risfa’ati juga menambahkan bahwa “Budidaya ikan lele ini diharapkan semakin berkembang sehingga setiap anggota KWT dapat melakukan budidaya di rumah masing-masing. Selain itu, wanita tani didorong untuk melakukan inovasi pengolahan ikan lele menjadi produk siap makan sebagai upaya peningkatan nilai ekonomi dari ikan lele itu sendiri.”


Kendala yang dihadapi oleh KWT Seputut Asri saat ini terkait dengan modal, alat untuk mengolah hasil panen ikan lele, dan minimnya pengetahuan mengenai cara pengolahan lele. 


Terkait dengan kendala yang dihadapi KWT Seputut Asri berharap adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan program budi daya lele. Terlebih untuk pengolahan serta pemasaran hasil prodak yang sangat memperlukan pendampingan. (ais)


Editor: Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update