DOSEN DAN MAHASISWA UNISNU JEPARA BERIKAN PELATIHAN MEDIA APE DARI LIMBAH DAN BERBASIS TEKNOLOGI ERA SOCIETY 5.0 - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 13 Agustus 2021

DOSEN DAN MAHASISWA UNISNU JEPARA BERIKAN PELATIHAN MEDIA APE DARI LIMBAH DAN BERBASIS TEKNOLOGI ERA SOCIETY 5.0

 


RumahKabar.com-Dosen dan mahasiswa Unisnu Jepara berikan pelatihan media pembelajaran melalui limbah dan berbasis teknologi era society 5.0 rerhadap para Guru di SDN 4 Bulungan.

Kegiatan pelatihan pembelajaran tersebut dilaksanakan selama dua hari 5-6 Agustus. Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Bulungan, Pakis Aji, Jepara. Pelatihan tersebut merupakan program pengabdian yang dijalankan oleh Dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Unisnu Jepara.

Selain melibatkan Dosen dan Guru SD N 4 Bulungan, program pengabdian masyarakat iini juga melibatkan mahasiswa Unisnu Jepara. Adapun mahasiswa yang tergabung dalam program Pengabdian Masyarakat yaitu Milkhaturrohman, Nurul Nisah, Nia Nur Lailiyah dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Amin Ridwan dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Zara Ihda Zivina dari Prodi Desain Komunikasi Visual.



Aan Widiyono, M.Pd selaku dosen Prodi PGSD FTIK Unisnu jepara sekaligus narasumber menyampaikan “di era society 5.0, kemajuan teknologi dapat mendorong keberhasilan dunia pendidikan dalam mewujudkan pembelajaran yang menarik dan efektif, hal ini memanfaatkan aplikasi seperti Bandicam, Droid Cam, Zd Soft Screen Recorder dan Quizizz”.

“Guru tidak lagi sebagai pendidik saja, tetapi juga fasilitator terhadap berbagai pengetahuan. Menjaga psikis siswa agar tetap semangat belajar dikala pandemi penting. Pembuatan media pembelajaran yang menarik dengan penggunaan teknologi dapat dilakukan dengan mudah melalui Bandicam, Droid Cam, Zd Soft Screen Recorder dan Quizizz”. Tambah Aan.

Selain itu, budaya bersih dengan pengelolaan limbah yang baik harus ditanamkan kepada anak-anak dengan metode kekinian yang kreatif. “Salah satunya yakni pemanfaatan limbah menjadi APE (alat peraga edukatif) sebagai bentuk kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran dimasa pembelajaran daring”, Jelas Aliva Rosdiana, M.Pd selaku pemateri pelatihan media pembelajaran dari limbah kertas.

“Terselenggaranya kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh LPPM Unisnu Jepara dengan dibersamai dua dosen yang berkompeten sebagai narasumber ini, kami menjadi lebih memahami bahwa permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan perlu diberikan solusi terbaik dengan memperhatikan setiap aspek kemajuan teknologi dan mengoptimalkan skill kreatif di era Society 5.0”. Ungkap Nisah, salah satu mahasiswa. (mz)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad