Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PERAN SANTRI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Kamis, 21 Oktober 2021 | Oktober 21, 2021 WIB Last Updated 2021-10-21T03:36:25Z

Silvia Putri Novitasari
Silvia Putri Novitasari


Perkembangan teknologi menuntut kita agar tidak tertinggal dengan teknologi itu sendiri. Semakin kita menguasainya, semakin kita dapat mengikuti perkembangan zaman. Namun, karena teknologi itu sama halnya seperti pisau yang jika digunakan sesuai kebutuhan akan membantu kita, tetapi jika kita lengah dan salah dalam penggunaannya kita bisa terluka, maka kita harus dapat menggunakan teknologi yang mempunyai kemanfaatan dan kemadlorotan ini dengan hati-hati sesuai kebutuhan.

 

Tentu kita semua tak asing dengan banyaknya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di sekitar kita yang berakar dari adanya teknologi. Mulai dari anak-anak di bawah umur yang melakukan pelecehan seksual, kasus-kasus penipuan yang semakin marak, sampai gangguan jiwa yang disebabkan kecanduan game. Lalu, apa peran santri yang sering dipandang sebelah mata dengan keluguan dan kurangnya pergaulan itu dalam menghadapi perkembangan teknologi ini?

 

“Santri adalah murid kiai yang dididik dengan kasih sayang untuk menjadi mukmin yang kuat (yang tidak goyah imannya oleh pergaulan, kepentingan, dan adanya perbedaan)”, begitulah Gus Mus mendefinisikan santri dalam akun social medianya, Senin (22/10). Dari definisi tersebut, santri tidak boleh ikut-ikutan terjerumus ke dalam kemadlorotan yang diperoleh dari perkembangan teknologi ini.

 

Melalui bekal ilmu agama yang dalam dan luas, santri mempunyai peran yang kuat dalam hal ini, yaitu santri harus tetap mengikuti perkembangan teknologi tanpa harus terjerumus ke dalam madlorotnya agar santri melek teknologi dan tidak gaptek, selain itu santri juga harus ikut serta menjadikan teknologi sebagai sarana atau wadah untuk dakwahnya.


Dapat kita bayangkan jika seluruh santri di dunia khususnya di Indonesia ini memainkan perannya dalam perkembangan teknologi ini dengan semestinya, pasti akan lebih mudah menjadikan pengaruh terhadap pengguna teknologi ke arah yang positif. Dengan begitu penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dewasa ini dapat terkurangi bahkan bergantian dengan berita-berita positif.  

 

Oleh:

Silvia Putri Novitasari

Santriwati Ponpes Miftahul Ma'rifat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

×
Berita Terbaru Update