UKM PIB USM GELAR KEGIATAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA - Rumahkabar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 10 April 2023

UKM PIB USM GELAR KEGIATAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Foto Bersama dalam Kegiatan Road to Show Penguatan Profil Pelajar Pancasila

RumahKabar.com-SEMARANG- Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB ) Universitas Semarang mengadakan kegiatan Road to Show Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “ Sosialisasi Tindak Pidana Anak Berasarkan Pancasila” di SMA Negeri 2 Semarang. Rabu, 5/4/2023.


Kegiatan ini dilaksanakan berkat bimbingan dan arahan dari Pembina UKM PIB Dr Tri Mulyani SPd SH MH. Di ilhami dengan melihat banyaknya fenomena pelaku kriminal adalah anak-anak di bawah umur, merupakan suatu keprihatinan kami, sehingga merupakan suatu panggilan bagi UKM PIB untuk melakukan sosialisasi ini.


Tri Handayani SPd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas menyambut kegiatan ini dengan terbuka atas sosialisasi tersebut.


“TerimakasiH kepada anggota UKM PIB USM yang telah memberikan edukasi dan model pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguayan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah” ungkapnya


Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. 


Fani Kusumawati selaku Ketua Panitia menerangakan bahwa Penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami suatu proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.


“Kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila”. Ungkapnya


Dia menbahkan, Perlunya menciptakan Sekolah ramah Anak bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan menyenangkan bagi anak sekolah. Penerapan Sekolah Ramah Anak ini sebagai wujud implementasi dari nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila, tidak hanya mengandalkan peran dari pihak guru dan sekolah saja, melainkan juga dari siswa, orang tua, serta masyarakat.


Dengan diadakannya kegiatan tersebut, siswa diharapkan dapat memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensinya serta mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri, kreatif, dan berjiwa gotong royong. Dukungan orang tua dan wali sangat diharapkan untuk pelaksanaan Road to Show Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimasa yang akan datang.


Yunika Rosari selaku Ketua Umum UKM PIB USM menerangkan bahwa, selain memberikan wawasan dan pembelajaran untuk siswa-siswi, kegiatan ini untuk menyelaraskan program pemerintah kampus mengajar serta membangun mentalitas dari anggota UKM PIB USM  di lapangan dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.


“kegiatan ini sama halnya dengan program pemerintah kampus mengajar bagi para mahasiswa” tandas Yunika Rosari 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Post Top Ad